Interviews

Tas Kanvas Unik, Produksi Lokal yang Mampu Menggapai Pasar Luar Negeri

 

   

Berbekal nekat siapa sangkat Bapak Zulkifli(34) mampu meraup kesuksesan berbisnis Tas Kanvas. Dari yang awalnya kita kira tas berbahan kain kanvas ini hanya tas biasa, namun ini berbeda di tangan Bapak Zulkifli. Pria lulusan Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini bukan orang baru yang terjun ke dunia enterpreneur. Sudah semenjak berada di bangku perkuliahan, ia tekun menjalani bisnis pertamanya yaitu dengan mengelola penerbitan buku. Nah, berikut ini adalah cerita tentang Tas Kanvas Unik yang dibangun dan dibesarkan oleh Bapak Zulkifli.

Bisa dijelaskan terlebih dahulu Pak, apa dan bagaimana TasKanvasUnik.com itu?

TasKanvasUnik.com adalah usaha cetak tas kanvas. Letak keunikannya adalah desain yang bisa dicostumize oleh pemesanan dan tanpa minimal order. Bahan baku terbesarnya adalah kain blacu dan kain kanvas. Saat mulai merintis usaha tas kanvas saya harus mendatangi berbagai pasar kain yang ada disekitar Jakarta, seperti Tanah Abang dan pasar Cipadu. Setelah mensurvey beberapa pemasok kain, akhirnya kini telah memiliki langganan kain sehingga relatif lebih mudah dalam penyediaan bahan baku.

Bagaimana latar belakang berdirinya usaha Bapak ini?

Awalnya saya melihat ada peluang dari usaha membuat produk yang bisa dicostumize. Ketika melakukan survey untuk tas masih terbuka pasar yang besar karena produsennya tidak sebanyak produk-produk lain semisal kaos maupun mug. Akhirnya saya mencoba memasarkan tas ini dan ternyata responnya cukup baik, karena tas kanvas bisa memiliki beragam segmen pasar. Misalnya saja, anak muda yang bisa dibidik dari pesanan satuan, ibu-ibu yang bisa dibidik dari keperluan untuk goody bag pesta ulang tahun serta corporate untuk pengadaan tas acara seminar maupun tas belanja.

Bagaimana Anda memasarkan produk Anda ini?

Saya hanya memasarkannya secara online. Untuk memudahkan, saya membuka reseller dengan syarat yang mudah untuk menggaet pasar remaja. Karena menggunakan media online beberapa pesanan seperti dari Malaysia dan Singapura pernah kami dapatkan. Walaupun memang hanya untuk keperluan pribadi pemesan. Sedangkan untuk wilayah Indonesia relatif hampir semua kota-kota utama pernah kami layani, termasuk Papua, Kalimantan dan Sulawesi.

Wah, sudah sampai luar negeri ya Pak. Lalu bagaimana cara Bapak menyeimbangkan harga dengan kualitas produk?

Kami terus melakukan upaya peningkatan kualitas produk melalui kualiti kontrol, baik pada penjahitan tas maupun di cetakan.

Nah, lalu bagaimana cerita awal Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Mulai terjun ke dunia entrepreneur sejak kuliah. Awalnya mengelola penerbitan buku. Saat berkeluarga dan harus pindah ke Jakarta mulailah saya merintis bisnis online. Awalnya menjadi importir produk bayi.  Satu tahun setelah itu saya mulai berfikir untuk mulai membuat produk sendiri, karena melihat besarnya pasar online. Akhirnya mencari produk yang memungkinkan untuk saya produksi sendiri, hingga kemudian pilihannya memproduksi tas kanvas setelah melakukan survey.

Apa yang menjadi pengorbanan terbesar untuk menjadi enterpreneur?

Tentu saja waktu. Saya selalu berfikir bahwa modal terbesar seorang entrepreneur adalah waktu. Seorang entrepreneur harus mau mendedikasikan waktunya untuk terus belajar dan mencoba.

Benar sekali Pak. Lalu produk apa yang paling populer atau paling banyak diinginkan oleh pelanggan?

Paling banyak adalah pesanan tas kanvas untuk keperluan pesta ulang tahun. Rupanya di kota-kota besar banyak orang tua yang ingin mengadakan pesta ulang tahun dengan membuat goody bag yang sesuai tema ulang tahun. Biasanya pesanan mereka tidak begitu banyak karena acaranya memang hanya mengundang sekitar 20-30 tamu. Kami selalu mendapat pesanan tas kanvas ulang tahun jenis ini.  Jika ditempat yang umum, biasaya mesti ada minimal order agar tas bisa mereka costumize misalnya dengan pemberian foto, penambahan nama atau tulisan lainnya. Di www.taskanvasunik.com mereka bisa memesannya tanpa minimum order.

Apa yang Anda berikan untuk menjadikan bisnis ini berbeda dari yang sudah ada?
Keunggulan kami adalah di costomizingnya. Tas Kanvas kami bisa di pesan dengan menambahkan foto atau tulisan yang diinginkan pemesan tanpa minimum order.

Dan bagaimana dengan prestasi. Selama menjalankan bisnis ini, prestasi terbaik apa yang pernah Anda raih?

Hampir 2 tahun usaha tas kanvas ini kami geluti. Menurut kami prestasi terbesar kami adalah kepercayaan dari corporate untuk mengerjakan tas mereka.

Nah, lalu tantangan dan kendala apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?
Kendala utama kami ada pada kapasitas cetak. Seringkali konsumen datang dengan pesanan dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan padahal masing-masing dikejar tenggat waktu yang mepet. Rencananya, kami akan menambah kapasitas alat produksi agar bisa lebih leluasa menangani order konsumen.

Apa rencana ke depannya untuk mengembangkan bisnis ini?
Rencana terdekat kami adalah menambah jenis tas kanvas dan bahan tas. Sambil terus membuat model tas yang diminati tentu saja dengan tetap mengusung konsep tas yang bisa di costumize.

Siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda dalam membangun bisnis ini?

Saya sangat termotivasi dengan film The Billionaire yang menceritakan tentang kehidupan Aitthipat Kulapongvanich yang sukses mengembangkan usaha Tae Kae Noi menggunakan jaringan ritel modern. Saya sedang berusaha membuat produk tas kanvas costumize yang bisa masuk ke jaringan toko-toko modern juga. Saya berharap suatu saat hal ini bisa saya lakukan.

Nah, untuk yang terakhir nih Pak. Saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Hampir dibilang saya terbilang modal nekat terjun di bisnis tas kanvas. Tetapi dari sana saya belajar bahwa cara terbaik belajar bisnis adalah menggeluti bisnis tersebut. Terbukti ketika saya terjun di bisnis ini, saya mendapat banyak sekali ajakan kerjasama dari pebisnis lain yang justru menjadi hambatan saya ketika pertama kali ingin menggeluti bisnis ini.

Contohnya misalnya bahan baku. Dulu saya harus survey ke Cipadu dan Tanah Abang untuk mendapatkan bahan baku. Kini berbagai tawaran dari suplier kain kanvas dan blacu datang ke saya.

Wah, terimakasih banyak atas waktu yang telah diberikan Pak. Semoga Tas Kanvas Unik selalu dan semakin sukses :)

                              
Loading...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *