KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Berapa Biaya Mendaftarkan Merek Dagang? Ini Dia Jawabannya

Berapa Biaya Mendaftarkan Merek Dagang

MEBISO.COM – Berapa biaya mendaftarkan merek dagang? Ternyata biaya daftar merek itu bukan cuma Rp 1.800.000. Karena sebelum membayar biaya itu, kamu perlu melihat lebih dalam detail dari merekmu. 

Hal ini karena harga yang ditampilkan DJKI itu untuk di satu merek saja di satu kelas. Jadi, sebelum bisa menjawab berapa biaya mendaftarkan merek dagang, jawab dulu pertanyaan yang ada di bawah ini:

Ada berapa nama merek?

Contohnya kamu punya nama usaha yang kamu gunakan sampai saat ini yaitu  “ABC”, tapi kamu juga punya beberapa modifikasi. Seperti “New ABC”, “Super ABC”, dan “Top ABC”, semua nama ini berikut modifikasinya akan kamu lindungi, maka yang harus kamu daftarkan ada 4 nama merek. 

Alhasil, biaya yang harus kamu sediakan adalah Rp 1.800.000 dikalikan 4. Ini adalah perhitungan pertama, masih ada hal yang harus kamu ketahui. 

Selanjutnya adalah tentang jumlah kelas merek. Ada berapa kelas dari masing-masing nama itu?

Kelas merek

Kelas memiliki kaitan dengan jenis kegiatan usaha dan juga jenis produk. Pada bagian ini, pengusaha lah yang paling paham dengan jenis usahanya. Pertanyaan paling sederhana adalah mengenai jenis kegiatan yang akan kamu lakukan menggunakan nama tersebut. 

Selain itu, cek juga barang yang kamu pasarkan. Selanjutnya kamu bisa menyesuaikan jenis kelas yang sudah ada. 

Karena saat ini sudah ada 45 kelas, kamu bebas mengambil kelas yang paling sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Dan karena pilihannya ada bermacam-macam, bisa jadi kamu menemukan beberapa kelas yang mirip, tapi kamu bisa memutuskan untuk mendaftarkan salah satunya lebih dulu. 

Apalagi, kalau kamu ternyata menjalankan bisnis dengan cara memproduksi semua hal yang berkaitan dengan produk utama. Misalnya produk utama yang kau jual adalah kebab. Dengan kata kunci itu, kamu bisa menemukan 4 kelas. Kelas 29, 30, 40, dan 43. 

Apakah penjelasan dari jenis barang dan jasa dari kelas itu sesuai dengan bisnis kamu? Kalau iya, siapkan juga biaya sebesar Rp 1.800.000 dikali jumlah nama merek kemudian dikali jumlah kelas mereknya. 

Biaya tambahan

Selain nominal yang menjadi biaya pendaftaran di atas, ada juga biaya ekstra kalau kamu meminta bantuan tenaga profesional. Biaya ini adalah:

  1. Harga untuk pengecekan
  2. Biaya konsultasi
  3. Biaya pemantauan merek sampai terdaftar

Dan melalui Jasamerek.com ada paket komplit yang bisa kamu dapatkan dengan membayar Rp 2.800.000 dan tentunya biaya ini sudah termasuk pembayaran kepada negara untuk perhitungan satu merek di satu kelas. 

Jadi, pertanyaan terkait biaya yang perlu kamu keluarkan untuk bisa mendapatkan satu merek dagang adalah hanya Rp 2.800.000 dengan bantuan dari Jasamerek.com. 

Dengan satu kali pembayaran, kamu sudah mendapatkan perlindungan untuk merek, update setiap perubahan statusnya, sekaligus bantuan penentuan kelas tergantung dari jenis barang sekaligus bisnis kamu. 

Jadi, sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak mempercayakan merekmu kepada ahli yang tepat. Apalagi, urusan merek ini bisa menjadi investasi jangka panjang untuk usaha kamu. 

Berapa biaya mendaftarkan merek dagang ini sangat fleksibel dan tentunya bisa didiskusikan dengan ahli merek kamu. Selain itu untuk menghemat biaya pengecekannya, sekarang kamu bisa melakukan pengecekan secara mandiri melalui fitur Cek Merek milik Mebiso.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah