Produktif

7 Tips Tetap Produktif di Kantor Biar Makin Bahagia

 

Loading...

Tips Tetap Produktif – Bekerja di kantor seringkali membuat bosan atau bahkan lelah. Jika sudah begitu, terkadang justru membuat produktivitas menurun. Produktivitas yang menurun dapat mempengaruhi kinerja Anda di kantor, bisa jadi pekerjaan tidak bisa selesai dengan baik atau bahkan tidak dapat selesai tepat waktu.

Untuk menghindari hal itu terjadi, Anda bisa simak tips tetap produktif di kantor ala Mebiso agar terhindari dari burnout dan bisa tetap produktif hingga jam kantor berakhir.

1. Dimulai dengan berjalan kaki

Tahukah Anda bahwa berjalan kaki di pagi hari sebelum memulai aktivitas dapat meningkatkan produktivitas?

Sesekali, pergilah ke kantor menggunakan transportasi umum ketimbang transportasi pribadi. Lakukan jalan-jalan kecil sekitar kantor sebelum kembali ke meja kerja Anda. Ini dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan Anda energi baru untuk bekerja.

2. Bikin to-do list yang akan dikerjakan hari itu

Sebelum memulai kerja, buatlah to-do list pekerjaan apa saja yang ingin Anda selesaikan hari itu. Perlu Anda catat bahwa membuat to-do list akan lebih efektif jika membuat daftar yang sedikit ketimbang membuat banyak daftar namun tidak dapat Anda selesaikan.

Tulis tiga atau empat yang hal yang ingin Anda lakukan hari itu. Ingat, Anda harus fokus mengerjakan hal itu saja agar semuanya dapat terselesaikan di hari itu juga. Kalau Anda ingin tahu tips manajemen waktu menggunakan to-do list, bisa cek artikelnya di sini.

3. Hindari bekerja multi-tasking

Tips tetap produktif saat bekerja di kantor selanjutnya yaitu dengan menghindari bekerja secara multi-tasking. Ingat, sibuk bukan berarti produktif. Mengerjakan tugas yang terlalu banyak membuat Anda lebih mudah terganggu dan tidak fokus untuk menyelesaikan hal yang penting.

Maka dari itu, hindari mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang sama. Studi telah membuktikan bahwa menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus justru dapat menurunkan produktivitas dan mempengaruhi hasil kerja.

4. Bila perlu, putar lagu yang memicu semangat

Bagi sebagian orang, memutar lagu yang memiliki irama yang riang juga dapat meningkatkan produktivitas, lho. Jika Anda merupakan tipe orang yang senang ditemani alunan-alunan lagu saat bekerja, Anda bisa lakukan tips tetap produktif saat di kantor yang satu ini.

Pilih lagu-lagu yang memicu semangat, ya. Jangan yang bikin ngantuk!

5. Rapikan meja kerja

tips tetap produktif
Sumber: https://www.freepik.com/

Meja kerja yang rapi tentu lebih enak dipandang. Bukan cuma itu, memiliki space yang bersih juga dapat meningkatkan mood untuk bekerja.

Untuk itu, jangan lupa rapikan meja sebelum memulai bekerja. Usahakan meletakkan sedikit barang pada meja Anda, letakkan yang benar-benar Anda butuhkan saja.

Hindari meletakkan terlalu banyak barang karena itu hanya membuat meja Anda terlalu penuh

6. Siapkan minuman favorit di meja

Anda bisa siapkan juga minuman favorit yang dapat meningkatkan produktivitas di samping meja Anda. Misalnya saja menyeduh teh, kopi, atau minuman dingin yang manis. Jangan lupa untuk tetap konsumsi air mineral yang cukup agar otak dapat pekerja lebih baik.

7. Jangan lupa untuk rehat sejenak

Penting untuk tetap menyeimbangkan waktu bekerja dan waktu istirahat saat di kantor. Jika bekerja terus tanpa ada waktu istirahat, bisa-bisa Anda jadi burnout!

Untuk itu, jangan lupa berikan waktu istirahat untuk tubuh dan pikiran Anda. Saat Anda sudah bekerja dua jam non-stop, beri jeda untuk istirahat dan memulihkan energi. Anda bisa gunakan waktu itu untuk peregangan atau menonton video Youtube berdurasi 10 menit.

Itu dia tips-tips tetap produktif di kantor ala Mebiso, semoga bisa membantu Anda untuk lebih produktif dan bahagia di tempat kerja. Salam bisnis!

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *