Interviews

Mencari Tambahan Uang Jajan, Kini Bisnis Online Andrie Setiawan Beromset Lebih dari Sekedar untuk Uang Tambahan

 

   

Dari yang awalnya iseng dan hanya berniat untuk mencari uang tambahan saat menempuh pendidikan di bangku perkuliahan, kini bisnis online yang didirikan Andrie Setiawan(25) sudah mencapai kesuksesan. Pengalaman pribadi membuatnya melihat peluang lain di bidang bisnis dan sampai saat ini ia kembangkan. Ketekunan dan kerjakeras membuatnya pernah mendapatkan prestasi gemilang untuk keuntungan penjualan. Lalu bagaimana bisa pria yang saat ini tengah fokus melanjutkan kuliah S2nya ini membangun dan mengembangkan bisnisnya? Berikut ini kisahnya:

Bisa diceritakan bagaimana awal cerita Bapak masuk sebagai seorang enterpreneur?

Lima tahun lalu pada saat saya masih berumur 20 tahun(semester 3 S1) saya memiliki berat badan 120kg dan harus melakukan program diet. Saya mulai berolahraga dan fitness dan membeli suplemen fitness dari salah satu penjual online. Saya mencoba berjualan suplemen dengan menjadi reseller dan dropshipper. Kemudian berkembang dan saya mulai stock beberapa botol untuk produk yang menjadi best seller di pasaran.

Pada saat memulai bisnis ini tanpa dukungan dari orang tua dan teman karena menganggap sektor bisnis ini tidak memiliki peluang untuk menjadi kaya. Sehingga dianggap sebelah mata oleh mereka. Tetapi dengan kerja keras dan tekad yang kuat usaha ini terus berkembang dan maju.

Lalu bisa dijelaskan apa itu Tokosuplemenfitness.com?

Semua jenis suplemen fitness dengan merek tertentu. Saya bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang mengimport dan distributor suplemen di Indonesia. Latar belakang saya mendirikan bisnis ini awalnya hanya untuk menambah uang jajan saat masih menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Bagaimana Anda memasarkan produk yang Anda jual ini?

Pada saat ini saya memiliki 6 website dan saya juga memasarkan di forum-forum seperti Kaskus, TookoBagus (OLX), dsb. Website saya antara lain www.andriefitness.com (website pertama saya), www.bosssupplement.com, www.suplemenfitnessmurah.comwww.tokosuplemenfitness.com, www.seputarfitness.com (info seputar kesehatan dan fitness) dan www.suplemenfitmurah.com.

Lalu bagaimana kiat Anda dalam menyeimbangkan antara harga dengan kualitas produk yang ditawarkan?

Untuk harga kami memastikan harga termurah. Sekalipun harga murah tapi kami tetap mengutamakan service kepada pelanggan. Untuk kualitas jangan khawatir karena ini produk asli  Amerika dan sudah sesuai dengan FDA dan GMP. Dan produk kami yang paling populer adalah Amino , Whey Protein , Gainer.

Apanih yang membedakan bisnis Bapak ini dengan bisnis lain yang berkonsep hampir serupa?

Kami menerapkan sistem online selama 24 jam sehari. Dan ini lebih memudahkan pelanggan untuk mendapatkan produk yang mereka butuhkan di toko online kami. Dan kami juga memberikan perlakuan khusus untuk daerah Jakarta dan Tangerang, yaitu dengan mengantarkan produk dengan jasa kurir pribadi kami.

Pengalaman apa yang pernah Anda dapatkan saat mulai menjalankan bisnis ini?

Bertemu dengan banyak orang, diundang disetiap ada event – event besar yaitu turnamen fitness. Dan yang paling berkesan adalah memiliki banyak teman dan relasi.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada sekarang dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Market suplemen fitness saat ini terus berkembang pesat seiring dengan healthy lifestyle yang terus di gembar gemborkan oleh banyak orang. Sehingga bisnis ini saya yakin akan terus menemukan market yang luas dari sebelumnya.

Tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dalam perjalanan bisnis ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan dan kendala yang paling saya rasakan adalah pada saat ada beberapa pesaing yang mencoba merusak harga. Market pun ikut rusak, tetapi pada saat stock mereka menipis harga akan kembali normal. Itulah tantangan dan kendala yang selama ini pernah saya hadapi selama menjalani bisnis ini.

Apa rencana Bapak kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Saat ini saya sedang berkomunikasi dengan rekan saya di Amerika untuk memasarkan produknya di Indonesia. Dan saya harap semoga semua berjalan sesuai rencana.

Wah hebat sekali Pak. Lalu siapa nih yang paling menjadi inspirasi Bapak dalam menjalani bisnis ini?

Tentunya saya sangat mengidolakan kedua orang tua saya sebagai salah satu inspirator terbesar saya dalam membangun bisnis ini. Dan sayapun memiliki quote yang selalu membuat saya ingin maju yaitu “Sekali perahu berlayar, jangan pernah berhenti dan menepi”.

Nah yang terakhir nih adakah tips atau saran yang ingin Bapak sampaikan kepada para pebisnis online lain di luar sana?

Sebaiknya untuk seorang pemula, dalam memasarkan produknya dimulai dari forum – forum gratis yang sudah banyak disediakan di internet. Salah satu alasannya yaitu untuk mengurangi Capital Cost.

Wah terimakasih banyak Pak untuk kesempatannya berbagi cerita bersama kami. Semoga Tokosuplemenfitnes.com selalu dan semakin sukses ya Pak :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *