Running A Business

Pahami 9 Alasan Mengapa Pelanggan Menyukai Belanja Online

 
  • 1
    Share

Loading...

Belanja online memang sudah menjadi trend tersendiri dalam beberapa akhir tahun belakangan ini. Sudahkah Anda tahu bahwa sebanyak 85% penduduk Indonesia sudah pernah berbelanja online? Angka yang fantastis mengingat banyaknya penduduk Indonesia itu sendiri.

Sudahkah Anda tahu apa sebenarnya yang menjadi alasan pelanggan menyukai berbelanja online:

1. Praktis

Sebanyak 31.3% responden lebih memilih berbelanja online karena lebih praktis dan tidak harus berangkat ke toko. Mengingat kita harus meluang waktu di jalan, apalagi untuk kota-kota besar di Indonesia yang terkenal dengan kemacetannya tentu akan terasa lebih malas untuk keluar rumah.

2. Tertarik produk

Pelanggan tidak akan membeli suatu produk jika tidak ada ketertarikan dengan produk tersebut. Sebanyak 11.7% mengatakan alasan mereka membeli online karena tertarik dengan barang yang dijual.

3. Kualitas produk bagus

Justru karena berjualan online, kualitas barangpun harus tetap yang no 1. Hal ini dikarenakan pelanggan tidak bisa melihat bahan dan kualitas dari produk Anda. Faktanya, sebanyak 10% responden akan membeli barang Anda jika mereka sudah tahu akan kualitas barang yang dijual.

4. Cepat

Bagi sebagian pelanggan yang sibuk dengan pekerjaannya, toko online sangatlah membantu mereka karena mereka memang membutuhkan suatu transaksi yang cepat. Sebanyak 9.5% responden lebih memilih online karena dirasa lebih cepat.

5. Produk unik

Tidak jarang barang yang di jual toko online adalah barang yang unik dan tidak ada di mall-mall. Hal inilah yang membuat 8.7% responden tertarik belanja di toko online.

6. Harga murah

Toko online hampir selalu menyediakan barang dengan harga yang lebih murah ketimbang di toko. Hal ini wajar saja karena jika di toko, pebisnis harus memasukkan biaya operasional sewa toko dsb pada barang mereka, sedangkan untuk biaya operasional di toko online hanyalah gadget dan internet yang tentunya lebih murah. Bagi  8.6% pelanggan, motivasi untuk belanja di toko online adalah karena harga yang lebih murah.

7. Efisien

Buka website, pilih barang, klik, transfer uang selanjutnya barang akan dikirim ke rumah Anda. Itulah keunggulan belanja via online. Daripada menghabiskan waktu untuk berkeliling mall demi memilih produk akan lebih mudah dan efisien jika mengaksesnya via laptop atau handphone. Bayangkan betapa pintarnya 7% responden dalam memanage waktu yang dihemat dengan berbelanja online.

8. Barang online lebih eksklusif

Terdapat sebagian pelanggan yang gengsi jika menggunakan barang yang sama dengan teman mereka sehingga 3.2% orang ini lebih memilih membeli online. Karena memang ada beberapa barang yang dibuat terbatas dan terkesan eksklusif.

9. Transaksi mudah

Bayangkan betapa mudahnya proses pembayaran untuk pembelian online. Ya, pelanggan hanya tinggal transfer sejumlah uang pada rekening pemilik toko online, dan saat itu juga barang akan di proses pengirimannya. Inilah yang membuat sebanyak 2.8% menyukai berbelanja online. Apalagi saat ini terdapat penyedia jasa toko online yang semakin memberikan kemudahan dalam proses pembayaran.

JS

Karena Anda sudah mengetahui alasan mengapa pelanggan menyukai berbelanja online yang artinya peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan semakin terbuka lebar, maka untuk mengambil peluang tersebut tergantung dari seberapa banyak Anda bersedia mewujudkannya pada bisnis Anda.

Semakin Anda kenal dengan pelanggan maka semakin Anda akan mengerti apa yang diinginkan pelanggan dan mewujudkannya demi memenuhi kepuasan pelanggan. Pengalaman menunjukkan bahwa ecommerce di Indonesia berhasil sukses setelah Go-Online. Jadi tunggu apalagi? Anda hanya perlu mendaftarkan bisnis Anda di Jagoanstore.com dan segera miliki website toko online terbaik untuk meraih sukses sekarang juga.

Loading...

  • 1
    Share

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *