Insider

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis

 

Loading...

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Instagram Ingin berbisnis online di Instagram, namun bingung memulai dari mana? Tak usah khawatir, ulasan berikut ini membahas panduan lengkap menggunakan Instagram, terutama untuk bisnis. Jangan sampai ada yang terlewat, check them out!

Panduan lengkap cara menggunakan Instagram: Hal-hal ini yang harus Anda perhatikan!

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan agar dapat menggunakan Instagram secara optimal. Anda harus memiliki visi yang jelas, memahami target Anda, membuat konten secara kreatif, serta memonitor performa. Simak ulasan selanjutnya sampai habis, mari kita kupas satu persatu!

Menentukan visi atau tujuan

Memiliki visi atau tujuan penting agar Anda mengetahui apa yang hendak dicapai serta menentukan strategi yang tepat agar hal tersebut terwujud. Banyak hal yang dapat dijadikan tujuan, misalnya saja untuk meningkatkan kesadaran akan brand, memasarkan kepada customer yang potensial, serta masih banyak lagi.

Masih bingung menentukan tujuan? Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat membantu Anda untuk menemukannya.

  • Apa alasan Anda menggunakan Instagram?
  • Bagaimana Instagram dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan marketing Anda?
  • Seberapa besar waktu dan budget yang Anda alokasikan untuk Instagram?
  • Hal apakah yang ditawarkan Instagram dan tidak ditawarkan oleh platform lainnya?

Selamat menjawab!

Perhatikan karakteristik audiens Anda

Tentunya, Anda ingin menciptakan sesuatu yang disukai oleh audiens, bukan? Pastikan bahwa Anda memahami target audiens bisnis Anda.
Memahami audiens susah-susah mudah.

Cermatilah faktor demografis untuk dapat memahami audiens. Faktor demografis contohnya adalah usia, gender, lokasi, tingkat pendidikan, serta tingkat penghasilan. Jenis bisnis Anda juga berpengaruh terhadap berapa banyak faktor demografis yang perlu dicermati, mungkin saja banyak yang perlu dipertimbangkan.

Buat profile jadi maksimal

Profile adalah kesan pertama mengenai brand Anda. Beberapa hal ini perlu diperhatikan agar Anda memiliki profile yang bagus.

Bio/description Anda dapat memuat hal-hal berikut. Anda dapat menaruh slogan/tagline dari brand atau garis besar tentang bisnis Anda serta bergerak dalam hal apa bisnis Anda.

Pastikan Anda menggunakan foto profile yang membuat orang-orang mudah mengenali brand Anda. Menggunakan logo, logomark (gambar logo saja tanpa tulisan), serta maskot untuk foto profile dapat meningkatkan kesadaran audiens akan brand.

Pada bagian bio, kita dapat mencantumkan satu link. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan konten, lho. Anda bisa melakukannya dengan cara meng-update kolom link untuk mengarahkan kepada konten yang baru dipublikasikan.

Kreasikan konten dengan strategi tepat

Konten adalah faktor yang esensial! Tentunya, Anda harus membuat konten-konten yang ciamik dan menarik customer potensial.

Pertama, Anda harus memiliki visi jelas akan jenis konten apa yang hendak diposting. Anda dapat membuat content pillars, isinya adalah tema-tema konten yang hendak dibuat. Banyak hal yang berpotensi untuk dijadikan tema konten. Anda bisa saja membuat behind the scenes, demo produk, edukasi, lucu dan ringan, cerita customer, dan masih banyak lagi.

Perhatikan juga gaya konten yang Anda buat. Hal tersebut dapat dilihat dari komposisi (peletakan elemen visual dari konten), warna-warna yang digunakan, fonts atau jenis huruf, filter, serta bagaimana Anda menulis caption.

Oh ya, jangan lupakan penggunaan hashtag! Penggunaan hashtag yang tepat dapat membuat konten Anda ditemukan oleh lebih banyak orang.

Konsisten dalam memposting

Konsistensi dapat memberikan beberapa manfaat. Audiens Anda dapat mengetahui berapa lama mereka harus menunggu hadirnya konten terbaru serta memaksimalkan engagement tanpa adanya jeda update. Baiknya, postinglah konten sekali dalam sehari.

Meningkatkan growth dan engagement

Hal ini berarti mengoptimalkan performa dari marketing Anda. Cobalah tiga hal berikut ini agar akun Anda berkembang secara maksimal.

  1. Memposting user-generated content; yakni konten yang dibuat oleh pengguna Instagram lainnya. Hal ini akan mendorong audiens untuk menjalin interaksi dengan brand. Konten jenis ini bahkan dianggap reliabel untuk promosi produk, karena
    user-generated content dirasa lebih nyata, berdasarkan pengalaman customer lainnya.
  2. Memuat wajah pada konten; karena konten yang memiliki gambar wajah mendapatkan lebih banyak likes dan comments.
  3. Berbagi konten Instagram ke Facebook; ternyata konten yang di-share ke Facebook memiliki tingkat engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan konten yang hanya di-share di Instagram.

Mengukur pekerjaan Anda

Gunakan berbagai analytic tools untuk mengukur performa marketing Instagram Anda. Selain melihat apakah tujuan Anda telah tercapai, Anda juga dapat menentukan strategi selanjutnya agar performa jadi lebih baik lagi.

Tentunya, masih banyak tips dan strategi untuk memaksimalkan performa akun yang belum dibahas dalam artikel ini. Silakan baca artikel-artikel lain dari Mebiso untuk mendapatkan wawasan ter-update seputar Instagram Marketing.

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/280707

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *