Running A Business

Rahasia Kesuksesan Marketing Startup Teknologi di Indonesia

 

   

Beribu – ribu startup bermunculan setiap tahunnya di Indonesia. Mulai dari startup teknologi, startup bisnis online dan lain sebagainya. Sebagai sebuah startup mereka tentu membutuhkan strategi marketing dan sales yang cukup jitu. Karena mereka pemain baru di bidang bisnis terutama teknologi, mereka bukan hanya sekedar harus menguasai setidaknya ilmu IT, tapi juga ilmu marketing dan penjualan. Tentu saja agar produk mereka bisa dikenal luas dan laris di pasaran. Tapi lebih dari itu, sebenarnya tujuan dari startup sendiri adalah memberikan manfaat untuk orang banyak. Melalui produk mereka, mereka harus bisa memberikan solusi bagi masalah yang ada di masyarakat.

Tapi sebenarnya apa sih strategi marketing yang mereka gunakan ketika baru pertama kali membangun startup? Berikut ini diantaranya:

1. Shopious.com – Menjaring pasar dengan melihat kebiasaan masyarakat

shopious

Kalau kamu salah satu pemilik bisnis online, tentu udah gak asing lagi kan dengan Shopious.com. Yap, sebuah portal atau platform yang diciptakan oleh 2 orang cerdas ini memang diperuntukkan untuk semua pebisnis online. Aditya sang pemilik awalnya bekerja di Silicon Valley, Amerika. Baginya industri kreatif di Indonesia masih sangat mudah jika dibandingkan dengan di sana.

Kejeliaannya melihat peluang membuatnya sukses membangun Shopious sampai saat ini. Dia mulai mengamati bahwa masyarakat Indonesia yang menjalankan bisnis adalah mereka yang “mau bayar dan langsung jalan”. Kesempatan inilah yang membuatnya melihat dan mengambil peluang bisnis ini. Ia menggaet berbagai toko online yang ada di Instagram untuk masuk dan menjadi membership yang hanya diwajibkan membayar dengan harga murah setiap bulannya. Media promosi yang mudah dan murah, itulah yang ia berikan kepada masyarakat, terutama para pemilik toko online.

2. Jelasin.com – Tumbuh dan berkembang bersama komunitas

jelasin

Hampir 2 tahun sudah Taufshwara Diasriandaru mengelola dan mengembangkan stratup teknologi yang ia dirikan. Bernama Jelasin.com, startup ini memang difungsikan untuk “Menjelaskan Apapun itu” kepada masyarakat. Jelasin.com sendiri berfungsi untuk membantu para startup, UKM dan juga industri kreatif menjelaskan ide bisnis mereka dengan lebih mudah dan menarik kepada calon investor bahkan kepada konsumen mereka.

Mengaku tidak memiliki darah sebagai seorang entrepreneur, Mas Ufan sapaannya, memanfaatkan kemampuannya untuk berkumpul dan berkomunikasi dengan komunitas untuk promosi dan memasarkan produk di Jelasin.com. Baginya komunitaslah yang justru membantunya menemukan apa sebenarnya bisnis itu dan bisnis apa yang cocok untuk dirinya. Itu sebabnya ia rutin berkumpul dengan sesama entrepreneur lainnya dan juga mengikuti komunitas.

3. Studio Selamat Pagi – Sosial media menjadi kunci promosi

studioselamatpagi

Kalau kamu bingung mencari vendor untuk membantu urusan pernikahan kamu, mulai dari undangan sampai souvenir, coba saja kunjungi Studioselamatpagi.com. Awalnya Studio Selamat Pagi adalah sebuah startup yang bergerak di bidang pembuatan game mobile atau aplikasi game. Dengan latar belakang desain dan keterampilannya menciptakan produk unik lalu menjualnya. Akhirnya Imaniar menciptakan startup ini.

Dulunya aplikasi yang dihasilkan dipasarkan melalui Google Playstore dan dibagikan secara gratis. Dengan konsep lokal Indonesia, produknya laris di pasaran pencinta aplikasi game mobile. Dan saat ini ia mulai masuk ke industri kreatif yang berbeda, yaitu menjadi vendor dari kebutuhan akan acara sakral yaitu pernikahan. Dengan konsep ilustrasi yang unik dan no plagiarism. Kini ia aktif mempromosikan di media sosial dan juga website. Mulai dari Instagram, Line, BBM dan lain sebagainya.

4. Studentpreneur – Menjangkau pasar dari banyak media dan event

studentpreneur

Bagi kamu yang suka baca majalan pasti sudah akrab dengan majalan Sudentpreneur ini. Majalah bisnis yang memang dikhususkan untuk kawula muda alias para pelajar dan mahasiswa ini didirkan oleh Adhika Dwi Pramudita. Berawal dari cita – cita masa kecil, Adhika menciptakan Studentpreneur dengan target anak muda yang memang ingin berbisnis.

Mempromosikan sebuah majalah bisnis untuk anak muda memang tidaklah mudah. Ia harus meyakinkan investor bahwa anak muda pun banyak yang membutuhkan. Ini dilihat dari website Studentpreneur sendiri. Melihat peluang di media online, Adhika pun menjajal versi digital yang bisa langsung di download. Tanpa menghilangkan media cetak yang ia gunakan. Selain melalui media cetak dan digital, Studentpreneur juga aktif dengan mengadakan berbagai event.

5. Anterin-dong.com – Menggunakan banyak media untuk mendekatkan diri dengan konsumen

anterindong

Merupakan startup yang masih baru, Anterin-dong.com mampu menjadi solusi dari permasalah masyarakat di kota Surabaya. Didirikan oleh 3 orang anak muda, Anterin-dong.com memberikan fasilitas bagi para UKM untuk berpromosi dan mengirimkan barang ke tujuan mereka. Seperti halnya jasa ekspedisi Anterin-dong.com memberikan nuansa yang jelas berbeda.

Ananda Dwi Putri Puspita Lasim bersama kedua rekannya menciptakan sebuah solusi bagi UKM dengan sentuhan teknologi. Mulai dari website, sosial media, marketplace hingga kini aplikasi mobile pun akan dijajalnya juga. Strategi ini membuat Anterin-dong.com memiliki tempat spesial di hati masyarakat Surabaya. Dari awalnya yang disepelekan, kini Anterin-dong.com bisa diterima dan justru banyak dicari oleh masyarakat. Mudah diakses, murah dan cepat dalam proses.

Nah, begitulah contoh dari 5 startup yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memberikan solusi bagi masyarakat. Sekarang apakah kamu juga menjadi salah satu pemilik dari sebuah startup? Apa itu? Dan strategi apa yang kamu gunakan? Share di sini yuk :)


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *