Start A Business

Yuk, Pelajari Cara Membuat Tagline Untuk Bisnis Anda!

 

Membuat Tagline – Sebuah kalimat yang memiliki arti dan maksud dari sebuah produk disebut sebagai tagline. Sebagian besar brand memang sengaja membuat tagline dengan sebuah kalimat yang singkat, tapi dapat menjelaskan maksud yang luas. Sebab, kalimat yang singkat juga bisa menjelaskan maksud luas dan besar dari sebuah produk dan layanan yang dijual oleh sebuah perusahaan. Ada banyak maksud dan sifat dari sebuah kalimat yang dibuat. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya?

Awali dengan membuat tagline yang deskriptif

Sifat yang pertama wajib Anda perhatikan adalah kalimat yang menjelaskan maksud dari sesuatu, baik produk, layanan atau bisnis secara keseluruhan. Tagline memang dibuat sesingkat mungkin tapi tetap memiliki arti dan maksud yang sesungguhnya.

Ada banyak produk yang menonjolkan kalimat yang sifatnya memang untuk menjelaskan produk tersebut, seperti HSBC dengan ciri khasnya “Bank Dunia Bertradisi Anda”. Ada lagi yaitu DJARUM SUPER yang memiliki kalimat andalan “Topnya Kretek Filter”.

Pastikan Anda membuat kalimat yang spesifik dan menonjol

Sifat berikutnya adalah sebuah tagline yang memposisikan dirinya sebagai sebuah produk atau layanan yang terunggul di bidangnya. Ini lebih untuk membuat pelanggan menjadi semakin tertarik karena terlihat memiliki posisi teratas di jajarannya.

Selain itu, pastikan kalimat yang Anda gunakan memiliki maksud untuk menjadi yang terunggul di bidangnya. Degan demikian, secara tidak langsung Anda menyampaikan maksud pada audiens bahwa produk Anda tidak ada duanya.

Wajib provokatif!

Bukanlah sebuah hal baru bahwa Anda wajib membuat tagline yang dapat memberi kesan mengajak, menantang, memancing logika atau emosi siapapun yang membacanya. Biasanya kalimat berupa rangkaian kata kerja atau kata sifat, yang biasanya tak jarang menggunakan kalimat tanya. Dengan membuat kalimat demikian, audiens akan semakin penasaran dengan brand bahkan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Nah, lalu bagaimana dengan tagline yang Anda buat? Sudahkah Anda membuatya dengan kiat-kiat tersebut?
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *