Running A Business

Bagaimana Cara Memuaskan Customer? Ketahui Triknya, Yuk!

 

Memuaskan Customer – Dalam membangun bisnis, memuaskan customer atau klien adalah hal yang sangat penting. Dari merekalah bisnis kita dikenal, dibeli dan bertahan. Tanpa klien atau pelanggan, sebuah bisnis tidak akan mampu tumbuh dan berkembang. Begitu pentingnya seorang klien dan pelanggan membuat tidak sedikit bisnis melakukan banyak cara untuk dapat membuat mereka bahagia dan terus berbisnis dengannya. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat klien atau pelanggan kita merasa puas?

Awali trik memuaskan customer dengan menanyakan kebutuhannya

Tidak ada salahnya Anda bertanya tentang apa yang pelanggan Anda butuhkan dan inginkan, terlebih dari bisnis Anda. Anda bisa meminta feedback ataupun saran terhadap perubahan dan perkembangan bisnis Anda. Saat Anda melibatkan pelanggan dalam proses ini, mereka juga akan merasa bahwa dirinya lebih dihargai dan benar – benar penting bagi bisnis Anda. Yakinkan mereka bahwa bisnis Anda bisa menjadi sahabat terbaik bagi segala permasalahan yang pelanggan hadapi.

Perhatian Anda juga dapat memuaskan customer, lho!

Mengantisipasi segala apa yang dibutuhkan klien, Anda harus mengenal apa yang mereka harapkan dan gaya komunikasi apa yang cocok untuk mereka. Anda tentu akan mudah menangkap kebiasaan apa yang sering dilakukan oleh pelanggan Anda, dan itu dengan mudah menjadi senjata Anda untuk dapat memahami pelanggan dengan mudah. Misalnya ketika balasan email pelanggan sangatlah pendek, kemungkinan mereka terlalu bosan dengan segala email kita yang monoton dan terlalu kaku. Cobalah untuk membuat atau mengirimkan email yang sedikit lebih santai. Perhatian sederhana ini niscaya dapat membuat pelanggan merasa spesial.

Tetap kreatif dan terorganisir

Sekalipun Anda terus berusaha membuat pelanggan senang, yang terpenting dari sebuah bisnis adalah bahwa apa yang Anda lakukan tetap pada perencaan yang telah dibuat dan menghasilkan satu tujuan yang sama. Anda harus tahu bagaimana cara membahagiakan pelanggan dengan ide kreatif yang sesuai dengan aturan dan prinsip perusahaan Anda. Jangan hanya karena tidak ingin kehilangan satu pelanggan, Anda mengabaikan pelanggan lain.

Segera minta maaf jika ada kesalahan

Jika Anda melakukan kesalahan dan membuat pelanggan Anda merasa risih atau kecewa, maka segeralah meminta maaf kepada mereka. Jangan menunda permohonan maaf itu. Jika Anda tidak mendapat respon dari permohonan maaf melalui email, Anda bisa menghubungi mereka via telepon atau bahkan langsung datang menemui mereka. Jelaskan apa yang menurut Anda salah, dan beri penjelasan hingga pelanggan Anda mengerti dan memberikan maaf. Jangan sampai kesalahan Anda merusak kepercayaan pelanggan Anda.

Demikian trik yang bisa Anda lakukan untuk memuaskan customer. Bagaimana? Sudahkah Anda menerapkannya pada bisnis Anda?
(dok. Pexels)

Baca juga:

Baru Membuka Bisnis Online? Perhatikan Hal Ini, Yuk!

Kunci Konten Marketing yang Wajib Dimiliki Bisnis Online

Fakta Unik Pengaruh Warna pada Produk Bisnis Anda


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *