Technology

Memberi Password pada Direktori Hosting cPanel

 

Di dalam cPanel, anda bisa menemukan fitur Password Protect Directories. Fitur ini berfungsi untuk menambahkan proteksi password terhadap direktori yang sudah anda tentukan. Jadi ketika direktori tersebut diakses, akan muncul form permintaan password yang harus dijawab dengan benar. Kali ini kami akan mencontohkan penggunaan fitur Password Protect Directories untuk proteksi direktori /public_html/test. Simak yuk seperti apa caranya:

1. Silakan login ke cPanel hosting anda.

2. Pada bagian Security, silakan pilih menu Password Protected Directories. Atau CTRL+F kemudian ketik Password Protected Directories.

3. Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih direktori yang akan diproteksi. Di sini saya memproteksi direktori “Test”.

4. Anda akan masuk di halaman konfigurasi. Centang “Password protect this directory” untuk mengaktifkan fitur password. Kemudian isi nama direktori pada “Name the protected directory”. Terakhir isi Username dan Password sesuai keinginan anda.

5. Setting anda sekarang sudah selesai. Anda bisa coba untuk akses langsung ke direktori tersebut. Apabila muncul jendela popup yang meminta isian Username dan Password, maka setting Password Protect Directories anda sudah benar.

6. Untuk disable Password Protect Directories, anda tinggal hilangkan saja tanda centang “Password protect this directory” yang tadi anda set di langkah 4.

Nah, selamat mencoba ;-)


3 komentar

  • Reza
    2 November 2012 - pukul 11:30

    hm
    bedanya apa dengan bila kita setting 403 Forbidden di .httaccess ??

  • 2 November 2012 - pukul 12:09

    Tips yg sederhana, simple tapi manfaatnya luar biasa… Terima kasih…

  • 14 November 2012 - pukul 19:50

    gimana caranya

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *