Business Says Running A Business

Bagaimana Strategi Meningkatkan Omzet di Tahun Pertama?

 

Strategi omzet tahun pertama – Bagi pebisnis pemula, tak hanya aktivitas berjualan saja yang bisa membuat bingung, tapi mengatur strategi dalam meningkatkan ataupun mempertahankan omzet di tahun pertama berbisnis juga tak kalah membingungkan.

Pasalnya, tak sedikit bisnis yang harus tutup dikarenakan oleh faktor-faktor ketidakmampuan pengusaha dalam mengembangkan usahanya. Terlebih menerapkan strategi terkait omzet penjualan.

Lantas, bagaimana strategi yang harus diterapkan terutama oleh pebisnis pemula di tahun pertama? Simak ulasannya berikut ini!

Jadikan harga jual tinggi sebanding dengan kualitas sebagai strategi omzet di tahun pertama

Terkait strategi pertama ini, Anda tak perlu ragu untuk menjual produk dagangan dengan harga yang tinggi. Pasalnya, sejatinya sebagian besar konsumen tidak akan mempermasalahkan harga produk yang lebih mahal, selama produknya memiliki kualitas baik dan tahan lama. Konsumen pun tidak akan protes mengenai penentuan harga terkait.

Meski begitu, Anda pun juga tak bisa sembarang memasang harga mahal di semua produk. Apalagi jika tidak diimbangi dengan kualitas dan nilai fungsinya. Pastikan kualitasnya memang sebanding dengan harga. Selain itu, perhatikan juga nilai kreativitas atau keunikan produk yang dapat membuat pelanggan semakin tertarik.

Sangat dibutuhkan dalam menjalankan usaha agar dapat memenangkan kompetisi pasar. Berpikir kreatif dengan bersedia menampung ide-ide baru, serta terus meningkatkan kualitas produk akan dapat mengembangkan usaha Anda.

Jangan ragu beri promosi menarik

Nyatanya, promosi juga merupakan bagian dari strategi penjualan yang perlu diperhatikan oleh seorang pebisnis. Pasalnya, tujuan utama promosi adalah unuk menginformasikan, memengaruhi, serta menginggatkan konsumen tentang toko/produk yang kita jual.

Anda bisa memanfaatkan beberapa alat promosi seperti berupa brosur, poster, selebaran, ataupun iklan di berbagai media. Selain itu, tak lupa juga Anda menyertakan penawaran menarik dalam promosi penjualan tersebut yang bisa mencamtunkan diskon, coba gratis, atau bonus.

Dengan adanya penawaran menarik tersebut, maka hal ini semakin meningkatkan peluang besar bagi Anda untuk menarik daya minat beli konsumen. Sehingga, omzet penjualan pun bisa ikut meningkat.

Feedback pelanggan juga patut dijadikan strategi meningkatkan omzet di tahun pertama

Beri feedback pada pelanggan sebagai strategi meningkatkan omzet
Sumber: Bongkarn Thanyakij di Pexels

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda tidak cukup hanya fokus pada penjualannya saja. Namun, ada hal penting lainnya yang yang juga perlu diperhatikan yaitu memberi pelayanan kepada pelanggan.

Sebab, pelayanan yang baik akan membuat konsumen Anda akan terus kembali menggunakan produk Anda. Bagian ini tidak hanya menerima keluhan pelanggan dan memberikan solusi semata, tapi Anda juga harus bisa mengedukasi konsumen dengan baik.

Anda juga dapat mengajak pelanggan untuk memberikan testimoni seputar produk yang telah dibeli. Dengan begitu, hal ini dapat berpengaruh pada pelanggan baru lainya supaya semakin tertarik untuk membeli produk yang Anda jual.

Konsisten dan rutin evaluasi

Jika dari strategi-strategi yang Anda terapkan sebelumnya sudah memberikan hasil yang memuaskan, pastikan Anda tetap konsisten dalam melakukannya. Sebab, saat Anda melakukan suatu strategi dalam berbisnis secara konsisten, maka konsistensi tersebut akan mengarahkan Anda pada kesuksesan di masa datang.

Di sisi lain, Anda juga perlu melakukan evaluasi dan riset secara berjangka untuk mencari tahu kembali strategi lain yang dapat diterapkan selanjutnya. Hal ini bertujuan agar strategi yang Anda terapkan selalu relevan dengan perkembangan masyarakat saat ini.

Menjalani bisnis di tahun pertama memanglah gampang-gampang susah. Namun, selama Anda tekun dan mau terus belajar, maka proses ini akan dapat Anda lalui dengan lancar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan omzet dagang. (unsplash)

Baca juga:


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *