Interviews

Obrolan Singkat bersama Bapak Achmad Alfansuri, Owner Toko Online Kkdd Asal Kota Makassar

 

   

Menjadi salah satu toko online yang menjual produk kecantikan di Indonesia, tentu bukanlah hal yang mudah. Terlebih dengan banyaknya kompetitor yang saat ini sudah merajai dunia online shop. Namun, Achmad Alfansuri Gaffar(24) bersama dengan Dian Puspita Sari(23) sukses membawa Kkdd sebagai salah satu toko online produk kecantikan asal kota Makassar, sebagai toko online yang patut untuk diperhitungkan. Bukan hanya dari produk yang memiliki kualitas tinggi, tetapi juga dari segala konsep bisnis yang dimilikinya. Beberapa hari yang lalu tim Mebiso berhasil mewawancarai Bapak Achmad Alfansuri. Dan berikut ini adalah ulasan cerita dari bisnis beliau:

Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya memulai pendidikan dasar sampai SMA di Makassar, kemudian merantau ke Bandung di STMIK Likmi Bandung, mengambil jurusan Grafis dan Multimedia. Di tempat inilah saya banyak mempelajari tentang dunia website dan segala potensi bisnis di dalamnya.

Lalu bagaimana cerita awal ketika Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Pada awalnya, saya belajar tentang dunia internet marketing sekitar tahun 2010. Saat itu saya masih kuliah di Bandung. Waktu itu kepikirannya bisa cari penghasilan sendiri, apalagi merantau cukup jauh di Bandung. Mengingat saya berasal dari Makassar.

Proses belajar saya setahun itu pada awalnya terasa sia-sia. Saya kurang lebih menginvestasikan uang sekitar 5 jutaan untuk sekedar belajar dan dalam setahun belum menghasilkan apa-apa. Sekitar bulan September 2011, barulah saya dan mantan pacar yang sekarang sudah menjadi istri saya berpikir untuk memulai bisnis online di bidang penjualan kosmetik online. Alasannya sederhana, pasar untuk produk wanita lebih menjanjikan, kata istri saya, wanita itu lebih royal dan loyal kalau belanja.

November 2011, website resmi kkdd Beauty Store dengan domain www.kkdd.us pun launching  dengan segala keterbatasannya waktu itu. Kami memulai dalam keadaan tidak mempunyai modal yang cukup. Kalaupun disebut punya modal sudah habis untuk biaya domain dan hosting yang hanya sekitar 250 ribuan waktu itu. Modal kami hanya keberanian untuk memulai dan take action. Dimulai dengan sistem dropship selama enam bulan pertama dan akhirnya dengan pengelolaan dana yang baik, kami memulai untuk stock barang sendiri.

Menurut Bapak, pengorbanan terbesar apa yang sudah dilakukan untuk menjadi seorang enterpreneur?

Jika disebut pengorbanan mungkin lebih kepada pandangan orang tua dan keluarga besar. Banyak orang yang masih menyepelekan bisnis online. Mereka menganggapnya hanya penghasilan tambahan, termasuk orang tua dan keluarga kami. Kami menyadari, mereka yang berlatar belakang pekerja belakang meja tentu tidak mudah untuk melihat apa yang kami lihat. Tapi kuncinya hanya pembuktian, kami dapat membuktikan bahwa bisnis online sangat menjanjikan untuk dijadikan profesi dan sumber penghasilan utama. Kami bisa menikah, beli mobil sendiri, dan menjalani kehidupan impian kami.

Bisa diceritakan tentang bisnis Anda dan jenis produk apa yang Anda tawarkan?

Saat ini kami memasarkan produk kosmetik herbal dan perawatan kecantikan secara online. Kami memasarkan lebih dari 100 merek produk kecantikan dan softlens baik dalam dan luar negeri. Produk kosmetiknya pun kini menjadi pencari terbanyak di pasar online terutama di Google. Misalnya, Cream Sari, Cream Walet, Cream A-DHA, Paket Susu Domba, dan lain-lain.

Dengan bekerja sama dengan berbagai produsen dan distributor utama kini kkdd Beauty Store memasarkan tidak lagi hanya di kota Makassar saja tetapi juga di seluruh Indonesia. Jaringan pelanggan kami dari Sabang sampai Merauke. Kami mengirim produk setiap harinya di hampir setiap pelosok daerah yang ada di Indonesia. Terutama untuk pasar Indonesia timur. Sebagai pasar yang “basah”, Indonesia Timur kini menjadi target market kami.

Bagaimana latar belakang berdirinya bisnis yang Anda miliki ini?

Awalnya dimulai dengan ketidaksengajaan. Saat itu, istri saya membantu mencarikan produk kosmetik untuk kawannya. Meskipun hanya dapat sedikit profit waktu itu, namun menjadi ide awal kami untuk memulai bisnis kosmetik online. Saya bisa memanfaatkan ilmu internet marketing yang dulu saya pelajari dan pengalaman saya selama setahun lebih dan tentu saja referensi kenalan istri saya sebagai supliernya. Maka, mulailah kami berkecimpung di dunia bisnis online.

Ceritakan bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda ini?

Kami memasarkan produk kosmetik melalui website www.kkdd.us. Dengan memanfaatkan search engine sebagai sumber traffic. Berbekal ilmu internet marketing kami mulai mengejar target penjualan kami dengan meningkatkan jumlah kunjungan website kami.

Untuk meninjau keefektifannya sangat mudah, kami dapat melihatnya dari jumlah invite BBM dan sms yang masuk. Semakin banyak jumlahnya, maka kemungkinan mereka untuk bertransaksi akan semakin besar. Dan dari sinilah kami mulai membangun hubungan dengan pelanggan. Menjadikan database pelanggan sebagai pasar yang menghasilkan profit. Membangun hubungan dengan mereka. Memastikan perawatannya tidak lewat sebulan, dan seterusnya.

Dengan semakin mudahnya jangkauan internet bahkan ke pelosok daerah membuat pasar kami lebih cepat berkembang dan menjadi sangat beragam. Apalagi ditambah dengan murah dan maraknya gadget yang menjadikannya berkah tersendiri bagi kami.

Lalu sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Kami melihat saat ini sudah banyak sekali toko online kosmetik yang ada. Hanya saja perlu disadari bahwa, target market kita adalah manusia, walaupun melalui market robot atau Google. Seringkali banyak toko online kurang memperhatikan kualitas layanan dan kenyamanan bagi pelanggan. Mulai dari tampilan toko online, shipping, packing, hingga layanan cash on delievery (COD).

Saat ini kkdd Beauty Store telah bekerja sama dengan salah satu jasa kurir regional Makassar, yakni Makassar Delivery untuk mempermudah layanan COD, yakni antar langsung ke rumah pelanggan dalam kota Makassar. Untuk pemesanan domestik saat ini kami menggunakan jasa pihak ketiga, seperti POS, JNE, MAX, TIKI, KGP, Litha Co, dll. Selain memasarkan produk, website kami www.kkdd.us juga memberikan layanan konsultasi, tips-tips, dan informasi tentang kualitas produk-produk kosmetik herbal. Ini tentu saja memudahkan pelanggan dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis Anda dan pengalaman paling berkesan apa yang sudah dialami selama menjalankan bisnis?

Kami memulai kkdd dengan modal yang sangat terbatas, bahkan nyaris nihil. Namun, sekarang kami mulai merasakan hasil kerja keras kami. Mulai dari omzet jutaan, puluhan juta, hingga ratusan juta rupiah. Penghargaan terbesar bagi kami adalah ketika orang tua dan keluarga telah memberikan dukungan 100% bagi kami. Kami dapat membuktikan apa yang kami perjuangkan sejak tiga tahun yang lalu.

Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang, dan bagaimana bisnis anda mengubahnya?

Saat ini market menjadi sangat menjanjikan. Pekembangan pengguna internet terus meningkat. Menurut Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) pengguna internet Indonesia per hari mencapai 80 juta atau meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan pasar bisnis online sangat besar. Apalagi ditambah usia pengguna internet yang terbesar saat ini adalah usia 18-30 tahun. Ada puluhan juta market yang siap digarap setiap harinya.

Tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dalam menjalani bisnis ini dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangan bisnis online saat ini adalah lebih kepada proses pengiriman dari pihak ketiga yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit terutama untuk daerah pelosok Indonesia timur. Saya berharap dengan potensi bisnis online ini, jasa kurir bisa melihat dan memperbaiki kualitas layanannya.

Nah, untuk Kkdd sendiri rencana ke depan apa yang akan dilakukan untuk mengembangkannya?

Kami saat ini mulai membangun beberapa website pendukung yang akan menjadi sumber traffic bagi web kkdd. Saat ini kami juga membangun kemitraan dengan  beberapa komunitas bisnis untuk menjalin konektifitas usaha untuk perkembangan masing-masing bisnis.

Kedepannya kami melihat ada potensi besar untuk membangun bisnis ekspedisi dan layanan kurir sebagai pendamping bisnis kami. Apalagi melihat meningkatnya kebutuhan masyarakan untuk jasa ini. Terutama jasa kurir untuk daerah Indonesia timur. Semoga kami dimudahkan untuk mewujudkan mimpi kami selanjutnya ini.

Siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda sebagai Enterpreneur?

Sandiago Salahuddin Uno. Seorang investor, konsultan, dan pebisnis. Memulai bisnis dari keterpaksaan karena PHK. Kini di usianya yang masih sangat muda sudah tercatat menjadi salah seorang yang tersukses di Indonesia. Menjadikan “Tahajjud” & “Dhuha” sebagai penawar dan penyembuh luka dalam perjalanan bisnisnya. Saya sependapat, sisi spiritual tidak bisa lepas dan terpisah dari sisi kehidupan yang lain termasuk bisnis. Spiritual menghasilkan etika bisnis, silaturahim, dan sedekah, berbagi kepada siapa saja, termasuk para pebisnis pemula.

Untuk yang terakhir nih Pak, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Langkah terbaik memulai bisnis adalah menemukan hasrat terdalam atau passion. Ketika menjalani bisnis yang Anda cintai, apapun rintangannya Anda seperti terbius, luka sedalam apapun tak akan terasa. Cintai apa yang Anda kerjakan. Lalu beranilah melangkah. Sejuta konsep tak berarti dibanding satu langkah antusias.

Wah, cerita yang sangat inspiratif Pak. Memulai usaha yang benar – benar dari nol, hingga kini bisa sukses. Semoga cerita ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan enterpreneur di luar sana. Dan semoga Kkdd semakin dan akan selalu sukses ;-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnis mediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

           

Artikel Terkait

2 komentar

  • 2 March 2014 - pukul 20:42

    Saya kenal baik dengan Bapak Alfansuri ini sedari duduk bangkus SMP, sampe memulai merintis Toko Kosmetik Online kkdd.us nya dengan asli modal nihil . Produk yang dipasarkan sangat terjamin baik dari segi harga maupun kualitasnya sangat bersaing… satu hal yang membuat kkdd cepat berkembang, menjunjung tinggi customers stratification yang utama… Profit mungkin nomer 1 dalam berdagang, namun kepuasan pelanggan merupakan hal yang UTAMA di atas Profit Jualan…

    Sukses kkdd.us

  • 11 November 2014 - pukul 13:03

    biasa aja kok banyak pelaku online shop kosmetik yang lebih ber prestasi…
    saya pikir dia tidak punya value lebih,hanya sekedar menjual kosmetik

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *