Inspirasi Produktivitas

Supaya Belajar Tetap Maksimal, Ini Tips Kuliah Online Efektif

 

Kuliah Online Efektif – Buat kamu yang baru mendapatkan predikat sebagai anak kuliahan, sepertinya sistem pembelajaran secara online memang harus kamu lalui di tengah pandemi seperti saat ini.

Memang, rasanya menjadi mahasiswa yang nggak melakukan tatap muka secara langsung dengan dosen dan teman-teman sekelas di kampus sedikit mengurangi semangat kamu untuk belajar.

Hal-hal umum yang paling dirasakan saat kuliah online adalah tentunya rasa kesepian dan bosan. Intensitas bertemu dengan orang lain tentunya sangat terbatas, sehingga secara langsung, kamu hanya belajar seorang diri saja.

Belum lagi jika koneksi internet nggak stabil atau perangkat pintar yang kamu punya mengalami permasalahan. Wah, tentunya pembelajaran kamu jadi terganggu, tuh!

Nggak hanya itu, tugas dari para dosen pun juga semakin menumpuk dengan deadline pengumpulan tugas yang cenderung mepet (singkat). Belum lagi ada tugas yang sifatnya berkelompok atau individu, udah nggak kebayang tingkat stress-nya seperti apa.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Faktanya, nggak kamu aja kok yang merasakan problematika menjadi mahasiswa di kala pandemi seperti saat ini.

Banyak mahasiswa merasakan hal yang sama terkait pembelajaran online yang mau nggak mau harus dilakukan, meskipun pada kenyataannya mampu menjadikan seseorang rentan burnout.

Supaya belajar tetap maksimal, ini nih cara kuliah online efektif yang bisa kamu terapkan. Meskipun belajar secara online bukan menjadi alasan atau penghambat kamu untuk mempelajari mata kuliah, ya. Yuk, terapkan cara-cara di bawah ini!

1. Lokasi Belajar yang Tenang Membantu Kuliah Online Efektif

kuliah online efektif
Photo by Max Fischer from Pexels

Rumah menjadi salah satu tempat ternyaman yang bisa kamu pilih ketika sedang kuliah online.

Namun, untuk kamu yang mempunyai banyak keluarga atau banyak saudara yang tinggal dalam satu rumah dengan kamu, tentunya suara bising dan kehadiran mereka bisa memecah konsentrasi kamu saat belajar.

Supaya lebih maksimal, pilih satu tempat yang jauh dari hiruk pikuk. Kalau misalkan tempat tersebut masih membuat kamu nggak nyaman dan sulit fokus, kamu bisa meminta kepada salah satu keluarga, entah ibu, ayah, atau adik untuk memberikan waktu beberapa saat supaya nggak memasuki area tempat kamu belajar saat di rumah.

2. Self Reward

Saat belajar, tentunya kamu akan merasa lelah, baik dari segi fisik maupun pikiran. Supaya kamu nggak penat setelah kuliah online, bisa banget nih memberikan self reward dengan hal-hal yang kamu suka supaya mood kembali membaik.

Misalnya, mengkonsumsi minuman atau makanan favorit, mendengarkan lagu atau bermain game beberapa saat juga bisa menjadi pilihan, lho!

3. Olahraga Ringan

Kuliah online tentunya menjadikan kamu lebih banyak duduk dan minim bergerak. Selain membuat tubuh lebih cepat lelah dan pegal, hal tersebut tentunya akan sedikit mengganggu kamu dalam proses pembelajaran kuliah.

Kamu bisa mengambil beberapa waktu di sela-sela kesibukan kuliah untuk meregangkan tubuh atau sekedar berlari-lari kecil di tempat. Nggak perlu melakukan olahraga berat, yang terpenting kamu memberikan kesempatan tubuh untuk bergerak.

4. Mau Kuliah Online Efektif? Jangan Menunda Tugas!

kuliah online efektif
Photo by Artem Podrez from Pexels

Hayo, siapa di antara kamu yang senang banget nih menunda suatu pekerjaan? Yuk ubah kebiasaan menunda dan mulai mengerjakan tugas-tugas kuliah sedikit demi sedikit.

Sebenarnya, rasa malas itu wajar banget, kok. Apalagi kamu kuliah online di rumah, suasana yang nyaman menjadikan kamu lebih memilih untuk bersantai dan mengesampingkan tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan. Udah tahu dong ya, semakin kamu menunda, tugas kuliah kamu bukannya selesai malah semakin menumpuk?

Itu dia 4 tips mudah supaya belajar online tetap efektif. Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi masih banyak banget nih mahasiswa yang menyepelekan hal-hal ini.

Namun, proses perkuliahan akan semakin maksimal jika pihak universitas mempermudah proses pembelajaran online dengan menyediakan platform khusus yang bisa diakses oleh dosen dan mahasiswa.

Misalnya saja saat mengerjakan kuis, UTS, dan UAS, akan lebih efektif jika dikerjakan melalui website universitas resmi yang telah disediakan. Selain nggak perlu repot dan menghabiskan waktu untuk mengakses berbagai macam platform online, lebih baik mengandalkan satu website saja, bukan?

Nah, untuk menunjang hal tersebut, Jagoan Hosting memberikan layanan VPS X yang cocok banget dalam proses pembelajaran online. Sebagai rekomendasi VPS terbaik, VPS X menyediakan ragam fitur, salah satunya adalah server ujian online dan sistem akademik mulai dari Rp80.000-an aja.

Supaya kamu lebih tahu informasi lebih detail mengenai layanan VPS X dari Jagoan Hosting, yuk cek di sini dan pesan sekarang juga!


Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *