Business Says Inspirasi

Sepatu Piero, Sepatu Merk Lokal yang Fenomenal

 

Loading...

Sepatu Piero – Banyak orang yang sering salah paham dengan merk sepatu yang satu ini. Mereka mengira, Piero ini merupakan merk sepatu yang berasal dari luar negeri. Kualitasnya oke, model sepatunya pun keren-keren. Ternyata, sepatu Piero adalah 100% produk asli Indonesia, lho. Simak kisah lika-liku berdirinya Piero berikut ini.

Sepatu Piero, sneakers lokal yang sering dikira internasional

Para pecinta sepatu khususnya sneakers mungkin tak asing lagi dengan Piero. Namanya terdengar unik dan rasanya seperti diambil dari bahasa Italia. Sehingga wajar jika banyak yang mengira bahwa Piero adalah produk keluaran luar negeri. Padahal, Piero ini adalah hasil karya lokal.

Piero terkenal akan desainnya yang bersiluet khas dan unik, karakter yang sangat cocok untuk muda-mudi. Kualitasnya pun tak kalah dengan berbagai merk sneakers luar negeri. Koleksi sneakers Piero beragam, mulai dari sneakers untuk pria hingga sneakers untuk wanita. Selain itu, Piero juga menyediakan koleksi sepatu khusus untuk anak-anak.

Bukan dari bahasa Italia, ternyata ini makna dari nama Piero

Brand sepatu yang satu ini memiliki nama yang catchy dan mudah diingat. Piero ini sepintas mengingatkan kita kepada pemain sepak bola handal asal Italia, Alessandro del Piero. Walau terdengar sangat mirip, ternyata Piero bukan berasal dari bahasa Italia, lho.

Usut punya usut, nama Piero ini tercetuskan dari kata dalam bahasa Jawa, tepatnya kata “urip”. Kata urip sendiri memiliki arti hidup. Jika kata urip ditulis dengan ejaan lama menjadi oerip. Setelah dibolak-balik, didapatkanlah kata Piero.

Urip merupakan filosofi yang dipegang teguh oleh pendiri Piero. Djimanto, pendiri Piero ingin sekali dapat terus menghidupi karyawannya. Pokoknya, sing penting urip (oerip).

Bertahan dari krisis dengan semangat “Urip”

Tahukah Anda bahwa Piero telah berdiri sejak 1999, alias hampir 21 tahun lamanya! Tentunya hal ini cukup fantastis, tak banyak bisnis yang dapat bertahan dalam kurun waktu selama ini. Ditambah lagi persaingan dunia sepatu terhitung ketat. Piero harus bersaing dengan berbagai merk lokal juga internasional.

Siapa sangka, Piero lahir dari puing-puing krisis moneter tahun 1998. Kala itu, Djimanto yang menjabat sebagai Ketua Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) membeli perusahaan sepatu Star Moon.

Imbas krisis moneter 1998 menjadikan banyak perusahaan yang bangkrut dan menjadi sitaan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Perusahaan sepatu Star Moon pun termasuk salah satu perusahaan yang terancam disita BPPN.

Setelah berhasil memboyong perusahaan Star Moon, Djimanto pun harus putar otak agar nasib 3.000 karyawan perusahan tidak terombang-ambing. Dalam suatu rapat direksi, beliau menekankan “Sing penting urip (yang penting hidup).” Perusahaan harus bisa bertahan, agar bisa menghidupi seluruh karyawan.

Oleh karenanya, kata “urip” benar-benar memiliki makna yang kuat bagi perusahaan Piero. “Urip” adalah harapan yang disematkan ke dalam nama, agar Piero bisa tetap “urip” hingga saat ini.

Semakin eksis setelah hampir 21 tahun berdiri

“Nama adalah doa” adalah ungkapan yang benar terjadi bagi Piero. Hingga kini, Piero masih “urip” dan semakin berkembang. Piero menjadi salah satu sneakers lokal yang kerap diburu oleh para pecinta sneakers.

Tak hanya memiliki koleksi sneakers yang beragam untuk berbagai kalangan. Piero juga memproduksi berbagai aksesoris, yakni sandal, kaos kaki, hingga tas.

November 2019 silam merupakan peringatan ulang tahun Piero yang ke-20. Bertepatan dengan momen spesial tersebut, Piero bernostalgia dengan meluncurkan kembali edisi sepatu berdesain ikonik dari masa ke masa. Edisi-edisi yang diluncurkan kembali adalah Orlando, Shooter, Suedo, Jogger, dan Legion Z1.

Masing-masing edisi diproduksi terbatas, hanya 100 pasang saja. Hal yang tak kalah menarik, kata Oerip dan XX diimbuhkan pada tiap sepatu untuk menandai peringatan dua dasawarsa Piero. Memang, semangat urip adalah semangat yang sangat luar biasa. Semoga kita semua bisa meneladani semangat urip, berusaha melewati berbagai kondisi untuk tetap bertahan.

Simak berbagai artikel menarik seputar bisnis dan berbagai topik terkait hanya di Mebiso, media belajar bisnis nomer satu. Selamat menambah wawasan, salam sukses!

Photo: Dokumen Piero (Twitter @pieroindonesia)

Baca artikel-artikel menarik lainnya di:

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *