Interviews

Wawancara Singkat dengan Agil Asyrofi, Founder Toko Online Jual-Kacamata.com

 

   

Agil Asyrofi adalah pemilik toko online jual-kacamata.com, sebuah toko online yang menjual berbagai macam brand dan model kacamata. Di antara kerasnya persaingan model penjualan kacamata secara online, bagaimana toko online Agil bisa bertahan? Simak cerita Agil dengan tim Mebiso berikut ini.

Halo mas Agil, bisa diceritakan latar belakang pendirian bisnis anda?

Jual-kacamata.com awalnya dari iseng. Sekitar dua tahun lalu, saya punya kacamata yang baru dibeli dan nganggur. Maka saya coba jual di WordPress ternyata kok bisa menghasilkan. Saya lanjutkan sampai sekarang, kami bisa memiliki website sendiri dengan JagoanStore :-)

Apa aktivitas seorang pemilik toko online sehari-harinya?

Selama ini selain jualan di website, kita juga jualan di Facebook. Jadi kegiatan yang rutin saya lakukan adalah upload produk baru di halama-halaman kami. Khusus untuk website, fokus kami lebih ke arah meningkatkan SEO. Sedangkan untuk masalah administrasi, kegiatannya mulai packing, shipping, serta handling order dan complain baik via sms atau BBM.

Oh iya, karena produk kita stoknya sebulan sekali. Jadi di awal bulan pasti suasananya selalu hiruk pikuk untuk foto produk, editing, dan upload. Cukup seru.

Di tengah kepadatan tersebut, bagaimana anda refreshing ketika liburan?

Faktanya adalah tidak ada liburan ketika Anda memutuskan jadi enterpreneur. Namun uniknya, setiap hari bisa dijalani tanpa beban ketika anda melakukan hal yang benar-benar anda sukai. Maka saya rasa refreshing bisa dibilang tidak perlu.

Selama ini apakah ada persaingan di bidang anda?

Pasti ada. Saya sepenuhnya sadar bahwa toko online kacamata masuk di kawasan red ocean. Artinya banyak sekali pelakunya. Setiap hari ada saja yang namanya saling salip menyalip di Google untuk jadi nomor satu. Makanya saya sangat mengutamakan upaya rutin untuk optimalisasi website dari segi SEO.

Apa tantangan terbesar yang anda alami di bidang ini?

Tantangan terbesar saya kembali ke masalah SEO. Menurut saya, SEO adalah key factor dari sebuah toko online. Kalau kita punya toko online, tapi tidak muncul di search engine, artinya sia-sia. Tidak akan ada pembeli.

Apa yang anda lakukan untuk mempelajari seputar SEO?

Saya awalnya cukup awam untuk masalah SEO. Maka, saya mengawalinya dengan menggunakan jasa SEO. Kemudian sekian lama berjalan, kita belajar dari kanan kiri, sekarang kita sudah bisa pegang optimalisasi sendiri. Intinya adalah pengalaman. Learning by doing.

Mengenai pelayanan, apa yang sudah anda lakukan?

Salah satu tantangan yang saat ini kami hadapi adalah masalah pelayanan dari segi anggaran untuk pemberian diskon, dlsb. Karena terus terang saya menganggap kebijakan seperti ini  belum bisa terukur pengaruhnya kepada penjualan. Namun sekarang kita sedang coba melakukan pengujian langsung.

Apakah terbatas dengan pemberian diskon saja?

Tidak, pelayanan sangat luas. Misalnya di luar bisnis saya, nggak usah jauh-jauh, yaitu JagoanStore.com. Selama pakai JagoanStore, saya sering mendapat informasi mengenai event-event dan lomba-lomba. Barusan saja saya juga terima email dari Anda tentang lomba hari Pahlawan yang total hadiahnya hingga 10 juta tertutup bagi pelanggan Jagoan. Dari segi customer seperti saya, hal ini sangat bagus karena provider lain mungkin hanya sekedar jualan saja tanpa ada pendekatan dengan client mereka. Inilah yang saya pelajari dari Anda untuk diterapkan ke bisnis saya :-)

Dari segi pelayanan, pengalaman apa yang paling berkesan bagi anda?

Selama kami bisa menangani setiap komplain pelanggan dengan baik, seperti masalah retur, dlsb, maka hal ini sudah cukup mengesankan bagi saya.

Rencana ke depan jual-kacamata.com?

Kita masih belum ada toko offline. Jadi masih sedikit lingkungan kita sendiri yang tahu tentang keberadaan jual-kacamata.com, meski hasilnya bisa dibilang sudah cukup besar. Maka rencana kita di masa depan adalah membuka toko offline. Saat ini masih mencari lokasi yang cocok. Hingga saat itu, kita akan fokus dulu di online. Karena toh cost yang dibutuhkan di offline lebih tinggi, sementara hasilnya di online bisa lebih banyak.

Siapa sosok yang jadi inspirasi anda?

Paman saya. Saya selalu mengingat pesannya bahwa “ketika kita punya niat, maka hal sesepele apapun bisa jadi sebuah usaha yang sukses”.

Super sekali mas Agil. Terimakasih telah meluangkan waktu anda untuk berbagi secara singkat dengan pembaca Mebiso. Semoga sukses.

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnismediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun!

Mebiso

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

           

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *