Running A Business

Tips Toko Online: Sapa Pelanggan Anda & Tingkatkan Konversi Penjualan

 

Loading...

Artikel kali ini saya khususkan untuk Anda yang masih baru buka toko online, atau yang sudah lama tetapi pengunjung websitenya masih sedikit. :D Soalnya kalau pengunjungnya sudah ribuan jelas beda lagi ceritanya. :)

Oiya, untuk pelanggan jagoanstore yang sebelumnya menggunakan wgchat sebagai online chating nya, bisa dicoba nih nanti.. silahkan lanjut baca dulu. :)

Saya ingin mengingatkan kembali kepada Anda bahwa pengunjung website Anda adalah potensial pembeli Anda, setuju kan? Untuk itu jangan sia-siakan kesempatan ketika ada orang yang mengunjungi website Anda. Sapa lah mereka yang mengunjungi website Anda, minimal tanyakan ada yang bisa dibantu apa tidak. :)

Bayangkan jika Anda mempunyai toko offline di mal, ketika toko Anda didatangi orang dan Anda diamkan saja bagaimana? kemungkinan besar, kalau orang tersebut tidak benar-benar butuh produk Anda, ya pasti akan langsung lewat ke toko sebelah. iya kan?

Nah, bayangkan jika Anda menyapanya, dan menanyakan apakah ada yang bisa dibantu atau menanyakan kebutuhan dia apa. Pancing dia untuk ngobrol dan dari situ Anda bisa mengarahkan untuk membeli nya. Kesempatan orang tersebut membeli produk Anda akan semakin besar kan?

Itulah alasan saya menyarankan Anda, yang baru buka toko online atau yang pengunjungnya masih sedikit, untuk memanfaatkan pengunjung yang datang ke website dengan cara menyapanya. :)

Beda ceritanya kalau toko Anda yang di mall tersebut sudah ada minimal 1000 orang yang datang tiap hari. Anda pasti akan bingung untuk menyapanya satu-persatu kan? Jika toko Anda sudah seramai itu, tentunya sudah punya integritas. Dan karena pengunjung tersebut sudah percaya dengan toko Anda, maka mereka tinggal memilih barang sendiri dan bayar kalau memang tertarik.

Anda mungkin sekarang berpikir “itu kan kalau toko offline, gampang.. tinggal nyapa aja. Kalau online bagaimana?”

Naah ini memang yang akan saya share kepada Anda , jawabannya simple “Gunakan Livechat”. Tinggal install aja di toko online Anda. Jika Anda pengguna jagoanstore, tinggal minta tolong aja ke team CS untuk memasangkannya.

Jadi livechat ini berfungsi untuk komunikasi pelanggan dengan Anda.

Anda mungkin masih kebingungan dan berpikiran begini: “lho kan itu komunikasi dari pelanggan kepada kita, pemilik toko online, sedangkan kasus kita tadi kan kebalikannya, kita mau menyapa mereka. bagaimana caranya”

Satu lagi rahasia yang akan saya share kepada Anda. Memang tidak semua provider livechat yang menyediakan fasilitas untuk menyapa pelanggan. Kalaupun ada, pasti yang berbayar.:P

Tetapi tenang saja, saya akan kasih tahu Anda provider livechat yang GRATIS dan ada fasilitas tersebut.

Silahkan klik -> https://www.tawk.to

Lalu silahkan daftar dan pasang di website toko online Anda. Cara pasangnya tinggal copy code yang sudah disediakan oleh tawk.to kedalam website Anda (sebelum tag </body>). Ini petunjuknya : https://www.tawk.to/knowledgebase/getting-started/adding-a-widget-to-your-website/

Untuk petunjuk customize setting lainnya bisa dilihat di https://www.tawk.to/knowledgebase/

Disitu sudah lengkap, tinggal Anda baca dan ikutin aja, tidak akan saya bahas satu persatu karena memang kebutuhan masing-masing toko online berdeda-beda, jadi cukup saya bahas yang instalasi tadi aja :D

Memang sih dalam bahasa inggris, jadi silahkan memanfaatkan google translate kalau bingung (pengalam pribadi yang susah memahami bahasa inggris, jadi selalu memanfaatkan google translate :D)

Setelah aplikasi chating terpasang di website toko online Anda. silahkan login di halaman admin tawk.to nya. Anda bisa melihat jika ada orang yang mengunjungi website Anda, bahkan lebih dari itu, Anda bisa mengetahui dia sedang berada dihalaman mana. menarik kan?

Anda tinggal klik aja visitor yang ada menu sebelah kiri (ada bullet warna hijau & bendera negara), maka akan keluar jendela untuk chating.

11

Lalu silahkan klik tombol “join” dan silahkan sapa pelanggan Anda. buat obrolan yang hangat dengan pelanggan Anda agar mereka betah mengunjungi website Anda, buat mereka nyaman dan berikan informasi yang jelas tentang produk Anda. Dengan begitu, kemungkinan orang tersebut untuk beli akan semakin besar kan? kalau dibandingkan dengan Anda membiarkan begitu saja pelanggan Anda seperti sekarang. :P

Gampang kan? Selamat mencoba…

Hmm… kayaknya masih ada nih sebagian dari pembaca mebiso yang masih  ga bisa atau bingung instalasi dan customize setting nya?

Yuk deh diskusi disini, silahkan ketikkan hal yang Anda bingungkan atau hal yang ingin Anda tanyakan pada kolom komentar dibawah. :)

Baca juga:

25 Tips Mendapatkan Pelanggan yang Loyal

Pentingnya Melakukan Survey Bagi Perusahaan dan Pelanggan

Menjadi Customer Service yang Baik dan Disukai Pelanggan

Loading...

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *