Technology

Tren Desain Website di Tahun 2013

 

Teknologi website akan terus berkembang. Begitu pula dengan tren yang mengikutinya.

1. Website berbasis User Experience

Kini pengembangan website lebih banyak didasarkan pada user experience. Yakni bagaimana pengunjung mendapatkan pengalaman terbaik di website anda, seperti kemudahan navigasi dan elemen kejutan.

1-user-experiences

2. Website jadi lebih responsif

Sebut saja iPhone 4S, Galaxy SIII, Jelly Bean, Windows 8. Peperangan inovasi gadget akan memunculkan resolusi-resolusi layar yang berbeda. Masyarakat akan terus larut di dalam euforia-nya. Maka membuat website anda lebih responsif, yaitu bisa beradaptasi pada sebanyak mungkin resolusi yang ada, akan terus menjadi sebuah pekerjaan rumah yang menuntut untuk segera diselesaikan meskipun ironisnya, tidak akan pernah selesai.

2-responsif

3. Tipografi jadi semakin menantang

Tipografi; pemilihan tipe huruf, weight, shading, dan warna yang tepat, bisa meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk membaca konten anda dan membawa desain website anda ke level estetika yang lebih tinggi. Dengan kehadiran font library online seperti Google Web Fonts (www.google.com/webfonts) kini jenis font sudah semakin bervariasi.

3-tipografi

4. Penggunaan vektor besar

Anda mungkin seringkali menemukan vektor (logo, karakter, dan simbol) yang dipasang begitu besar pada sebuah halaman website. Cara ini terbukti efektif sebagai attention grabber. MailChimp.com misalnya. Maskot Monkey Mailman yang ditonjolkannya kini menjadi populer, hingga dipasang pada berbagai website dan diadaptasi dalam  berbagai aplikasi iOS hingga Android.

3-vektor-besar

5. HTML5

Flash pernah berjaya. Tapi itu jaman dulu. Perlahan-lahan Flash sudah mulai kehilangan momentumnya. Di 2013, era Flash telah berakhir. Kini datanglah CSS3 dan HTML5 memberi solusi untuk website yang responsif.

5-vektor-besar

6. Desain yang futuristik

Melalui Windows 8, Microsoft mengenalkan konsep “Authentically Digital” yang mengedepankan penggunaan  dimensi kotak-kotak berwarna meriah. Perubahan ini menginspirasi tingkat kreativitas masyarakat dan industri desain untuk berfikir lebih out of the box menuju tampilan yang lebih futuristik. Buktinya ketika berselancar, anda mungkin banyak menemukan model-model website yang mendobrak pakem-pakem desain website yang sudah ada.

6-futuristik

7. Oversize

Smartphone akan menuntut tren oversize. Yaitu penggunaan konten-konten gambar berskala besar untuk background, slider, button, header, dlsb. Sebab button yang besar akan meningkatkan visibility dan click rates pada perangkat mobile yang layarnya lebih kecil.

7-oversize

8. Video

Penetrasi Youtube ke pasar Indonesia membawa dampak positif terhadap penerimaan masyarakat pada konten video. Video kini menjadi sebuah lahan yang menjanjikan bagi para pelaku marketing. Maka video editing merupakan salah satu kompetensi yang harus anda kuasai.

8-video

9. Integrasi sosial media

Pemilik website kini paham betul pentingnya sosial media. Selama tahun 2012, kita bisa temukan banyak praktek promosi website melalui Facebook, Twitter dan Google+. Di tahun 2013, tren ini telah berevolusi. Pemilik website kini menggunakan sosial media bukan hanya untuk menjaring trafik kunjungan, tetapi juga menjalin komunikasi dengan pengunjung. Anda mungkin menemukan banyak website yang di dalamnya terintegrasi dengan sosial media, dalam bentuk Facebook Comment, Twitter stream, G+ Share, dlsb.

9-social-media

10. Masih adakah ruang untuk kesederhanaan?

Kesederhanaan merupakan salah alternatif lain dalam desain website. Warna hitam putih yang melahirkan kesan vintage memiliki golongan peminat tertentu. Maka website dengan white space tidak akan mati. Kesederhanaan tetap punya tempat.

10-simple


2 komentar

  • 15 Mei 2013 - pukul 20:45

    Artikel yang cocok digunakan untuk pembelajaran dan edukasi masyarakata umum! Kebanyakan orang awam bingung apa itu web responsive. Saya sendiri sudah menggunakan web responsive di mustbuzz.net untuk menjual layanan jasa pembuatan website surabaya.

  • 17 Mei 2013 - pukul 16:42

    artikelnya juara, thanks mas membantu aku sebagai seorang web designer, kudu dijadiin todo list nih :)

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *