Running A Business

Mengatasi Tantangan dalam Pertumbuhan Internet Masa Kini

 

Loading...

Meningkatkan tren penggunaan internet dalam masa kini, juga marak diikuti dengan tindakan kejahatan dalam dunia internet. Salah satunya adalah pencurian data. Di Eropa & US, diperkirakan kegiatan cybercriminals telah mencuri 1 milliar dollar di setiap tahunnya dari bisnis kecil hingga menengah.

Bagi pemilik ataupun pengelola bisnis dan organisasi sangat perlu untuk mewaspadai security dan perlindungan data dalam internet. Biaya mungkin adalah faktor terbesar dalam kurangnya kemanan data. Berdasarkan data survey dari National Small Bussiness Asosiation, 44% pemilik bisnis kecil menyebutkan bahwa upgrade teknologi merupakan tantangan terbesar dari mereka.

Dari survey yang dilakukan juga disebutkan bahwa penyebab pencurian data yang paling besar adalah 35% disebabkan oleh malware, 21% oleh email attacks, 17% dari phising. Nah menghadapi tantangan tersebut, bagaimana kita menyikapinya?

Ada beberapa tindakan preventif yang bisa kita lakukan untuk menghindari pencurian data tersebut. Berikut ini diantaranya:

1. Memastikan perubahan password sesering mungkin

Dari data survey disebutkan pula bahwa 56% kegiatan pengiriman data yang sensitif dilakukan dari mobile device. Ada salah satu habit dengan menggunakan perangkat mobile device, dengan kemudahan dalam mobile device, kita biasanya akan jarang sekali melakukan perubahan password. Hal ini sangat rawan. Sistem cpanel sendiri mengharuskan kita untuk merubah password setiap jangka waktu tertentu.

2. Memanfaatkan penggunaan Google Webmaster

Optimalisasi penggunaan Google Webmaster tidak hanya untuk SEO, melainkan juga untuk mengatasi malware yang terdapat pada website kita.

3. Backup data

JagoanHosting & Beon Intermedia telah menyediakan data backup sebagai suatu solusi yang akan membantu Anda dalam mengembalikan data penting website Anda yang hilang.

4. Penggunaan SSL

Apabila kita telah yakin dengan keamanan website kita, maka tindakan keamanan lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan SSL dalam proses transfer data. Dimana SSL akan melindungi data dalam bentuk enkripsi 256-bit selama proses transfer data dari web browser menuju web server. Sehingga data tidak bisa dibuka oleh pihak lain.

Nah sedikit sharing dari saya untuk menghindari pencurian data. Semoga bermanfaat :)

Baca juga:

10 Cloud Storage untuk Solusi Keamanan Data Usaha Kecil Anda

Kenapa Anda Harus Mengutamakan Keamanan Sistem Diatas Kenyamanan Anda?

Tips Memaksimalkan Kemanan Data Perusahaan

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *