Running A Business

Pentingnya Melakukan Survey Bagi Perusahaan dan Pelanggan

 
  • 8
    Shares

   

Survey merupakan penelitian atau pemeriksaan yang dilakukan secara kompeherensif. Survey bisa dilakukan secara langsung (wawancara) maupun secara online (menyebarkan kuisioner). Inti dari sebuah survey adalah perusahaan dapat mengambil informasi yang bermanfaat untuk kemjuan perusahaan. Dengan adanya sebuah survey menandakan bahwa perusahaan berusaha menjangkau para pelanggannya yaitu mendengarkan kebutuhan pelanggan, mengetahui tingkat kepuasan maupun ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan.

Secara umum, manfaat survey bagi pelanggan adalah dapat secara langsung menyampaikan kebutuhan, uneg-uneg, dan bisa menyampai saran terhadap perusahaan. Sedangkan manfaat survey bagi perusahaan adalah

Segmentasi

Dari hasil survey, akan diketahui segmen pasar yang dapat dilayani secara maksimal.

Penentuan target

Dengan menentukan target pasar, dapat bermanfaat dalam mengembangkan posisi produk dan dapat membidik peluang pasar lebih luas yang penting untuk memasaran produk baru.

Penempatan posisi

Survey dapat menghasilkan data sebenarnya yang memberikan informasi apakah produk/pelayanan perusahaan sebagai memimpin pasar atau pengikut pasar.

Fokus

Hasil survey dapat membantu perusahaan untuk fokus terhadap proses promosi produk dan menentukan sistem manajemen yang efisien untuk dilakukan.

Perlu diingat, untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan adalah tergantung pada pertanyaan dalam survey tersebut. Secara personal jika suatu saat kita sedang di survey oleh perusahaan lain tentunya dapat turut serta dengan senang hati dan kesadaran diri.

Baca juga:

Mengetahui Fungsi Survei Kepuasaan Pelanggan

Anda Yakin Sudah Mendengarkan Pelanggan?

4 Hal ini yang Pasti Diinginkan Pelanggan Anda

                              
Loading...

  • 8
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *