Technology

Profesor Avi Rubin: Semua Piranti Bisa Dibajak

 

Loading...

Avi Rubin adalah seorang Profesor Ilmu Komputer di Universitas Johns Hopkins sekaligus tokoh sekuriti terkemuka. Pada TEDx Conference, dia mengemukakan bahwa segala perangkat, termasuk yang tidak mungkin sekalipun seperti perangkat kedokteran, mobil, dsb, ternyata bisa dibajak.

Profesor Avi Rubin mengemukakan bahwa banyak sekali model pembajakan yang mungkin dilakukan di jaman ini. Contohnya mobil anda bisa disadap tanpa sepengetahuan anda. Dipasangi piranti untuk dapat dilacak melalui GPS dan mikrofon tersembunyi di kabin mobil anda untuk merekam setiap pembicaraan anda.

Atau seseorang bisa saja tanpa anda sadari merekam video anda menggunakan Smartphone ketika anda sedang sibuk bekerja di laptop. Rekaman tersebut kemudian digunakan untuk membaca kode sandi anda melalui pantulan di kacamata Anda.

Ada perangkat seharga $15 yang bisa melakukan jamming pada radio komunikasi polisi. Atau iPhone4 yang sekedar diletakkan di samping keyboard anda ternyata bisa mendeteksi karakter yang diketik di keyboard melalui getaran yang terdeteksi oleh Accelerometer. Padahal Accelerometer bukan merupakan device yang bisa bebas anda pasang pada iPhone.

Tapi untuk apa seorang hacker mau bersusah payah meretas data pribadi anda? Profesor Avi Rubin menegaskan bahwa laba/keuntungan adalah motivasi utamanya. Berikut rekaman lengkap dari seminar Conference TEDx dengan Profesor Avi Rubin sebagai pembicaranya:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *