Running A Business Start A Business

Memilih Jasa Pengiriman untuk Bisnis Online? Lakukan Ini!

 

Memilih Jasa Pengiriman – Mengingat sistem bisnis online yang berbeda dengan bisnis biasa, memilih jasa pengiriman yang tepat adalah hal yang sangat penting. Jasa pengiriman barang harus dimiliki oleh sebuah bisnis online yang sudah memiliki jangkauan cukup luas. Karena kita tentu tidak akan menyanggupi pesanan yang cukup jauh dari tempat kita. Lantas, bagaimana tips memilih layanan ekspedisi atau pengiriman yang baik bagi bisnis online Anda? Berikut ini tipsnya!

Coba memilih jasa pengiriman yang cocok dengan produk Anda

Sebelum Anda memilin jasa pengiriman apa yang akan Anda gunakan dalam bisnis online Anda, maka Anda harus mencocokkan terlebih dahulu produk yang Anda jual dengan jasa pengiriman tersebut. Jasa ekspedisi saat ini sudah sangat beragam, ada yang mengirim barang melalui jalur darat, laut dan udara. Dari masing – masing jalur pengiriman tentu memiliki fungsinya masing – masing. Seperti ketika mengirimkan melalui jalur udara, berarti barang yang dikirim tidak terlalu banyak atau berat dan membutuhkan waktu yang relatif singkat. Nah, dari sini Anda bias memperkirakan ingin menggunakan jasa pengiriman yang mana untuk produk yang Anda jual.

Pahami kekurangan dan kelebihannya

Setiap jasa pengiriman atau jasa ekspedisi barang tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Ada yang lambat tapi murah, cepat tapi mahal, dan lain sebagainya. Untuk itu ketika bisnis online kita ingin mencari yang cepat, murah tapi dengan kualitas yang baik kita juga harus jeli melihat jasa pengiriman mana yang memang cocok untuk bisnis kita.

Pastikan mereka mudah dilacak

Salah satu yang harus Anda perhatikan sebelum memiliki jasa pengiriman adalah dengan melihat apakah mereka memiliki fasilitas untuk dapat melihat status pengiriman barang saat itu. Jika tidak maka cobalah untuk mencari jasa pengiriman lainnya. Karena pengecekan status barang sangat dibutuhkan.

Selain itu, pilih jasa pengiriman yang mudah untuk dihubungi ketika ada sebuah complain. Jangan sampai Anda kebingungan untuk menghubungi jasa pengiriman tersebut bila ingin complain. Anda harus bisa menghubungi mereka baik via telepon, chating, email, atau yang lainnya. Alamat yang ada harus jelas dan benar.

Coba memilih jasa pengiriman yang jaringannya luas

Jika memilih jasa pengiriman tentu yang memiliki jaringan luas. Karena bisnis online tentu tidak akan hanya beroperasi pada satu provinsi atau kota saja. Bahkan seluruh Indonesia akan tahu tentang bisnis online kita. Dan ketika ada pesanan dari tempat yang jauh, jasa pengiriman Anda harus mampu menjangkaunya. Dan tentu saja mampu memberikan informasi yang tepat tentang berapa biaya yang harus dibayarkan nantinya.

Demikian tips memilih jasa pengiriman bagi Anda yang sedang menjalani bisnis online. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
(dok. Pexels)

Baca juga:

Pengaruh Influencer di Bisnis: 5 Keuntungan Bekerjasama dengan Influencer

Mulai Bisnis UKM di Luar Keahlian, Apakah Bisa?

5 Strategi Mempertahankan Bisnis UKM Modal Kecil


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *