Interviews

Strategi Digital Marketing Sederhana yang Mampu Membawa Dadan Darmawan Sukses Bersama Kucari.com

 

   

Kucari.com adalah sebuah e-commerce yang menjual berbagai macam alat perkakas dan industri yang dikembangkan oleh Dadan Darmawan(31). Pernah menjadi seorang mahasiswa Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta menjadi salah satu modal awal ia terjun ke dunia enterpreneur ini. Meskipun tidak menyelesaikan kuliahnya hingga mendapatkan gelar sarjana, itu tidak membuatnya mundur untuk terus berjuang menjadi seorang enterpreneur yang sukses dengan e-commerce Kucari.com saat ini. Beberapa waktu yang lalu, tim Mebiso berhasil mewawancarai owner dari Kucari.com. Bagaimana kisah suksesnya? Ini dia liputannya:

2

Halo Bapak Dadan, apasih Pak Kucari.com itu? Dan bagaimana latar belakang berdirinya?

Kucari.com merupakan sebuah E-Commerce yang menjual berbagai macam alat perkakas dan industri. Latar belakang saya mendirikan usaha ini yaitu saat saya berfikir pada waktu itu dan sekarang E-commerce terus mengalami perkembangan yang sangat cepat, saya berpikir Ecommerce bisa meningkatkan ekonomi indonesia dan mengurangi angka pengangguran. Itu yang melatar belakangi saya dalam memulai berbisnis dan mendirikan E-commerce ini.

Tahun 2008, saya mendapatkan order yang lumayan cukup besar nilainya, sampai ratusan juta, dan mendapat komisi yang lumayan besar. Margin itu menjadi modal awal bisnis ini. Dengan modal itu saya buat www.indogeotech.com dengan menggunakan CMS Joomla dan mendirikan CV. Indogeotech. Saat itu tim kami hanya bertiga yaitu saya sendiri, 1 orang di bagian sales, dan 1 orang dibagian kurir untuk pengiriman Jakarta. Untuk keluar kota kita bekerjasama dengan Tiki. Saya yang mengurusi teknologi dan bisnisnya. Saat ini perusahaan telah saya upgrade menjadi PT. Indogeotech Darma Solusi. Sekarang total tim Kucari sekitar 18 orang.

Lalu bagaimana awal Anda saat masuk menjadi seorang enterpreneur?

Tahun 2007 saat saya masih kuliah semester 7 jurusan Teknik Informatika di salah satu perguruan swasta di Jakarta. Seorang teman, memperkenalkan saya dengan salah satu bos perusahaan GPS merek terkenal di Indonesia. Saya diminta membuatkan website untuk company profile perusahaan tersebut.

Setelah website jadi, saya minta biaya pembuatan website ditukar dengan GPS, waktu itu terbesit di pikiran saya, saya akan coba pasarkan melalui online. Saya diberi 2 buah GPS yang waktu itu harga perbuahnya 2 juta rupiah. Akhirnya, malam sepulangnya dari pertemuan dengan bos GPS itu, saya masukan listing iklan di beberapa situs iklan gratis, marketplace, maupun forum-forum.

Besok paginya, setelah saya pasang iklan semalaman, ada telepon masuk ke HP saya. Ternyata penelpon melihat iklan yang saya pasang di internet. Dia menanyakan harga dari GPS yang saya pasangkan iklanya. Telepon itu ternyata dari daerah Samarinda Kalimantan. Akhirnya kami deal dan uang di transfer ke rekening saya, lalu saya kirimkan barang tersebut melalui Tiki. Semenjak kejadian itu saya berpikir mungkin disinilah masa depan saya. Membangun bisnis ini bukan tidak tanpa pengorbanan, menurut saya pengorbanan yang sudah saya lakukan adalah waktu dan keluarga. Namun itu terbayarkan dengan adanya saya dan Kucari.com sekarang ini.

Lalu bagaimana Anda memasarkan produk Anda ini?

Dari awal sampai sekarang startup Kucari didanai dengan bootstrap (dana sendiri). Kami hanya invest di koneksi internet dan telp/fax. Strategi digital marketing seperti SEM/SEO, Listing Ads, Marketplace, dan Forum terus kami lakukan serta dengan mengirimkan penawaran harga melalui Fax ke perusahaan yang kami dapatkan melalui direktori atau search engine.

Kita terus memperluasan kategori produk dengan mendatangi penjual-penjual di Glodok dan Kemayoran, setiap hari saya berada disana untuk mencari penjual/supplier yang ingin memasarkan produknya melalui internet. Saat itu selisih margin yang diberikan oleh supplier lumayan cukup besar, namun dengan bertumbahnya pasar dan persaingan di masa sekarang terus mengecilkan margin dan lebih berkompetisi di layanan, seperti gratis pengiriman untuk wilayah Jakarta, bonus aksesoris perlengkapan produk, dan pembayaran di tempat (CoD).

Bisa diceritakan, produk apa saja yang paling populer atau sering dipesan oleh pelanggan Kucari?

Kami memiliki cukup banyak kategori produk. Produk yang cepat penjualanya diantaranya adalah GPS, Peralatan Survey, Alat Uji/Ukur, Radio & Satelite Communication, Marine/Kelautan, dan Tools & Hardware (perkakas). Saat ini kami sudah melisting sekitar 5,000 item produk.

Kami juga memberikan kecepatan dalam pengiriman barang. Kami mempunyai tim kurir sendiri untuk pengiriman walayah Jakarta, untuk ke luar kota kami bekerjasama dengan JNE dengan menggunakan paket tercepat, kami invest untuk biaya mengiriman, untuk wilayah Jakarta pengantaran bisa di hari itu juga, pesan pagi terima sore, bisa dilihat testimonial pelanggan kami di : http://kucari.com/testimonial. Ini yang membedakan Kucari.com dengan toko online lain yang sejenis dengan kami.

Prestasi dan pengalaman paling berkesan apa yang sudah pernah diraih oleh bisnis Anda ini?

Jika bicara prestasi, bagi saya adalah saat Kucari bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah dan perusahaan besar swasta, bisa dilihat beberapa pelanggan kami di : http://kucari.com/page/about-us saat ini kami mempunyai sekitar 5,000 pelanggan lebih.

Dan untuk pengalaman yang paling berkesan yaitu manajemen tim karena setelah sekitar 5 tahun berbisnis yang paling menantang itu masalah SDM, tentu pelanggan juga kami memprioritaskan dengan pelayanan dan pengiriman yang maksimal.

Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang ada saat ini?

Market yang sekarang masih dikuasai oleh pemain besar yaitu Kawan Lama Group dan Ace Hardware, kami ingin mengimbangin mereka dengan pemasaran melalui online (ecommerce).

Dalam menjalani sebuah bisnis tentu akan ada tantangan dan kendala yang harus dihadapi. Menurut Anda tantangan dan kendala yang pernah anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Kendala awal dalam membangun toko online yaitu masalah kepercayaan, operasional (pengiriman dan pembayaran), serta knowledge produk. Produk kami yang sangat khusus dibidang industri sehingga dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa menjual produk-produk tersebut. Dari situ kami lebih banyak meng-hire bagian produk support yang merangkap sebagai penjualan, kami menyebutnya Sales Support.

Nah, kalau begitu apa rencana Anda kedepannya untuk membesarkan Kucari ini?

Sekarang kami dalam tahap mencari investari ke beberapa venture capital indonesia maupun asing, sudah ada beberapa pembicaraan dengan VC  tersebut, mudah-mudahan dalam waktu dekat kami akan mendapatkan investasi yang akan kami gunakan untuk pengembangan bisnis kedepan.

Sebagai seorang pengusaha, tentu ada sosok idola yang menjadi motivator bagi Anda dalam menjalankan bisnis ini, lalu siapa dia?

Saya sangat mengidolakan Steve Job. Ada quote yang membuat saya semakin terpacu untuk sukses mengembangkan bisnis ini, yaitu “Innovation distinguishes between a leader and a follower”.

Nah, yang terakhir nih Pak. Saran terbaik apa yang dapat bapak share untuk para pembaca Mebiso dan enterpreneur di luar sana?

Pertama, jangan terlalu memikirkan masalah passion, karena jika bisnis yang digarap bertumbuh dan menghasilkan itu akan memaksa kita menyukai bisnis tersebut dan lama kelamaan akan menjadi passion. Yang perlu dilakukan pertama kali adalah riset mengenai produk apa yang belum begitu banyak pemain besar di dalamnya (niche), lalu bawa ke online dengan membuat sebuah toko online, dan yang lebih penting lagi pahami knowledge produknya, target pasar sasaran (pengguna), serta strategi marketing yang tidak mengeluarkan biaya yang besar (low budget high impact).

Wah, terimakasih banyak Pak sudah mau berbagi cerita dan pengalaman membesarkan Kucari.com bersama kami. Semoga Kucari semakin dan selalu sukses :)

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *