Running A Business

Tantangan Bagi UKM Dalam Mengelola SDM

 

   

Mengelola sumber daya manusia mungkin menjadi sesuatu yang menantang bagi UKM. Keterbatasan person membuat pemilik UKM juga dituntut menguasai pengelolaan sumber daya manusia di perusahaannya bahkan tak sedikit pula yang akhirnya berpartner dengan pihak lain untuk urusan SDM nya. Lalu apa saja ya tantangan yang sering dihadapi oleh UKM dalam mengelola SDM nya, mari kita simak beberapa poin berikut :

Kepatuhan dengan hukum

Semakin berkembanganya sebuah usaha, semakin diperlukan aturan2 yang mengatur pelaksanaan oprasional di perusahaan anda, wujudnya adalah peraturan perusahaan.Sesuai dengan undang2 bahwasannya usaha yang sudah memiliki karyawan lebih dari 10 orang wajib untuk membuat sebuah peraturan perusahaan. Peraturan perusahaan ini nantinya juga harus kita daftarkan di Dinas Tenaga Kerja setempat. Dan yang perlu anda ketahui, dalam butir2 peraturan perusahaan harus sejalan dengan peraturan yang telah diatur oleh undang2. Ada banyak hal baru yang akhirnya harus di tetapkan oleh perusahaan dan mengacu pada peraturan perundangan2an diantaranya hak istirahat karyawan, hak atas jaminan kesehatan, hak atas lembur karyawan dan lain-lain. Proses menghasilkan penetapan ini bisa jadi menguras cukup banyak waktu pemilik UKM, ini menjadi tantangan tersendiri bagi anda untuk spare waktu khusus disini.

Membina hubungan dengan karyawan

Karyawan adalah salah satu aset dari perusahaan. Perlu pemeliharaan pula agar karyawan tetap produktif dalam bekerja. Anda sebagai pemilik ditantang untuk lebih memperhatikan kinerja karyawan selain dari faktor tugas tapi juga faktor kondisi pribadinya. Bisa memposisikan menjadi atasan namun juga bisa menjadi teman, ini adalah salah satu tantangannya. Tetap bersikap netral juga menjadi tantangan pada kondisi demikian. Anda bisa lebih mengasah lagi rasa empati anda agar lebih tercipta suasana yang hangat di perusahaan anda.

Anggaran

Untuk sektor UKM, memang yang menjadi fokus utama pencapaian adalah revenue. Dengan menertibkan segala hal yang berkaitan dengan SDM bisa jadi akan menambah cost yang dikeluarkan. Contohnya saja pendaftaran asuransi kesehatan, penambahan karyawan baru atau uang lembur, beberapa hal ini mungkin sebelumnya belum di tetapkan dan akhirnya harus di siapkan agar pengelolaan SDM sesuai dengan aturan yang ada. Disini memang diperlukan keyakinan dan kemantaban dari anda. Yakinlah bahwa bisnis kecil Anda akan menjadi lebih besar lagi bila SDM didalamnya dikelola dengan baik.

Selamat mencoba :)

Sumber

Baca juga:

Tips Memaksimalkan Sosial Media untuk Bisnis UKM

Google Trends, Inovasi Google untuk UKM

5 Perhatian dalam Mengembangkan UKM

           

Artikel Terkait

1 komentar

  • 5 September 2014 - pukul 1:11

    Iya, paling sulit mengelola SDM terutama makin ke daerah. Faktornya jelas pendidikan dan pengalaman, makin jauh dari sumber makin sedikit dapatnya.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *