Interviews

Wawancara Bareng Ahlirambut.com, Toko Online Perawatan Rambut asal Kota Makassar

 
  • 69
    Shares

   

Toko online yang mengusung tema perawatan rambut ini memang bukanlah toko online pertama yang menyediakan produk perawatan. Namun jangan salah. Ahlirambut.com sudah mampu mencapai pasar hingga ke wilayah Indonesia bagian timur. Bapak Junaedi(32) selaku owner dari Ahlirambut.com sendiri memang lebih mengutamakan penggunaan media online untuk promosi dan penjualan produknya. Ini membuat produk asli kota Makassar mampu bersaing dengan bisnis online yang hampir sama dengannya. Berikut ini adalah hasil wawancara tim Mebiso bersama dengan Bapak Junaedi:

Apa latar belakang pendidikan Anda?

Saya merupakan alumni Universitas Negeri Makassar, jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan.

Bagaimana cerita awal ketika Anda masuk ke dunia entrepreneur?

Sebenarnya dunia enterpreneur atau dagang bukan hal yang baru buat saya, karena sejak kecil saya sudah berdagang di pasar. Sepulang sekolah saya menjaga kios milik kakek, itu berlangsung sejak SMP hingga STM, setelah kuliah saya mulai membantu bisnis lembaga pendidikan seorang teman. Lalu setelah lulus saya sempat bekerja di beberapa tempat sebelum fokus menjadi seorang enterpreneur. Alhamdulillah, karena dukungan istri juga maka pilihan untuk berwirausaha semakin mantap dijalani hingga sekarang.

Lalu menurut Bapak Junaedi sendiri, pengorbanan terbesar apa yang sudah Anda lakukan untuk menjadi entrepreneur?

Untuk pengorbanan, saya rasa lebih banyak berupa pengorbanan mental. Karena, jika dibandingkan dengan bekerja sebagai pegawai, menjadi wirausahawan menuntut kita mampu memotivasi diri sendiri dan fokus kepada target-target kita. Sekali kita malas mengurusi bisnis maka kompetitor akan mendahului kita.

Bisa diceritakan tentang bisnis yang Anda geluti saat ini? Dan jenis produk apa yang Anda tawarkan?

Bisnis www.ahlirambut.com adalah online store yang menjual produk – produk perawatan rambut. Saat ini kami adalah pioner dan merupakan online store utama di kota Makassar untuk kategori produk perawatan rambut. Jenis produknya adalah shampoo, tonik, serum, dll.

Lalu bagaimana latar belakang berdirinya bisnis yang Anda miliki ini?

Awalnya adalah ketika istri saya mengeluhkan rambutnya yang sering rontok ketika menyisir. Maka saya mencoba memberikan salah satu produk shampoo anti kerontokan rambut, ternyata sangat efektif mengurangi kerontokan dan menyehatkan rambut istri saya. Ketika itulah saya berfikir bahwa untuk membagi manfaat ini kepada lebih banyak orang yang mengalami masalah rambut rontok dan setelah saya riset mendalam ternyata ada peluang untuk membangun toko online khusus untuk produk perawatan rambut ini.

Melalui bantuan beberapa Mentor bisnis online di Kota Makassar, maka saya melakukan riset selama kurang lebih 1 bulan untuk menentukan niche market, merek produk, strategi bisnis hingga akhirnya ahlirambut.com resmi di launching dan mendapat respon yang sangat baik dari konsumen kami.

Ceritakan bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda ini?

Fokus kami di www.ahlirambut.com saat ini adalah membangun trust dan peringkat di internet dengan menggunakan teknik-teknik promosi. Kami juga aktif berbagi tips perawatan rambut di sosial media serta meningkatkan repeat order dari konsumen yang telah membeli kepada kami.

Apa sentuhan yang dapat membuat bisnis Anda terlihat berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Karena jenis produk kami adalah produk perawatan, maka kami berfikir untuk membuka jalur konsultasi dan diskusi dengan konsumen kami. Berdasarkan pengalaman dan bukti dari produk-produk kami, maka keluhan-keluhan mengenai rambut dapat kami jawab dengan baik dan konsumen akan lebih tenang menggunakan produk yang kami rekomendasikan. Selain itu kelebihan kami adalah website kami dapat diakses dengan sangat mudah dari beragam perangkat sehingga konsumen dapat membeli produk-produk kami dengan lebih mudah hanya melalui tablet atau smartphonenya.

Pengalaman paling berkesan seperti apa yang selama ini sudah Anda dapatkan dari menjalankan bisnis ini?

Pengalaman yang berkesan tentu saja ketika konsumen kami merasa puas dan masalah-masalah rambut yang dialaminya dapat diatasi dengan bantuan kami.

Bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sudah ada sekarang? Dan bagaimana bisnis Anda mengubahnya?

Saat ini pasar produk perawatan rambut masih cukup besar. Di Makassar sendiri www.ahlirambut.com masih merupakan toko online utama yang jangkauan pemasarannya hingga ke wilayah indonesia timur. Kendala yang kami hadapi lebih kepada proses distribusi dan pengiriman barang yang dilakukan oleh pihak ketiga. Karenanya kami berusaha memastikan bahwa pesanan konsumen harus tiba tepat waktu sesuai yang dijanjikan.

Lalu apa rencana kedepannya untuk mengembangkan bisnis ini?

Rencana kedepan kami adalah menambah jenis dan merek produk untuk dipasarkan. Selain itu kami mulai aktif mengadakan promosi offline dengan mengisi pameran/event-event tertentu agar bisnis kami semakin dikenal.

Siapa tokoh yang menjadi motivasi Anda sebagai seorang enterpreneur?

Salah satu Tokoh yang menginspirasi kami adalah guru bisnis kami sendiri yaitu mas Bramantya Farid. Beliau merupakan mentor dan pembimbing yang sangat membantu perkembangan bisnis kami.

Untuk yang terakhir, saran terbaik apa yang dapat Anda berikan kepada pembaca seputar dunia entrepreneur?

Saran kami adalah kuasai pasar dalam negeri sendiri dengan internet, jangan menunggu sempurna untuk memulai lebih baik memulai saja sambil disempurnakan.

Wah, terimakasih untuk kesempatan berbagi cerita bersama kami Pak. Semoga Ahlirambut.com semakin dan selalu sukses ;-)

           
  • 69
    Shares

Artikel Terkait

5 komentar

  • 22 February 2014 - pukul 16:34

    Wah, saya kenal baik dengan Bapak Junaedy. Untuk produk perawatan rambut, AhliRambut.com ahlinya

    • Administrator
      22 February 2014 - pukul 16:38

      Wah bisa share pengalaman dong mbak gimana setelah menggunakan produk Ahlirambut :)

      • 22 February 2014 - pukul 21:37

        Di Ahlirambut.com sy temuin smw produk perawstan rambut, dari anak balita sampai orang tua. Pokoknya recommended seller deh

  • 22 February 2014 - pukul 17:04

    Wah,,hebat sekali bapak Juanedi ini ya. Ide bisnisnya muncul persoalan pribadi yang ternyata bisa dijadikan bisnis akhirnya. Cara melihat peluang bisnisnya bisa dipelajari ini.

  • 22 February 2014 - pukul 17:24

    saya pernah pesan mas Junaedy … pesen pagi. Siang dah sampai.. waktu mesen BSN black noni… ekstract ramuan mengkudu yang fungsinya buat rambut kelihatan lebih hitam.. dan hasilnya sangat memuaskan. Ahlirambut.com memng ahlinya permasalahan rambut

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *