Running A Business

Mempelajari Pentingnya USP pada Proses Penjualan

 
  • 2
    Shares

Loading...

Apa itu USP? 

USP atau Unique Selling Preposition merupakan sesuatu yang unik dan berbeda yang kita miliki dalam sebuah bisnis. USP inilah yang nantinya dapat membedakan apa yang kita miliki dengan apa yang dimiliki orang lain. Setiap bisnis harus memiliki dan setidaknya mengetahui apa yang membedakan bisnis mereka dengan bisnis orang lain. Karena inilah yang akan mudah dijual dan menghasilkan banyak keuntungan bagi bisnis kita.

Sebelum menentukan USP apa yang kita miliki, kita bisa mulai dengan menuliskan strategi apa yang tidak berhasil kita lakukan. Karena dalam setiap proses bisnis tentu akan ada banyak cara atau strategi yang kita lakukan. Usaha ini tentu ada yang berhasil dan ada juga yang tidak. Dari sini kita bisa mengevaluasi apa yang membuat cara atau strategi kita tidak berhasil. Lalu apa saja itu?

  • USP yang Anda buat hanya berhasil Anda tuliskan, tanpa dilakukan sebuah eksekusi.
  • USP Anda digunakan, tapi tidak ada yang memperhatikan atau peduli.
  • Ada pesaing Anda yang memiliki keunikan dan jaminan yang sama dengan apa yang Anda tonjolkan.
  • USP tidak menyasar ke sesuatu yang dipedulikan oleh pelanggan.

Dalam menentukan dan menjual keunikan, Anda harus benar – benar yakin bahwa

“USP atau jaminan yang Anda tawarkan memiliki DAMPAK bagi pelanggan Anda”

Karena pelanggan yang datang kepada bisnis Anda adalah mereka yang sedang dan akan mencari solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Tentu jika pelanggan menemukan solusi itu pada bisnis Anda, mereka akan sangat mencintai apa yang Anda tawarkan dan tidak akan ragu mengeluarkan uangnya untuk solusi yang Anda tawarkan.

“USP dan jaminan yang Anda tawarkan harus membuat siapapun yang mengetahuinya menjadi BERGERAK dan MEMPERHATIKAN. Dan apa yang Anda buat untuk menunjukkan USP dan jaminan itu harus benar – benar membuat mereka BERFIKIR dan MEMBICARAKANNYA

Karena sesuatu yang unik tentu tidak akan membuat orang lain puas membicarakannya satu kali. Mereka akan cenderung ingin tahu dan terus mencari tahu tentang keunikan yang mereka temui. Mereka pasti akan berusaha mencari dan meyakinkan diri sendiri dengan keunikan yang Anda tawarkan dengan yang dimiliki oleh bisnis lainnya. Pelanggan Akan membandingkan dan mempertimbangkan apa yang Anda miliki.

Keunikan Anda harus bisa mengalahkan keunikan yang dimiliki pesaing Anda. Dan jaminan Anda harus mempu menjawab masalah yang paling banyak dihadapi oleh pelanggan Anda”

Pelanggan lama Anda tentu akan sadar bahwa mereka telah menemukan keunikan bisnis Anda dibandingkan yang lainnya. Namun bagaimana dengan pelanggan baru atau calon pelanggan Anda? Mereka tentu membutuhkan referensi atau pendapat dari orang lain, yang telah mengetahui USP atau jaminan yang bisnis Anda tawarkan. Anda bisa meminta pelanggan lama untuk menunjukkan dan menjelaskan apa yang unik dan berbeda dari bisnis Anda. Ini bisa Anda masukkan dalam teknik Referral Anda. Tidak ada salahnya Anda mendapatkan pelanggan baru dari banyak pelanggan lama Anda.

USP yang sukses, haruslah:

  • USP harus benar – benar UNIK.
  • USP harus menarik bagi target market Anda.
  • USP harus menjadi sesuatu yang dapat membuat orang membicarakannya lagi dan lagi.
  • USP harus menjadi sesuatu yang tak mudah DITIRU. Sekalipun jika ada yang meniru, maka itu akan terlihat jelas sebagai tiruan dari milik Anda.

Jaminan yang sukses, haruslah:

  • Jaminan Anda harus spesifik
  • Jaminan harus menjadi sesuatu yang menjadi solusi dan menyasar frustasi dan ketakutan utama pelanggan Anda saat berhubungan dengan industri Anda.
  • Jaminan Anda harus LENGKAP. Jaminan Anda harus mampu berkata “Inilah yang akan terjadi jika…….” atau “Kami akan melakukan ini…….”
  • Jaminan Anda harus mengesankan.

Dalam menentukan USP atau jaminan bisnis Anda, Anda bisa mulai mencari tahu dari orang – orang terdekat Anda apa yang mereka inginkan dari bisnis Anda. Anda juga bisa melakukan riset terhadap pasar tentang apa yang mereka inginkan dan butuhkan dari bisnis seperti bisnis Anda. Dari situ Anda bisa mulai mencaritahu dan menentukan USP apa yang bisa menarik mereka masuk ke dalam bisnis Anda.

Untuk berbisnis, Anda jangan pernah berfikir “Alasan mengapa ide bisnis Anda tidak bisa dijalankan”. Tapi berfikirlah “Bagaimana membuat ide tersebut bisa dijalankan”.

Nah, bagaimana para pembaca? Apakah Anda sudah mulai mengetahui dan mengerti tentang pentingnya USP dan jaminan bagi bisnis Anda? Jika iya, tentu Anda akan mudah menentukan apa USP dan jaminan bagi bisnis Anda bukan?

Selamat mencoba :)

Baca juga:

Strategi Referral untuk Meningkatkan Leads Dalam Bisnis

Tips Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis

Biarkan Pelanggan Berkata “WOW” saat Promosi Word of Mouth Bisnis Anda

Loading...

  • 2
    Shares

0 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *