Running A Business

Tema WordPress GRATIS dan BERBAYAR, Mana Yang Lebih Bagus?

 
  • 3
    Shares

Loading...

Beberapa tahun yang lalu, harga tema berbayar menjadi indikator apakah tema wordpress tersebut berkualitas atau tidak. Banyak yang beropini pula bahwa tema gratis tidak baik dan rentan error. Namun seiring perkembangan teknologi, kini tema wordpress gratis tak kalah berkualitas pula dengan tema berbayar.

Berikut tim Mebiso akan membahas kelebihan dan kekurangan dari tema berbayar untuk Anda:

Kelebihan Tema Berbayar

1. Lebih update

Mungkin alasan yang paling kuat bagi para pengguna WordPress untuk memilih tema berbayar karena tema berbayar selalu melakukan updating. Mengingat CMS WordPress selalu melakukan updating dengan cepat, maka menggunakan tema berbayar yang secara teratur diupdate oleh pengembangnya akan meningkatkan di sisi keamanan wordpress Anda.

2. Desain tidak pasaran

Karena tema gratis WordPress begitu banyak dan populer, sehingga banyak tersebar dan digunakan oleh pengguna wordpress. Dikarenakan pengguna Tema berbayar jumlahnya lebih sedikit oleh karena itu desainnya tidak pasaran.

3. Dokumentasi lengkap

Kebanyakan tema wordpress berbayar dilengkapi dengan dokumentasi berbentuk PDF yang secara rinci menjelaskan bagaimana untuk mendapatkan hasil maksimal dari tema tersebut. Pada tema gratis tentu tidak dilengkapi dengan dokumentasi serupa ini.

4. Support yang berkelanjutan

Pengembang tema berbayar tentu menawarkan support terbaik, biasanya melalui forum diskusi, live chat dan tiket. Sedangkan tema gratis biasanya hanya memiliki support melalui forum umum.

5. Tidak ada link iklan

Banyak tema gratis mewajibkan tercantum link pembuat tema tersebut. Pada tema berbayar, tampilan akan nampak lebih eksklusif dan original karena tak mewajibkkan anda menyertakan identitas pembuatnya.

Kekurangan Tema Berbayar

1. Butuh Biaya Lebih

Untuk tema berbayar Anda tentu harus berinvestasi antara $ 50 sampai $ 200

2. Butuh Konfigurasi yang lebih

Kebanyakan tema berbayar memiliki kontrol panel tersendiri, tentu akan memakan waktu cukup lama mengaturnya

3. Fitur Berlebih

Tema berbayar biasanya memberikan berbagai macam pilihan fitur yang terkadang tidak dibutuhkan oleh penggunanya.

Secara umum, aspek yang paling penting dalam menentukan tema baik gratis atau berbayar adalah kualitas dan maintenance dari pengembangnya. Kualitas akan mempengaruhi segala sesuatu yang kita bahas diatas, baik dari sisi keamanan ataupun kecepatan WordPress.

Wordpress

Cara termudah untuk mengukur kualitas adalah dengan membaca review penggunanya dan bagaimana respon dari pengembangnya. Jika review dari forum mengatakan tema tersebut baik, atau pengembang juga selalu memberikan solusi atas permasalahan yang dialami penggunanya, maka bisa jadi pilihan tema tersebut Anda gunakan.

Bagi anda yang saat ini menggunakan wordpress gratis dan tidak ingin direpotkan dengan urusan maintenance, kini BEON menghadirkan layanan baru yaitu WORDPRESS HOSTING dimana layanan ini memberikan semua solusi permasalahan wordpress hanya dalam 1 paket. Anda hanya tinggal fokus dalam pengisian konten anda saja tanpa perlu repot dengan pemeliharaan di sisi teknis wordpress anda. Ingin tahu lebih banyak tentang wordpress hosting, kunjungi halaman WordPress Hosting Indonesia berikut.

Loading...

  • 3
    Shares

1 komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *