Running A Business

Pelanggan Berharap Kita Tahu tentang 5 Hal Ini

 
  • 8
    Shares

   

Kita tahu bahwa pelanggan memiliki peran penting bagi bisnis kita. Bagi kita, mereka adalah nyawa untuk bisnis kita. Dari merekalah kita bukan hanya mendapat sekedar keuntungan finansial, tapi juga kemampuan untuk bertahan dan terus berkembang. Kita seringkali berpikir bahwa kita tahu baik tentang pelanggan kita. Kita mengerti dan memahami apa yang pelanggan butuhkan.

Tapi seberapa baik sih kamu tahu tentang pelanggan kamu?

Sulit memang saat kita harus mencari tahu apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan dari bisnis kita. Sebuah penelitian dari psikologi sosial, mengatakan bahwa ada 10 hal yang sebenarnya pelanggan ingin kita tahu tentang mereka. Apakah itu?

1. Pelanggan butuh pelayanan yang “BAIK” lebih dari sekedar “CEPAT”

Melayani pelanggan dengan cepat memang akan memberikan nilai lebih bagi kita. Tapi sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pelanggan yang menerima jawaban dengan baik akan merekomendasikan kepada orang lain.
Lebih dari sekedar pelayanan cepat, setiap pelanggan ingin dilayani dengan sebaik mungkin. Pelanggan yang dilayani dengan kasar, dijawab dengan jawaban seadanya dan tergesa-gesa akan cenderung memilih meninggalkan merek tersebut dan mulai beralih. Pelayanan yang cepat memang harus dilakukan, tapi melayani dnegan baik harus tetap menjadi prioritas. Mulai dari sapaan di awal percakapan hingga ucapan terimakasih di akhir obrolan.

2. Pelanggan lebih suka pelayanan “personal”

Sebuah study dari Journot tentang Psikologi sosial, mengungkapkan bahwa rata-rata peningkatan jumlah customer adalah dari pelayanan mereka sebelumnya. Bahkan banyak pelanggan yang rela membayar lebih untuk sebuah pelayanan yang khusus disediakan untuk mereka. Pelayanan personal sangat diinginkan oleh customer. Mereka bisa bertanya, berdiskusi dan meminta pendapat dari kita secara lebih leluasa.

Seperti yang dilakukan oleh Beon.co.id. Sebuah perusahaan jasa hosting untuk website yang bukan hanya menyediakan produk terbaik, tapi juga pelayanan yang sangat baik. Beon.co.id juga menyediakan pelayanan “personal” bagi customer Dedicated Hosting mereka. Customer memiliki personal assistance untuk setiap kesulitan dan juga masalah yang ia hadapi di server hosting website mereka.

3. Pelanggan akan mengingat kita saat kita mengingat mereka

Berbicara tentang pelayanan personal, customer sangat suka bila kita menyebut nama mereka saat mulai melayani. Mereka akan merasa dihargai dan mendapat tempat penting pada pelayanan kita. Jangan ragu untuk sekedar menanyakan nama mereka, dan menyapa mereka dengan nama. Menyebut nama bukan hanya bisa dari percakapan secara langsung kita dengan pelanggan. Tapi bisa juga dari percakapan di email, SMS ataupun di sosial media yang kita miliki.

4. Pelanggan suka dengan kejutan yang menyenangkan

Siapa yang tidak suka dengan sebuah kejutan? Saya kita setiap orang menyukai kejutan yang diberikan untuknya. Menciptakan sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan dapat kita lakukan dengan memberikan kejutan yang menyenangkan dan tidak terduga. Lebih dari sekedar menghargai loyalitas mereka, ini juga membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan oleh kita. Kita bisa mulai memberi hadiah seperti voucher, produk gratis bahkan hadiah langsung.

5. Jadikan pelanggan sebagai sumber inovasi bisnis kita

Pelanggan sangat senang jika kita banyak melibatkan mereka dalam setiap yang kita rencanakan dan kita lakukan. Sebuah penelitian lagi-lagi mengungkapkan bahwa 60% pelanggan sangat berperan dalam menciptakan dan mewujudkan inovasi bisnis mereka. Tanyakan saja kepada mereka tentang feed back, usulan, saran maupun kritik tentang bisnis kamu sekarang.

Lalu seperti apa pelayanan yang kamu berikan kepada pelanggan di bisnis kamu? Bisnis besar ataupun sebuah startup yang baru memulai, tidak boleh meremehkan keberadaan pelanggan. Setiap pelanggan adalah teman bagi bisnis kita. Tidak mudah memang mencari dan mendapatkan pelanggan yang loyal bagi bisnsi kita. Setiap bisnis memiliki cara tersendiri untuk melayani pelanggan atau customer mereka. Mereka selalu memiliki dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan jenis bisnis dan strategi bisnis mereka. :)

Selamat mencoba. :)

           
  • 8
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *