Running A Business

Tips Memaksimalkan Sosial Media untuk Bisnis UKM

 

   

Bagi Anda sekalian pemilik bisnis UKM yang sedang bersemangat untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis, cara apa yang biasanya digunakan oleh  Anda dalam menjalankan proses tersebut? Tentu banyak bukan yang dilakukan untuk mendukung berkembangnya bisnis UKM Anda. Apakah Anda juga sudah menggunakan sosial media untuk berpromosi? Jika sudah, apakah kira – kira yang biasanya dilakukan disana? Sekedar promosikah atau ada yang lain? Nah, berikut ini saya coba share beberapa tips yang diharapkan bisa berguna untuk membantu dalam mengembangkan bisnis UKM Anda melalui sosial media:

1. Milikilah akun khusus

Ketika kita memutuskan untuk menggunakan sosial media untuk bebrisnis, hendaknya kita membuat sebuah akun khusus yang akan digunakan untuk berbisnis. Seperti Fanspage untuk akun Facebook bisnis Anda. Kita bisa menggunakan nama Fanspage berdasarkan nama bisnis yang kita miliki. Untuk foto profil atau foto latar bisa dengan menggunakan gambar yang menjelaskan bisnis Anda.

2. Sampaikan informasi yang menarik dan informatif

Untuk bisnis UKM, sosial media sangat cocok untuk media promosi bisnis Anda. Disini Anda bisa mulai mengisinya dengan menyampaikan informasi menarik tentang berbagai hal. Selain harus menarik, informasi yang disampaikan juga harus informatif. Untuk awal atau permulaan, ini bertujuan untuk menarik perhatian dari calon follower atau pelanggan kita. Bisa dikatakan, ini langkah pertama untuk dapat menjaring pasar melalui sosial media untuk bisnis Anda.

3. Berikan konten visual

Selain postingan berupa text seperti informasi atau artikel, Anda juga bisa memberikan konten visual, seperti gambar, video, foto, grafis dan lain sebagainya. Ini juga bertujuan untuk menjaring perhatian dari pengikut dan pelanggan. Anda juga bisa membuat video yang berhubungan dengan bisnis UKM yang sedang digeluti, seperti video deskripsi tentang usaha yang dijalani, proses produksi produk UKM Anda, dan bisa juga video mengenai testimonial pelanggan dari UKM Anda sekalian.

4. Adakan sebuah kontes dan promosi

Siapa yang tidak tertarik untuk mengikuti sebuah kontes, terlebih ketika dijanjikan sesuatu. Nah, ini bisa menjadi salah satu cara untuk promosi bisnis Anda. Anda sekalian bisa membuat sebuah kontes kecil – kecilan, baik yang berhubungan dengan bisnis Anda atau tidak. Ini bisa dijadikan media untuk promosi bisnis Anda. Anda juga bisa mencoba untuk menjadi salah satu sponsor dari suatu event atau kontes tertentu. Yang tujuannya akan menambah pengetahuan masyarakat mengenai bisnis UKM Anda.

5. Jalin interaksi dengan pelanggan

Saat Anda memposting suatu materi atau artikel, usahakan untuk terus memantau perkembangan postingan tersebut. Karena ketika suatu saat ada yang memberikan komentar atau pertanyaan akan hal tersebut, rekan bisa langsung menjawabnya. Cobalah untuk menjalin interaksi personal dengan pengunjung sosial media Anda. Dan ketika memberikan jawaban atas komentar, usahakan untuk tidak terlalu lama.

6. Konten lucu dan lelucon

Selain memberikan dan menyampaikan konten yang serius dan selalu berhubungan dengan bisnis UKM Anda, cobalah untuk memposting beberapa konten yang lucu atau sebuah lelucon. Hal ini menghindari rasa bosan yang bisa terjadi ketika Anda memposting sesuatu yang terlalu serius dan terlalu terlihat promosi bisnis.

7. Bawalah pengunjung ke website Anda 

Sosial bukanlah satu – satunya wadah yang digunakan untuk promosi bisnis. Salah satu yang terpenting adalah adanya website yang akan mendukung kinerja dan proses transaksi bisnis UKM Anda. Tidak dapat dipungkiri, saat ini pengguna website untuk berbisnis sudah sangat banyak. UKM juga sudah banyak yang memanfaatkan website untuk menjajakan barang dagangan mereka, yaitu melalui toko online atau e-commerce. Nah, ketika Anda sedang asyik bersosial media, jangan lupakan website Anda. Giringlah mereka untuk ikut mengunjungi website Anda, salah satu caranya yaitu menyertakan link website, di beberapa postingan Anda. Anda sekalian juga bisa mencantumkan nama link website di bagian biodata atau bahkan di foto layar.

8. Gunakan hashtag

Ketika Anda aktif menggunakan sosial media Twitter, hashtag bukanlah hal yang asing dalam postingan tweet – tweet masyarakat. Nah, Anda juga bisa menggunakan hashtag dalam setiap postingan yang dibuat. Ini berfungsi untuk memberikan ciri khas dan memperkenalkan bisnis Anda tentunya.

9. Jangan lupakan Google+

Sosial media yang tidak baru, namun tergolong jarang diperhatikan adalah Google+. Untuk usia remaja atau mereka yang tidak berhubungan dengan bisnis, Google+ tentu tidak berpengaruh apapun terhadap diri mereka. Namun, untuk kita yang memiliki sebuah bisnis atau UKM, perlu adanya tidak melupakan Google+ sebagai salah satu sosial media yang bisa membantu mempromosikan bisnis kita. Jika dilihat dari pengguna Google+ yang sangat banyak, memungkinkan untuk promosi bisnis UKM Anda akan lebih cepat berhasil.

10. Youtube? Sosial media yang menyenangkan

Seperti yang dijelaskan pada point 3, kita bisa mencantumkan konten visual berupa video. Nah, kenapa kita juga tidak memaksimalkan Youtube untuk berbisnis? Kita bisa membuat video yang berhubungan dengan bisnis kita. Dari perkenalan, proses produksi hingga testimonial pelanggan. Kita bisa membuat akun kita sendiri dan mengatur mau bagaimana nanti saat kita mengoperasikan Youtube untuk bisnis. Anda bukan hanya bisa mengupload video yang berhubungan dengan bisnis UKM Anda, namun juga video lain yang mampu mengundang penonton untuk mengunjungi akun Anda sekalian.

Nah, bagaimana? apakah sudah melakukan semua yang dijelaskan? atau Anda punya cara dan tips lainnya? bisa di share disini lo. :-)

Baca juga:
           

Artikel Terkait

1 komentar

  • 5 September 2014 - pukul 1:16

    Bacaan bagus! Makasih ya. Memang harus tepat terarah dan ngga asal buat..malah mengurangi kepercayaan orang.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *