Running A Business

Sifat Sederhana yang Dapat Mempertahankan Bisnis Anda

 

Mempertahankan Bisnis – Meningkatkan penjualan dalam rangka mempertahankan bisnis yang Anda jalani tidak harus dengan cara yang sulit dan kompleks. Tidak butuh ide bisnis dengan berjuta keruwetan yang pastinya akan sulit dipahami. Penjualan sebuah bisnis bisa ditingkatkan dari hal – hal yang kecil sekalipun yang kita lakukan. Tanpa kita sadari, cara kecil itu akan berdampak besar bagi bisnis kita. Lalu apa saja sifat yang perlu kita miliki untuk meningkatkan penjualan?

Anda dapat mempertahankan bisnis dari sifat jujur

Kejujuran dalam sebuah bisnis harus Anda junjung tinggi. Jujurlah jika memang Anda tidak menjual produk yang calon pelanggan inginkan. Jangan janjikan barang ada saat itu juga, tapi Anda tahu itu sulit atau bahkan akan lama terwujudnya.

Anda juga harus jujur kepada pelanggan, ketika mereka menghubungi Anda. Kepercayaan pelanggan sebuah toko terletak pada kejujuran dari penjualnya. Ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki toko online. Bukan berarti karena pelanggan tidak mengetahui apa yang Anda jual, lalu Anda hanya berkata yang mengindahkah produk Anda, tetapi pelanggan justru tertipu oleh Anda.

Selalu menepati janji kepada pelanggan

Meningkatkan penjualan bukan hanya tujuan akhir dari berbisnis. Kita juga harus bisa membuat pelanggan bertahan dan terus mencari kita setiap mereka membutuhkan sesuatu. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu berusaha menepati setiap janji yang Anda berikan.

Anda bisa saja menjanjikan akan memberikan harga murah, kualitas bagus, diskon apapun, dan lain sebagainya. Namun, jika Anda tidak menepatinya, kepercayaan pelanggan akan mulai hilang kepada Anda. Maka buatlah pelanggan merasa nyaman dan betah berada pada bisnis Anda.

Sifat tenang dapat membantu Anda mempertahankan bisnis

Berbisnis akan menghadapi banyak tantangan dan masalah, ini sudah pasti akan memicu adanya sebuah amarah yang akan berakibat fatal jika Anda sulit mengaturnya. Penting bagi semua pemilik bisnis untuk bisa tenang dalam menanggapi setiap masalah yang ada. Tua atau muda, tidak menjadi perbedaan kita untuk bisa menjadi lebih dewasa saat kita sudah memiliki tanggungjawab mengatur sebuah bisnis.

Jangan takut mengakui kesalahan

Melakukan suatu kegiatan, tentu tidak terlepas dari kesalahan yang bisa saja terjadi, baik dari segi pelayanan ataupun teknis pengiriman. Jika memang ada kesalahan yang terjadi pada produk yang dipesan pelanggan, maka beranilah mengakui kesalahan. Jika barang yang dipesan mengalami kerusakan saat proses produksi, maka jangan ragu untuk mengabarkan pelanggan Anda, dan jika itu memang kesalahan dari teknis Anda, maka cobalah untuk menjadi bertanggungjawab dengan memperbaikinya. Memberikan jaminan juga menjadi salah satu cara meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kita.

Disiplin dan tepat waktu

Berbisnis harus disertai dengan sikap disiplin yang tinggi. Jika Anda selalu membuka toko pada pukul 08.00, maka konsistenlah untuk terus disiplin pada waktu itu. Ini juga berlaku bagi pemilik toko online yang membuka line chating dan telepon pada waktu – waktu tertentu, maka Anda harus tepat waktu. Tidak ada yang akan mengira, kapan pelanggan membutuhkan dan mencari Anda, bukan? Pada saat proses pengiriman barang, Anda harus jujur kapan waktu barang yang dipesan akan tiba. Ini juga harus disesuaikan dengan jasa pengiriman barang Anda. Jangan biarkan pelanggan menunggu tanpa kepastian untuk mendapatkan barang yang Anda jual.

Selain hal-hal teknis dalam berbisnis yang harus Anda perhatikan, sifat-sifat ini juga patut untuk Anda miliki. Guna mempertahankan bisnis Anda di tengah situasi perkeonomian yang tak menentu seperti saat ini. Semoga sukses!
(dok. Pexels)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *