Technology

Pastikan Anda Punya Kontrol Penuh terhadap Domain Anda

 

Loading...

Apakah saat ini Anda memiliki domain name sendiri? Jika YA, saat anda membaca email ini pastikan Anda memiliki kontrol penuh terhadap domain yang Anda miliki.

Kenapa?
Pengalaman dibawah ini semoga bisa membantu kita semua bisa mengerti kenapa kita harus mempunyai kontrol penuh terhadap domain yang sudah kita miliki sekarang. Seteleh itu kami akan coba bantu bagaimana untuk bisa melihat kontrol terhadap domain yang anda miliki.
—-
Ibu Etik, memiliki sebuah usaha e-commerce melalui website : http://indoneshop.com, beliau mendaftarkan domain itu 1 tahun lalu di sebuah jasa webhosting (sebut saja : DH). Nah 29-Des-2006 mendatang domain tersebut sudah expired, karena tidak puas dengan layanan DH beliau dan suami bermaksud memindahkan hosting dan domainnya ke perusahaan layanan hosting yang lain. Pemindahan hosting adalah hal yang mudah dilakukan karena prinsipnya cuma memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain seperti halnya copy paste biasa. Namun ada hal yang menjadi masalah adalah waktu regristasi dulu beliau tidak mengerti bahwa domain yang dibeli ternyata tidak sepenuhnya berada di kontrol beliau. Nama pemilik memang Ibu Etik, tetapi ternyata domain tersebut di LOCKED oleh DH… Ketika pihak DH masih bisa dihubungi mungkin belum juga menjadi masalah, tetapi ternyata DH tidak bisa dihubungi dan didatangi ke alamat yang tercantum di website juga tidak ada. Well, domain tidak bisa di transfer status Locked yang seharusnya melindungi kepemilikan kini menyusahkan sang pemilik. Sampai siang tadi akhirnya beliau memutuskan untuk membuat domain baru http://indogiant.com dan MAU TIDAK MAU HARUS RELA KEHILANGAN DOMAIN yang mungkin sudah dikenal oleh pelanggannya, memulai lagi komunikasi dengan nama baru dan bisa dibayangkan pasti tidak sedikit biaya dan tenaga untuk melakukan sebuah perubahan nama domain yang juga nama brand. Domain baru harus dimiliki agar ada kesempatan memberikan informasi melalui domain lama sebelum domain lama benar2 tidak bisa di akses 29 des mendatang.
—-

Nah setelah mengetahui kenapa kita harus memiliki kontrol terhadap domain yang dimiliki, lalu bagaimana kita mengetahui apakah domain yang sekarang kita pakai adalah hak milik kita sepenuhnya? Berikut saya coba membantu dengan beberapa langkah pengecekan :

  1. [SATU] Cek domain Anda di http://www.who.is, masukkan nama domain Anda. Lihat informasi di bawah (scroll dampai bawah di bawah google adsense), apakah domain tersebut atas nama Anda? Jika YA lanjutkan ke langkah 2, jika TIDAK lanjutkan ke langkah 4
  2. [DUA] Cek bagian STATUS : apakah ACTIVE atau LOCKED…. Jika ACTIVE ke langkah 5, jika LOCKED ke langkah 3
  3. [TIGA] Status LOCKED, jika Anda yang melakukan LOCK ini berarti tidak menjadi masalah itu berarti Anda telah memiliki kontrol terhadap domain Anda (Step DONE). Tetapi jika Anda tidak merasa melakukan LOCK maka lakukan langkah 4
  4. [EMPAT] Hubungi pihak dimana anda mendaftar (Lakukan setelah Anda selesai membaca Jangan ditunda) tanyakan : Kenapa domain tidak atas Nama Anda atau di LOCKED oleh mereka? Dan jangan lupa untuk meminta mereka merubah menjadi Nama Anda atau membebaskan status LOCKED domain anda tersebut. Jika mereka menolak dengan alasan itu adalah Term Of Service mereka maka Anda berada dalam masalah yang sama dengan Ibu Etik dengan domainnya indoneshop.com, saran saya segera pindahkan hosting Anda karena tidak ada langkah yang lebih baik dari itu.
  5. [LIMA] Status Active tidak menjadi masalah hubungi pihak pendaftar tanyakan alamat ‘domain manager’ Anda boleh membiarkan tetap ACTIVE atau melakukan LOCK untuk lebih menjamin kontrol Anda. Step DONE.

Semoga bisa membantu rekan-rekan semua sehingga tidak akan mengalami masalah dengan domain name. Jika ada pertanyaan atau memerlukan informasi silahkan kontak kami kapan saja.

Loading...

3 komentar

  • 26 Januari 2007 - pukul 9:53

    Hi All ….
    pengalaman kami memang agak rumit. namun kerumitan itu terbayar sebab selama setahun berdiri dengan Indoneshop.com sudah banyak yang kami hasilkan. ketika kami putuskan untuk berubah menjadi Indogiant kami hanya berpikir sederhana, yaitu memanfaatkan pelanggan-pelanggan lama .
    Sejauh ini, akses ke indogiant tak ada masalah, khususnya di USA dsn Eropa. server yang digunakan relatif aman. Namun kendala ada juga, beberapa serach engine menganggap indogiant adalah copy dari indoneshop, karena memang scriptnya sama. jadi ada pihak spy yang sementara ini menganggap indogiant adalah plagiator … aneehh … siapa bisa bantu mengatasi ? thanks a lot

  • 15 Agustus 2007 - pukul 15:35

    makasih infonya :-)

  • 5 Desember 2007 - pukul 6:29

    Kalau saya lebih suka beli domain dan hosting ditempat yang berbeda, jadi kalau kita pindah hosting tidak masalah karena kontrol domain tetap di kita.
    Dan usahakan beli domain ditempat yang banyak direkomendasikan orang.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *