Business Says

5 Hal Tentang Revolusi Industri 4.0

 

Revolusi Industri 4.0 – Secara sederhana Revolusi industri 4,0 adalah perubahan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat khususnya dalam dunia industri.

Revolusi 4.0 mengartikan perubahan industri telah terjadi sebanyak 4 kali. Perubahan yang pertama ditandai dengan penemuan mesin uap oleh James Watt. Mesin uap menggunakan bahan bakar kayu dan batu bara dinilai lebih baik dari mesin uap sebelumnya.

Revolusi industri 2.0 diawali dengan penemuan listrik oleh Thomas Alfa Edison yang menggantikan peran mesin uap. Perkembangan yang lebih maju lagi terjadi pada revolusi industri 3.0 dimana peran manusia mulai digantikan oleh komputer dan robot. 

Revolusi Industri 4.0 dimulai sejak tahun 2011 pada pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman. Pada masa ini, penggunaan komputer dan robot menjadi lebih baik lagi karena mengandalkan teknologi otomasi.

Revolusi Industri 4.0
Revolusi industri 4.0 tidak lagi menggunakan tenaga manusia melainkan robot
Sumber Gambar : Freepik / @Vanitjan

Berikut adalah 5 hal tentang Revolusi Industri 4.0 yang perlu anda ketahui :

1. Sekitar 400 juta orang harus mencari pekerjaan baru

Dalam laporan bertajuk Jobs Lost, Jobs Gained: Workforce Transitions in a Time of Automation pada tahun 2017, McKinsey memprediksi di tahun 2030 akan ada 400 juta hingga 800 juta orang yang kehilangan pekerjaan karena pengaruh otomasi.

Sesungguhnya kehilangan pekerjaan tersebut dipicu karena kemampuan manusia yang sudah tidak begitu sesuai dengan kebutuhan yang ada. Pekerjaan yang membutuhkan tatap muka secara langsung rentan terhadap perubahan ini

2. Revolusi industri 4.0 mendatangkan peluang pekerjaan baru

Berbagai bidang pekerjaan mungkin akan lebih banyak digantikan oleh robot, namun kehadiran teknologi otomasi juga menciptakan bentuk lapangan pekerjaan yang lebih baru. Pekerjaan-pekerjaan tersebut dibutuhkan untuk mengendalikan teknologi yang dimaksud. 

Diperkirakan bentuk pekerjaan yang lebih banyak dibutuhkan pada masa sekarang seperti mengembangakan web dan aplikasi, social media spesialist, SEO spesialist, pemasaran digital dan pembuat konten baik video atau pun tulisan.

3. Teknologi otomasi menjadi kunci bagi pebisnis

Kehadiran teknologi otomasi ternyata berdampak signifikan pada dunia bisnis, khususnya pemilik bisnis. Teknologi otomasi menjadi kekuatan baru yang membuat suatu bisnis menjadi lebih unggul dibanding kompetitornya.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan teknologi otomasi untuk menunjang bisnisnya. Contohnya penggunaan teknologi artificial intelligence dalam bentuk chatbot.

Chatbot digunakan perusahan untuk menjawab pesan atau keluhan pelanggan secara otomatis. Hadirnya teknologi chatbot ini dinilai lebih murah daripada harus merekrut tenaga customer service.

4. Robot-robot mulai mengalahkan kemampuan manusia

Dalam berbagai permainan yang membutuhkan keterampilan kognitif tingkat tinggi, robot ternyata mampu mengungguli kemampuan manusia. Komputer seringkali mengalahkan manusia dalam beberapa permaian seperti Starcraft.

Kekalahan paling fenomenal yang terekam dalam sejarah adalah komputer Deep Blue yang mampu mengalahkan juara dunia catur Garry Kasparov di tahun 1997.

5. Revolusi industri 4.0 berpengaruh pada kehidupan manusia secara umum

Selain dunia pekerjaan, perubahan industri ini juga berpengaruh pada kehidupan manusia secara umum. Pengaruh yang paling bisa dirasakan ada dalam hal komunikasi dan informasi. 

Saat ini, orang dengan mudah berbagai informasi hanya dalam hitungan detik saja. Cara berkomunikasi juga berkambang dari hanya sekedar pesan singkat dan melalui suara, sekarang orang-orang dapat saling berhadapan melalui telepon video. 

Bidang kesehatan juga mulai terpengaruh. Sebagian konsulatasi dokter tidak lagi dilakukan dengan bertatap muka secara langsung. Dengan menggunaan aplikasi pada telepon genggam saja seseorang dapat memperoleh resep obat dari dokter terpercaya. 

Permasalahan administrasi yang biasanya merepotkan juga dapat diselesaikan dengan kemajuan industri ini. Orang-orang tidak perlu lagi mengantri untuk mengisi formulir apabila ingin mengurus sesuatu. 

Sesungguhnya masih banyak pengaruh lainnya dalam kehidupan manusia jika ingin dibahas lebih jauh. 

Itulah 5 hal tentang revolusi industri yang perlu anda ketahui agar bisa segera menyesuaikan dengen perubahan yang sangat cepat ini. 

Baca juga artikel menarik lainnya:

5 Langkah Membangun Tim Medsos Papan Atas untuk Bisnis Anda

5 Tips Kebersihan Makanan Saat Pandemi untuk Pebisnis Kuliner

Coffee Shop Peluang Usaha Saat Pandemi Menurut Camelia Farhana

Seputar Paid Promote yang Pebisnis Online Wajib Tahu

7 Tips Tetap Produktif di Kantor Biar Makin Bahagi


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *