KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Brand Exposure: Pengertian dan Tipsnya untuk Pengusaha

Brand Exposure: Pengertian dan Tipsnya untuk Pengusaha

MEBISO.COM – Apa itu brand exposure dan bagaimana cara perusahaan meningkatkannya? Artikel berikut akan menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian hingga tips untuk para pengusaha. 

Pengertian Brand Exposure

Brand exposure adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk memastikan apakah merek itu dilihat, diperhatikan dan dikenali oleh masyarakat. Semakin banyak usaha ini dilakukan, maka akan meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap suatu merek tersebut. 

Agar usaha ini berhasil, biasanya para pengusaha bekerja sama dengan para influencer yang sudah memiliki nama besar untuk mengenalkan merek dan produk mereka. 

Dari pengertian di atas, terdapat perbedaan brand exposure vs brand awareness. Brand exposure merupakan seberapa besar konsumen melihat merek, sedangkan brand awareness merupakan ukuran seberapa besar konsumen mengenali produk tersebut. 

Keduanya sama-sama penting dalam proses pemasaran karena semakin sering kamu melakukan exposure terhadap suatu produk, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan pelanggan mengenali produkmu. Tentunya, hal ini kemudian mengakibatkan adanya peningkatan penjualan. 

Manfaat Brand Exposure

Karena ternyata memiliki peran yang sangat penting, sebaiknya kamu mulai memperhatikan aspek ini karena bisa mendatangkan manfaat sebagai berikut. 

1. Brand Awareness

Pertama, produk yang kamu pasarkan bisa lebih dikenal oleh para pelanggan. Seperti pada penjelasan di atas, awareness ini sama pentingnya dalam proses pemasaran sebuah produk. 

Dengan melakukan pengenalan secara massif, pelanggan bisa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk yang kamu jual. 

2. Menarik Minat Pelanggan

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah kegiatan ini bisa menarik minat pelanggan terhadap produkmu. Kamu perlu menarik minat pelanggan lebih dulu untuk bisa menciptakan transaksi hingga menjadi keuntungan bagi perusahaan. 

3. Pertimbangan

Setelah berhasil menarik minat dari pelanggan, dengan adanya exposure produk yang tadinya mungkin hanya lewat bisa menjadi salah satu pilihan pelanggan. Pada tahap ini, kamu sudah selangkah lebih dulu dibandingkan kompetitor dengan produk yang sama. 

4. Action

Setelah selesai melakukan pertimbangan, maka pelanggan akan membuat keputusan untuk membeli produkmu atau memilih produk lainnya. Tahap ini menjadi penentu apakah exposure yang kamu lakukan sudah berhasil atau tidak. 

Tips Meningkatkan Brand Exposure

Ada cara-cara tertentu yang bisa kamu lakukan agar usahamu mengenalkan merek bisa berhasil. Berikut adalah tips yang bisa kamu jalankan. 

1. Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Pertama, kamu perlu tetap menjalin hubungan baik dengan konsumen. Caranya, dengan memberikan jawaban sesuai kebutuhan konsumen, kemudian memberikan promosi secara berkala atau juga meminta pendapat konsumen terkait rencana inovasi baru. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan event sharing session dengan tujuan mengenalkan produk atau memberikan kelas gratis kepada konsumen. 

2. Gunakan Media Sosial

Saat ini, media sosial tidak pernah gagal dalam mengenalkan sesuatu. Bahkan yang tadinya bukan siapa-siapa bisa langsung menjadi terkenal karena bantuan media sosial. 

Hal inilah yang bisa kamu manfaatkan. Kamu, bisa mulai memamerkan produk melalui media sosial yang sesuai dengan pelangganmu. Sampaikan juga informasi-informasi penting berkaitan dengan produk yang kamu tawarkan, lalu buatlah sebuah postingan yang menarik. 

Jangan lupa juga untuk memasang hashtag yang tepat agar konsumen bisa lebih mudah menemukan produkmu. 

3. Menerapkan SEO 

Selain media sosial, ada salah satu portal lainnya yang menjadi sumber informasi bagi pelanggan. Portal ini berupa mesin pencarian otomatis. Apabila kamu ingin informasi mengenai produk yang kamu pasarkan bisa segera sampai pada pelanggan, jangan lupa untuk memaksimalkan kekuatan SEO dari website bisnismu. 

Dengan mengoptimasi SEO, kamu bisa membuat mesin pencari seperti Google menampilkan informasi bisnis pada halaman pertama sehingga pelanggan lebih cepat menemukanmu. 

Jadi, mulailah menyiapkan website khusus sebagai sarana brand exposure terhadap produk yang kamu pasarkan.

4. Kolaborasi

Saat ini banyak brand-brand besar yang mulai melakukan kerja sama satu sama lain bahkan dengan produk yang benar-benar berbeda. Fungsinya, adalah untuk meningkatkan jumlah pelanggan dengan memanfaatkan ketenaran nama masing-masing. 

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama. Apabila saat ini masih belum ada merek yang bersedia untuk melakukan kolaborasi bersama dengan produkmu, mulailah menggunakan jasa influencer

Mulailah dengan melakukan endorse kepada beberapa influencer yang sudah memiliki banyak penggemar. 

5. Susun Nama, Logo, berikut Slogan yang Menarik

Sekarang kamu sudah mengetahui langkah-langkah untuk mengenalkan produk, maka jangan lupa untuk memberikan suatu tanda pengenal agar konsumen mudah menyebutkan produkmu. 

Pembuatan tanda pengenal ini pun ada aturannya. Pastikan kamu sudah memahami seluruh aturan dalam pembuatan tanda pengenal supaya terhindar dari masalah pendaftaran nantinya. 

Setelah berhasil menemukan penanda yang unik, kamu juga masih harus memastikan penggunaan nama ini hanya untuk merekmu saja. Caranya, dengan membatasi pendaftaran merek serupa melalui laporan ke DJKI setiap kali ada pendaftaran merek baru. 

Memantau Pendaftaran Merek Secara Otomatis

Semakin berhasil brand exposure dari produkmu, pasti akan banyak kompetitor yang tertarik mengikuti jejak kesuksesanmu. Caranya, adalah dengan membuat merek yang mirip. Agar hal ini tidak merugikan bisnismu, kamu bisa mulai mempertimbangkan fitur Proteksi Nama Merek dari Mebiso.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah