Interviews

Viatushop.com, Ikon Sepatu Handmade 100% Asli Indonesia

 
  • 85
    Shares

   

Menjadi salah satu toko online yang menyediakan sepatu handmade di Indonesia adalah sebuah kebanggan untuk diri Abdul Haris Dwi Utomo(23). Bukan hanya karena sepatu yang ia jual adalah asli produksi Indonesia, tetapi juga karena ia mampu menjadi salah satu pendorong terbentuknya UKM di Indonesia. Owner Viatushop.com ini juga tidak ragu – ragu berbagi ilmu dan tips tentang berbisnis online lo. Mau tau bagaimana cerita dan tips yang diberikan? Berikut ini adalah ulasannya:

Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya merupakan lulusan D3 Manajemen Informatika

Bagaimana cerita awal ketika Anda masuk ke dunia enterpreneur ini?

Bisnis pembuatan sepatu ini dikelola oleh saya dan istri saya. Sebenarnya ide ini muncul dari istri saya Indri Hikmah Amalia(27th), yang sebelum kami menikah kami memutuskan untuk membuka jasa pembuatan sepatu secara online dimana kami melihat banyaknya teman-teman istri saya yang ingin tampil trendy, keren, dan berbeda di kampusnya namun dengan harga mahasiswa. Karena saat ini sepatu-sepatu fashion ini terbilang untuk kalangan menengah keatas.

Awalnya saya hanya seorang web developer disebuah perusahaan namun ternyata peminat pembuatan sepatu ini banyak sekali dan terbilang bisnis yang bisa dibilang continue artinya semua orang butuh sepatu. Akhirnya saya memutuskan untuk masuk ke dunia entrepreneur ini.

Apa pengorbanan terbesar Anda untuk menjadi enterpreneur dan ketika mendirikan bisnis ini?

Dalam berbisnis tanpa pengorbanan rasanya sangat tidak mungkin, dalam berbisnis pasti kita membutuhkan modal. Modal tidak hanya berbicara soal materi tapi juga kemampuan, waktu, networking, dll. Semua itu menjadi pengorbanan terbesar kami dimana semua itu dilakukan secara professional.

Bisa diceritakan tentang bisnis Anda dan jenis produk apa yang Anda tawarkan?

Bisnis yang kami jalankan saat ini adalah jasa pembuatan sepatu handmade yang dapat dipesan dengan model dari kami atau model dari manapun secara by request mulai dari ukuran, hak, warna,bahan, dll. Sistem yang kami tawarkan adalah pembuatan sepatu Pre Order dimana pelanggan pesan kemudian kami buatkan.

Jenis sepatu yang kami tawarkan memang saat ini mayoritas adalah sepatu wanita, karena begitu banyaknya pelanggan kami yang memesan sepatu wanita seperti wedges shoes, high heels, boots, oxford shoes,flat shoes, dan lainnya. Apapun sepatu yang di tawarkan ke kami jika sepatu tersebut kita bisa buat akan kita buatkan. meskipun ada beberapa yang memesan sepatu pria yang ditawarkan ke kami,jika kami bisa buatkan akan kita buatkan.

Bagaimana latar belakang berdirinya bisnis yang Anda miliki ini?

Ide pembuatan sepatu sebenarnya didapat dari mantan pacar saya yang sekarang menjadi istri saya, dia alumni Biologi ITB Bandung namanya Indri Hikmah Amalia (27th) yang sangat menyukai sepatu fashion seperti boots, wedges, dll.Dan selalu memakainya setiap pergi kuliah. Dan ternyata beberapa temannya menyukai penampilannya dan ingin berpenampilan seperti dia, lalu kami memutuskan untuk berjualan melalui social media maupun langsung dengan mengadakan kerjasama dengan beberapa pengerajin sepatu di bandung dan ternyata peminatnya sangat banyak.

Viatu dari bahasa Swahili Afrika yang artinya ‘sepatu’, bahasa itu diambil karena kita hanya fokus untuk pembuatan sepatu. Ide tersebut didapat dari istri dan rekomendasi dari teman-temannya sewaktu kuliah.

Setelah kami menikah kami tinggal di Jakarta dan membuat home industri sendiri di jakarta selatan, kemudian kami mengembangkan bisnis ini dengan berjualan secara online melalui website yang saya buat tahun 2010 hingga sekarang dengan nama www.viatushop.com.

Lalu bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda ini?

Cara pemasaran Viatu shop akan saya bocorkan kepada viewer Mebiso.com, karena kami senang berbagi.

Untuk pemasaran dengan sistem online ini sebenarnya sudah banyak dibantu dengan social media dan forum-forum yang banyak di kunjungi tapi bagaimana mengelolanya? Saya akan bagi menjadi pemasaran social media dan website atau forum-forum:

Buat pemasaran social media:

1. Kalian harus tau waktu yang tepat kapan penghuni-penghuni sosmed mengakses websitenya. Jadi updatan kalian akan lebih efisien untuk dibaca dan tidak hanya numpang lewat di timeline followers.

2. Jangan hard selling, artinya akun kamu hanya di gunakan untuk berjualan, karena rata-rata pengguna social media ingin sebuah informasi yang bermanfaat. Jadi, cobalah untuk soft selling dimana kamu bagikan informasi yang bermanfaat untuk para followers ataupun yang like fanpage kamu misalkan berjualan sepatu. Bagikan informasi sepatu yang cocok untuk yang mempunyai berat badan lebih atau tipe sepatu yang lagi tren saat ini.

3. Bangun testimoni dan network melalui social media kamu bisa minta testimoni dari beberapa teman-teman yang pernah coba produk kamu agar terlihat calon customer atau teman-teman dari pelanggan kamu.

4. Dan masih banyak lainnya. Untuk para pembaca juga bisa share dengan kita di Viatushop.com loh. :-)

Pemasaran via website

Untuk sebuah website kuncinya ada di search engine optimization atau mesin pencari seperti di Google, Yahoo, Bing dll. Saya bagikan beberapa tipsnya:

1. Umur dari sebuah website juga mempangaruhi website kamu akan di perhitungkan dimesin pencari.

2. Perbanyak content website.

3. Buat backlink di beberapa sosmed maupun forum-forum terkemuka.

4. Daftarkan website kamu di beberapa mesin seperti Google Webmasters, Google Analytics, Google Bookmarks, Bing, Yahoo, dll.

5. Update websitemu secara rutin. Karena, website ibarat toko yangmana pelanggan pasti mencari sesuatu yang baru untuk di lihat.

6. Promosikan websitemu di berbagai iklan, karena jika website tidak di promosikan sama saja dengan buka toko di depan kuburan tidak ada yang tau.

Wah tips yang sangat bermanfaat sekali Pak, lalu sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Mungkin  banyak yang membuka jasa pembuatan sepatu dengan kami, namun yang berbeda dari kami adalah kami tidak membataskan jumlah minimal pemesanan, partai besar, kecil, atau satuan akan kami terima dengan senang hati.

Dari segi harga kami cukup terjangkau untuk berbagai kalangan. Kami juga menerima buat kalian yang ingin membuat brand sendiri demi memajukan wirausahawan di Indonesia. Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di kita. Dan kami tidak akan menduplikasi merek-merek terkenal yang dijual secara murah, kami akan menjual sepatu hanya dengan brand Viatu produk asli Indonesia 100%.

Lalu prestasi terbaik apa yang pernah diraih bisnis Anda ini? Dan pengalaman apa yang menurut Anda paling berkesan selama menjalankan bisnis ini?

Kami pernah berkontribusi diberbagai event seperti IIMS (Indonesia International Motor Show 2013) untuk para Sales Promotion Girl Mitsubishi, Fuso dan Hyundai. Kami pernah berkontribusi untuk beberapa sekolah yang seluruh muridnya ingin dibuatkan sepatu secara seragam.

Produk sudah tersebar diberbagi wilayah di Indonesia dimana penjualan hanya dilakukan secara online. Produk kami sudah masuk ke butik-butik besar di jakarta.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang? Dan Tantangan/kendala apa yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Ruang lingkup sekarang secara online masih terbilang cukup luas tinggal bagaimana cara dapat bersaing dengan para oline shop lain.

Tantangan dan kendala yang dihadapi adalah kemudahan internet dan beberapa opensource yang ada semakin mudahnya, orang membangun sebuah toko online yang akan menjadi saingan Anda kedepannya. cara mengatasinya banyak belajar dengan banyak membaca bangun sistem Anda secara rapih dan professional, pada dasarnya. Kuncinya adalah kepercayaan, karena saya yakin meskipun harga yang di tawarkan tinggi tapi jika orang sudah percaya maka tidak akan pindah kelain hati.

Lalu apa rencana ke depan Anda untuk mengembangkan bisnis ini?

Rencana kedepan, kita akan coba membangun beberapa display toko yang saat ini belum kami punya dan segi pembuatan sepatunya akan kita lebih cepat dan pelayanannya 24 jam.

Menurut Bapak, siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda dan apa Quote yang paling berkesan bagi perjalanan Anda sebagai Enterpreneur?

Blake Mycoskie  seorang traveler dari Amerika dan owner dari Toms Shoes, brand dari Argentina dimana dia memulai mendirikan perusahaan sepatu berawal dari simpatinya terhadap beberapa masayarakat di sebuah desa di Argentina yang tidak menggunakan sepatu untuk melindungi kakinya dalam berkatifitas.

Dan saat ini yang saya tau, dia membagikan 1 sepatu buat mereka yang membutuhkan setiap 1 sepatu buatannya yang laku di pasaran.

Quote yang dia tulis di websitenya kira – kira seperti ini “I was so overwhelmed by the spirit of the South American people, especially those who had so little, and I was instantly struck with the desire – the responsibility to do more.”

– Blake Mycoskie

Dan untuk yang terakhir nih Pak, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan untuk pembaca Mebiso seputar dunia enterpreneur?

Buat para calon entrereneur atau entrepreneur yang saat ini sudah berjalan cobalah untuk terus belajar dan kembangkan kemampuanmu serta mulailah, ketika Anda ingin memulai berwirausaha karena pada dasarnya ketakutan dan keraguan untuk berwirausaha datangnya dari dalam diri Anda sendiri, so mulailah dari sekarang. Dan yang terakhir, jangan lupa like dan follow kita ya :)

Untuk yang ingin tahu lebih lanjut mengenai Viatushop.com, bisa dicek disini.

Wah terima kasih pak untuk cerita yang sangat menginspirasi ini. Semoga Viatushop.com selalu dan akan terus sukses ;-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnis mediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

           
  • 85
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *