Content Marketing Headline Strategi Bisnis Tips Bisnis

Pengaruh Influencer di Bisnis: 5 Keuntungan Bekerjasama dengan Influencer

 

Loading...

Bagi Anda yang sudah familiar dengan strategi promosi digital marketing, Anda pasti sering mendengar mengenai influencer. Sebenarnya, apa sih influencer itu dan apa pengaruh influencer di bisnis?

Secara sederhana, influencer dapat diartikan sebagai seseorang yang memberi pengaruh pada masyarakat. Biasanya memiliki jumlah followers yang banyak di media sosial.

Seorang influencer bisa saja merupakan public figure, artis, blogger, Youtuber, maupun orang yang membawa pengaruh besar pada sebuah komunitas tertentu. Namun, influencer juga bisa dibagi menjadi influencer mikro, makro, serta premium berdasarkan jumlah pengikutnya di media sosial.

Selain memiliki strategi marketing Instagram yang kuat, ternyata bekerjasama dengan influencer juga dapat mendongkrak pendapatan bisnis Anda. Berikut ini adalah manfaat bekerjasama dengan influencer.

1. Membuat produk lebih dikenal

Jika ingin membuat produk Anda lebih dikenal, Anda bisa menjalin kerjasama dengan influencer yang sedang viral.

Namun sebelum memilih influencer, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Cocokkan segmentasi pengikut influencer dengan target pasar bisnis Anda. Meskipun itu influencer mikro sekalipun, strategi ini tetap bisa berjalan dengan baik jika target pasarnya sesuai.

Kemudian, biarkan influencer melakukan tugasnya untuk mempromosikan bisnis Anda pada komunitasnya agar lebih banyak yang mengenal kehadiran produk Anda.

2. Menjangkau konsumen yang lebih luas

Pengaruh influencer di bisnis juga dapat membantu Anda menjangkau konsumen yang lebih luas. Strategi ini cocok Anda implementasikan apabila Anda baru saja merintis bisnis. Influencer yang sudah memiliki banyak followers dapat membantu Anda untuk mendapat followers dan calon pelanggan yang banyak.

Namun selalu ingat untuk mencocokkan target pasar Anda dengan target audience sang influencer agar strategi bekerjasama dengan influencer tidak sia-sia.

3. Membuat konsumen percaya pada produk Anda

pengaruh influencer di bisnis
Sumber: https://www.freepik.com/

Mempromosikan bisnis secara konvensional membutuhkan waktu yang lebih lama agar calon konsumen dapat percaya dengan produk yang Anda jual. Namun lain ceritanya jika Anda menggunakan influencer sebagai strategi promosi.

Seorang influencer tertentu dapat membangun kepercayaan dari pengikutnya. Jika influencer menggunakan produk Anda dan mempromosikan di media sosialnya, pengikutnya cenderung merasa terpengaruh untuk memiliki apa yang ‘role model’-nya gunakan.

4. Meningkatkan penjualan produk Anda

Selanjutnya, pengaruh influencer di bisnis yaitu membantu meningkatkan penjualan produk. Promosi dari influencer membuat lebih banyak orang mengetahui keberadaan bisnis Anda. Semakin banyak yang tahu, maka semakin berpeluang pula peningkatan penjualan produk.

Nah, kalau Anda ingin tahu strategi lain untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa cek artikelnya di sini.

5. Berpeluang balik modal

Bekerjasama dengan influencer juga memerlukan budget. Jadi apabila Anda memiliki bisnis yang baru saja dirintis, memilih influencer mikro mungkin bisa jadi pilihan yang tepat jika disesuaikan dengan budget.

Namun jika Anda memiliki budget yang cukup untuk bekerjasama dengan influencer makro maupun premium, anggap bahwa kerjasama ini adalah bentuk dari investasi bisnis. Sebab, Anda bisa berpeluang balik modal yang tentunya menguntungkan bisnis Anda.

Setelah membaca artikel ini, sudahkah Anda terpengaruh untuk bekerjasama dengan influencer setelah mengetahui bahwa kehadiran mereka membawa pengaruh yang menguntungkan bisnis Anda?

Temukan artikel mengenai inspirasi dan tips bisnis lain di website Mebiso. Semangat berbisnis!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *