Running A Business

Rahasia Menjalankan Kampanye Email di Musim Liburan

 

   

Weekend telah tiba bahkan sebentar lagi akan ada musim liburan panjang akhir tahun. Yang artinya ini membawa keuntungan tersendiri bagi para pelaku dunia bisnis, baik pedagang offline atau bahkan pedagang online.

Namun berbeda dengan pedagang offline yang akan meraup untung jika berjualan di berbagai tempat wisata, pedagang online harus ekstra keras dalam mempromosikan bisnis mereka di musim liburan ini. Bagi pedagang online, kompetisi yang sesungguhnya muncul ketika banyak bermunculan bisnis online baru di internet.

Tapi ini bukanlah halangan untuk Anda yang berjualan secara online. Anda bisa memanfaatkan banyak media online untuk menjalankan strategi marketing untuk bisnis Anda selama musim liburan. Termasuk menggunakan strategi email marketing.

Kenapa email? Bukankah email memiliki konversi yang sedikit dibanding media yang lain?

Email adalah salah satu aspek yang paling penting dari strategi marketing online bisnis Anda. Karena pada tahun 2014 saja, lebih dari 1 pesanan online dari 4 pesanan online yang dilakukan Black Friday didapatkan langsung dari email marketing. Ini membuktikan bahwa email masih menjadi saluran pemasaran yang paling efektif di Amerika pada tahun yang sama. Di Indonesia tidak jauh berbeda, sebab hampir semua orang yang memiliki akun sosial media pasti memiliki akun email. Dan ketika mereka ingin berbelanja online, tentu saja email menjadi komponen wajib yang harus dimiliki.

Sejak dulu hingga nanti, email marketing akan mengembangkan bisnis Anda lebih cepat daripada media pemasaran lainnya. Kami menggunakan dan merekomendasikan Getresponse untuk layanan email marketing Anda.

Tapi mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana caranya membuat email marketing yang bukan sekedar promosi tapi juga menarik dan membuat orang benar-benar ingin membeli?

1. Gunakan subjek yang menarik perhatian

Kenapa harus subjek? Sebab baris kalimat inilah yang pertama kali muncul di halaman inbox pelanggan kita. Kita bisa membuat baris subjek yang menarik. Di artikel berikut ini Anda akan tahu baris subjek seperti apa yang membuat pelanggan tertarik untuk membuka email Anda, bahkan mau membaca seluruh isi email Anda.

Ada 3 hal yang pastinya akan membuat orang langsung membuka email Anda hanya melalui subjek:

  • Ketakutan
  • Diskon
  • GRATIS

2. Pikirkan 1 tujuan

Ketika Anda membuat email marketing di musim liburan, pastikan Anda tahu apa yang menjadi tujuan besar Anda. Seperti membuat pelanggan mau membuka, membaca dan memesan barang Anda. Anda juga harus bisa memastikan bahwa mereka tidak akan menolak membaca isi email Anda. Sehingga Anda bisa menambahkan berbagai kata yang menghipnotis. Kata-kata sederhana yang mampu membuat pemaca membaca dan mengklik tombol CTA Anda untuk membeli produk Anda.

3. Keep it Simple

Hampir semua pebisnis ingin menarik perhatian pelanggan mereka dari berbagai sisi. Bukan hanya tulisan di dalam email, tapi juga desain email yang bisa dibuat semenarik mungkin. Tapi perlu kita ingat membuat desain yang meriah bukanlah kunci utama menarik perhatian pelanggan untuk mau membeli. Tetap sederhana dan Keep it Simple dalam membuat desain dan mengirimkan email ke pelanggan.

Selain itu Anda juga harus menaruh perhatian lebih pada email yang mobile friendly. Sebab hampir 53% dari email email yang kita kirimkan ke pelanggan dibuka melalui perangkat mobile mereka. Sehingga konten yang besar dan penuh dengan teks tidak akan membuat mereka nyaman untuk membaca.

4. Buatlah draft SEKARANG juga

Rahasia terakhir dari kesuksesan kampanye email marketing bisnis Anda adalah segeralah membuat draft email. Sebelum musim liburan tiba dan Anda sibuk mengurus hal lain untuk bisnis Anda, ada baiknya Anda membuat email marketing itu sekarang juga. Sehingga jika sudah tiba waktunya, Anda bisa mengedit dan mengirimkan email tersebut kepada pelanggan.

Nah, bagaimana menurut Anda? Saya yakin Anda sudah tidak sabar mencoba cara yang satu ini untuk melengkapi startegi marketing bisnis Anda di musi liburan nanti kan? Untuk itu segeralah Anda membuat draft email yang akan Anda kirimkan kepada pelanggan nantinya.

 

 

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *