KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Belajar Buat Nama Merek Dari Isu Tupperware Bangkrut

Belajar Buat Nama Merek Dari Isu Tupperware Bangkrut

MEBISO.COM – Sebelum berita Tupperware bangkrut merebak, tahukah kamu berapa lama mereknya beredar? Di negara asalnya Amerika, merek ini ternyata sudah mulai di pasarkan sejak 77 tahun yang lalu. 

Bahkan di Indonesia merek Tupperware ini sudah mulai di daftarkan sejak tahun 1999. Seperti bahannya dari setiap produknya yang terkenal awet dan tahan lama, merek dari Tupperware pun berhasil untuk bertahan selama puluhan tahun. 

Isu Tupperware Bangkrut

Berita bangkrutnya salah satu produk andalan ibu-ibu di Indonesia ini mulai muncul sejak pertengahan bulan April lalu. Beberapa alasan yang menyebabkan perusahaan terancam bangkrut adalah karena saham perusahaan yang terus menerus menurun secara drastis. 

Selain penurunan saham tersebut, kabarnya perusahaan juga mulai kehabisan dana untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan. Akibatnya, CEO dari Tupperware juga sudah mulai mempelajari kemungkinan adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) para karyawannya. 

Banyak hal yang mulai dilakukan perusahaan untuk menyelamatkan bisnisnya, termasuk dengan melakukan peninjauan kembali terhadap aset-aset perusahaan. Hal ini dilakukan untuk bisa menambahkan keuangan perusahaan. 

Salah satu aset yang termasuk ke dalam bahan peninjauan adalah beberapa real estate yang di miliki oleh perusahaan. Tapi, ada aset lainnya yang bisa menjadi bahan perusahaan untuk misi penyelamatan perusahaan. 

Aset tersebut adalah nama merek yang sampai saat ini sudah terlindungi dan tentunya sudah banyak di kenal orang di seluruh dunia. Sebagai perusahaan yang sudah menjalankan bisnis selama 77 tahun, walaupun diisukan Tupperware bangkrut, tapi terbukti mampu mempertahankan nama mereknya. 

Bahkan bukan hanya berhasil melewati proses pemeriksaan merek di beberapa negara, Tupperware juga bisa meyakinkan konsumennya untuk tetap setia menggunakan produk yang sama selama bertahun-tahun. 

Dari kesuksesannya menjaga nama merek tersebut, tentunya ada cara atau trik yang bisa di tiru oleh pelaku usaha lainnya. Salah satunya adalah dengan memilih nama merek yang bisa menjadi powerful bertahun-tahun. 

Kesuksesan Nama Tupperware

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu ikuti dari kesuksesan nama Tupperware:

Cari nama yang unik

Tupperware bangkrut? 77 tahun yang lalu apa arti kata “Tupperware”? Bahkan bisa saja perusahaan memilih kata ini secara acak dan memang tidak memiliki arti apapun apabila di terjemahkan ke dalam bahasa lain. 

Alhasil, dengan memilih nama yang unik, Tupperware berhasil masuk ke dalam pasar beberapa negara lainnya sekaligus mendapatkan penerimaan merek di negara tersebut. 

Contohnya seperti di Indonesia, sistem pendaftaran merek di Indonesia selalu merujuk pada UU Merek. Artinya, walaupun pengajuannya dari negara asing, tapi pada saat proses pemeriksaan akan mengikuti hukum di Indonesia. 

Pada saat pengajuan merek tersebut, pemeriksa pasti akan menimbang merek dengan menggunakan tolak ukur undang-undang. Pertanyaan “Apa arti Tupperware dalam Bahasa Indonesia” pun bisa jadi muncul pada saat pemeriksaan merek. 

Tapi, karena nama tersebut benar-benar unik, maka ketika di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia tidak memunculkan arti apapun. Ini adalah kunci pertama merek Tupperware bisa lolos pemeriksaan. 

Tidak berkaitan dengan produk

Selain unik, juga ada kriteria lainnya nama merek ini bisa sukses melewati proses pemeriksaan. Seperti yang di sampaikan pada Pasal 20 UU Merek, kalau nama merek itu tidak boleh sama atau berkaitan dengan produk. 

Apa produk dari merek Tupperware? Terkenal sebagai perusahaan produsen wadah-wadah makanan, maka kata yang paling mendekati dengan merek ini adalah “Bowl”, “Lunchbox”, dan “Plate”.

Tapi, Tupperware tidak menggunakan kata-kata itu. Bahkan di dalam nama-nama merek modifikasinya juga tidak menggunakan kata-kata umum pada produk wadah makanan. 

Hal ini bisa menambah kekuatan merek sehingga pemeriksa juga bisa yakin memberikan hak merek kepada perusahaan selama bertahun-tahun.

Dibalik berita Tupperware bangkrut, ada pelajaran mengenai perlindungan nama merek yang bisa di ambil oleh pengusaha. Dan agar bisa sukses melindungi merek seperti Tupperware, hindari penggunaan nama yang sama dengan cara menggunakan fitur Cek Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda