Interviews

Saran Terbaik untuk Enterpreneur dari Konsultan Manajemen William Wiguna, Founder Care Plus Indonesia

 
  • 1
    Share

   

William Wiguna adalah founder careplusindonesia.com. Sebagai konsultan manajemen profesional dengan lebih dari 25.000 klien, beliau punya banyak sekali pengalaman yang bisa dibagikan seputar manajemen perilaku (Behavioral Styles program). Maka di sebuah kesempatan, William berbagi cerita perjalanannya membangun careplusindonesia.com kepada tim Mebiso. Seperti apa?

Halo pak William, bisa diceritakan mengenai latar belakang pendidikan Anda?

Saya Sarjana Teknologi Pangan dan Gizi, IPB angkatan 1985.

Peristiwa apa yang mengawali karir anda untuk masuk ke dunia enterpreneur?

Adanya kebutuhan penawaran kerjasama untuk membawakan bahan kepemimpinan non-teknis oleh Perusahaan.

Pengorbanan terbesar untuk menjadi enterpreneur?

Kesalahpahaman yang seringkali terjadi pada pimpinan perusahaan. Yaitu ketika berpindah kwadran dari profesional menjadi pengusaha.

Ceritakan tentang Care Plus Indonesia. Dari mana ide awal pendiriannya?

Care Plus Indonesia adalah sebuah Bisnis Jasa yang memberikan garansi dalam pelatihan SDM dan masalah daya ingat peserta. Ide awal pendiriannya diawali dari pemecahan masalah yang muncul dalam pengembangan SDM, yakni ketika banyak terjadi pengulangan bahan sehingga membosankan, unsur subyektifitas yang tinggi antara atasan-bawahan dan kompatibilitas pelatihan yang kurang aplikatif.

Sentuhan yang membuat Care Plus Indonesia berbeda?

Program pelatihan Care Plus Indonesia memberikan empat garansi. Yaitu: Retensi (daya ingat) program yang tinggi, tidak perlu Repetition oleh atasan (sehingga tidak membosankan), Subyektifitas dan Obyektifitas berimbang karena terukur dan Kompatibilitas yang aplikatif. Setiap layanan kami juga ditambah Garansi Uang Kembali atau Gratis Konseling Seumur Hidup Pertama di Indonesia.

Pengalaman paling berkesan selama menjalankan Care Plus Indonesia?

Sampai saat ini kami mengumpulkan ribuan Feedback dari peserta yang menyatakan bahwa bahan kami memenuhi Indikator yang disampaikan, sehingga hingga kini pun sama sekali belum ada yang meminta uang dikembalikan. Apalagi ketika pelatihan kami telah diakui oleh 80 Pakar/Pebisnis/Pelajar/dsb yang kemudian kami bukukan dengan judul Life Time.

Prestasi terbaik yang pernah Anda raih?

Care Plus Indonesia saat ini merupakan salah satu dari organisasi lokal yang terbesar di Indonesia, terutama yang fokus pada program Manajemen Perilaku. Saat ini kami telah melayani hingga 25.000 klien dengan lebih dari 100 grup / perusahaan di Indonesia, menjangkau kota-kita besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Jogjakarta.

Bagaimana anda menilai market sekarang. Apa yang dilakukan Care Plus Indonesia untuk memenuhinya? 

Segmen pelatihan yang dikembangkan oleh Care Plus Indonesia sangat spesifik, yaitu mengembangkan sisi non teknis dari sisi teknis yang telah dikuasai seorang SDM. Kami menggunakan 2 kelompok bahan sbb: Metode BKPI/API (Behavioral Key Performance Indicator/Attitude Performance Indicator) bagi perusahaan atau organisasi sosial dan Metode BMCHK (Bakat – Minat – Cita-cita – Hobi – Karir / Karakter) bagi individu profesional, pelajar atau rumah tangga. Saat ini program kami masih berkembang, dimana pasar bereaksi positif akan kebutuhan pelatihan 4 tahap: Mengenal, Mengatur, Merencanakan dan Menciptakan SDM berkualitas 2-4 kali lipat efisiensi dan efektivitas. Selama SDM masih salah “mengukur” gaji dengan harga-harga yang terus naik, maka disinilah peran program BKPI. Demikian pula apabila selama lulusan kuliah masih “nyasar” bekerja maka disinilah peran program BMCHK.

Rencana ke depan untuk mengembangkan bisnis?

Rencana ke depan, kami membutuhkan Partner-partner lebih banyak lagi karena kami telah memiliki Metode yang Proven melalui ratusan rekomendasi/testimoni. Tentu saja, kami masih terus berbenah sembari menjangkau lebih banyak lagi organisasi bisnis, sosial dan keluarga di Indonesia.

Sebagai seorang motivator, siapa yang jadi motivator Anda. Apa Quote yang paling berkesan hingga sekarang terus anda genggam? 

Tokoh motivasi secara individual adalah kedua orang tua dan isteri serta anak-anak sendiri. Quote yang paing berkesan bagi saya adalah: “you are what your strongest attitude (character)”

Sebagai konsultan, apa saran terbaik yang dapat anda berikan kepada para enterpreneur di Indonesia?

Ketika siapapun mulai berhitung (mengukur) investasi berbisnis, bersosial atau berkeluarga, maka SDM lah yang harus diprioritaskan. Anda harus tahu bagaimana mengelola mereka menjadi teman kerja seumur hidup. Termasuk saat perusahaan bermasalah, Anda tentu ingin agar mereka bisa Unjuk Prestasi, bukan Unjuk Rasa bukan? :-)

Super sekali, terimakasih Pak William Wiguna telah bersedia berbagi bersama Mebiso. Sukses selalu untuk Care Plus Indonesia :-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun!

Mebiso

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

           
  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *