Running A Business Start A Business

Tips Memulai Startup bagi Mahasiswa, Bisa Kok!

 

Loading...

Tips Memulai Startup – Ingin memulai Startup, namun Anda masih memiliki tanggung jawab menjadi mahasiswa? Tentu saja bisa! Untuk mewujudkannya, simak berbagai tips untuk memulai Startup bagi mahasiswa berikut ini.

Lihat ke sekelilingmu!

Hal yang paling membingungkan biasanya adalah mencari ide Startup. Banyak Startup yang berangkat dari solusi atas suatu permasalahan, misalnya saja Gojek yang menjadi solusi bagi transportasi ojek.

Oleh karenanya, lihat ke sekelilingmu, temukan permasalahan dan tada!!! Di sanalah kamu bisa menemukan idemu.

Tak harus punya kantor untuk tempat bekerja

Anda tidak terlalu butuh kantor ketika baru mendirikan Startup. Walau tidak ada kantor, Anda bisa mulai bekerja untuk Startup Anda. Anda bisa menjadikan rumah Anda atau bahkan kamar indekost sebagai ruang kerja Anda, yang penting pekerjaan Anda tuntas.

Memiliki kantor adalah modal yang cukup besar. Alokasikan dana Anda untuk aspek lainnya yang dapat mengundang customer.

Jadikan teman kuliah atau teman kos sebagai Co-Founder

Membangun Startup dengan teman, why not? Teman kampus atau teman kos akan lebih mudah ditemui, sehingga akan semakin mudah untuk berkoordinasi dengan Co-Founder. Jangan lupa, pastikan terlebih dahulu bahwa teman Anda memiliki passion yang sama, ya!

Tips memulai Startup paling penting: menjalin networking!

Banyak-banyaklah berteman dengan orang baru, jalinlah networking dengan lebih luas! Teman-teman Anda bisa jadi rekan brainstorming yang baik. Anda bahkan bisa mendapatkan partner bisnis potensial.

Penting juga untuk memiliki mentor. Carilah mentor yang dapat dipercaya untuk membimbing Anda. Lagi-lagi, networking memegang peranan penting karena akan jadi sulit menemukan orang yang tepat jika Anda punya network yang sempit.

Kampus Anda juga pasti memiliki ikatan alumni Hadiri juga reuni atau temu alumni. Siapa tahu, Anda bertemu alumni kampus yang tertarik dengan bisnis Anda.

Ambil project lain untuk belajar

Agar mendapat gambaran yang lebih konkrit, Anda bisa mencoba project-project lainnya. Hal ini bermanfaat untuk mengembangkan skill Anda, juga menambah pengalaman dalam menangani pekerjaan.

Oh ya, Anda juga bisa belajar melalui internship atau program magang di Startup. Anda pun akan semakin terbiasa dengan atmosfer Startup.

Belajar dengan tekun dan pakai ilmunya untuk Startup

Sebagai mahasiswa, menuntut ilmu tentunya kewajiban. Mata kuliah yang Anda ambil bisa bermanfaat untuk wawasan berbisnis. Gunakan ilmu-ilmu di bangku kuliah untuk Anda terapkan dalam menjalankan Startup.

Oh ya, mungkin saja jurusan Anda memberikan sedikit mata kuliah yang bisa diterapkan. Anda perlu mencari wawasan tambahan, ikutilah seminar, workshop, juga jangan malas mencari banyak referensi!

Nah, bagi Anda yang butuh referensi untuk belajar, Mebiso menyediakan artikel-artikel dengan topik terkait dan ter-up-to-date, bisa banget Anda simak! Selamat mencoba, salam sukses!

Baca artikel-artikel menarik lainnya di sini:

Referensi:

https://www.entrepreneur.com/article/228823

https://medium.com/@alfred_lua/starting-a-startup-in-college-c40fc56580b8

https://www.forbes.com/sites/rajatbhageria/2015/12/21/heres-the-secret-to-doing-well-in-college-while-running-a-startup/#3525c67a3a4f

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *