KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Membuat Brand Skincare Sendiri dengan Tepat dan Aman

Cara Membuat Brand Skincare Sendiri

MEBISO.COM – Sekarang ini bisnis skincare sangat menjanjikan. Jadi kalau kamu juga tergiur menjalankan usaha yang sama, sekaranglah waktu yang tepat untuk mendapatkan cara membuat brand skincare sendiri. Berikut adalah penjelasan lengkap agar kamu tidak salah langkah. 

8 Cara Membuat Brand Skincare Sendiri

Agar brand skincare milikmu berhasil meledak di pasaran, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat brand yang sukses. 

1. Tentukan Konsep Bisnis

Langkah pertama yang harus kamu siapkan adalah menyiapkan konsep khusus untuk bisnismu. Konsep adalah poin utama yang harus kamu siapkan. Usahakan untuk menyiapkan konsep yang paling sesuai dengan kondisi keuangan, agar kedepannya bisnis berjalan lancar. 

Tapi kamu tidak perlu khawatir kalau modal awal usaha skincare yang kamu miliki saat ini terbatas, karena banyak opsi bisnis yang bisa kamu jalankan seperti misalnya dropshipper atau reseller skincare. Kalau kamu sudah yakin dengan modal yang kamu miliki, membangun brand skincare sendiri bukan menjadi masalah yang besar. 

2. Riset dengan Baik

Mengawali bisnis dengan riset pasar yang baik akan mengantarkan bisnismu menuju kesuksesan. Banyak hal yang bisa kamu temukan melalui riset, seperti misalnya minat pelanggan terhadap produkmu, kemudian bisa juga mengenai harga yang paling tepat untuk target pasarmu. 

Bahkan lebih jauh lagi, kalau kamu juga melakukan riset untuk menemukan nama brand yang baik, kamu akan mendapatkan pertimbangan mengenai lolos tidaknya pilihan nama merekmu itu. 

Sehingga, pastikan kamu sudah melakukan riset yang mendalam mengenai rencana bisnismu. 

3. Siapkan Pengetahuan Mengenai Skincare

Dalam salah satu cara membuat brand skincare sendiri, kamu juga harus menguasai pengetahuan mengenai skincare tersebut. Misalnya seperti pengetahuan mengenai bahan-bahan dari skincare atau tren kecantikan yang sedang ramai saat ini. Termasuk produk apa yang akan kamu buat nantinya. 

Apabila kamu tidak memiliki cukup kemampuan mengenai hal ini, kamu bisa merekrut tenaga ahli yang berpengalaman di bidangnya. Dengan begitu, kamu bisa fokus mengembangkan bisnis sambil terus memperdalam pengetahuan mengenai skincare

4. Tetapkan Target Pasar

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menentukan target pasar untuk produkmu. Hal ini untuk menghindari kegagalan promosi karena tidak berhasil menjangkau target pasar yang tepat. 

Selain itu juga agar produk yang kamu tawarkan sesuai dengan kebutuhan pasar. Misalnya, apakah skincare milikmu adalah untuk digunakan oleh pria atau wanita. Apakah produk yang kamu tawarkan cocok untuk penggunaan di daerah tropis atau tidak. 

5. Pilih Nama Brand 

Selanjutnya, adalah waktu yang tepat untuk menentukan nama brand. Karena kamu sudah memegang bekal dari hasil riset dan juga sudah menentukan target pasar yang pas, tentunya kamu tidak akan menemukan masalah dalam memilih nama yang sesuai. 

Ingat, satu hal yang harus kamu pertimbangkan setelah menemukan nama yang cocok untuk pelanggan adalah memastikan nama itu juga lolos pemeriksaan DJKI. Caranya, adalah dengan memastikan tidak ada merek yang sama sebelumnya atau kamu benar-benar membuat nama itu secara orisinil. 

6. Desain Kemasan Produk

Urusan kemasan ini juga harus kamu pikirkan baik-baik. Bukan hanya dari unsur estetika saja, tapi pastikan kemasan itu juga benar-benar bisa melindungi produk dan sesuai dengan kebutuhan produk. 

Tentunya akan menjadi nilai tambah ketika kamu berhasil menjadikan kemasan tersebut sebagai media untuk melindungi produk sekaligus menarik pelanggan dari segi estetika dan fungsinya. 

Jangan lupa juga, kemasan yang kamu desain sedemikian rupa bisa kamu daftarkan perlindungannya ke dalam salah satu jenis Kekayaan Intelektual. 

7. Pahami Regulasi Bisnis Skincare

Tahap selanjutnya adalah tahap yang bisa menjamin keamanan bisnismu. Pengusaha yang baik harus selalu memperhatikan segi legalitasnya juga. Sebelum bisnismu benar-benar berjalan, mulai cari tahu legalitas apa saja yang perlu kamu siapkan. 

Mulai dari dokumen pendirian perusahaan, kemudian izin edar dari skincare tersebut, bahkan aspek perlindungan KI. Seluruh ketentuan ini adalah modal yang harus kamu siapkan sejak awal untuk mengindari adanya gangguan di kemudian hari. 

Tentu kamu tidak ingin bisnis yang kamu bangun harus tutup karena kekurangan dokumen perizinan. Yang lebih menyeramkan, apalagi kalau alasan gagalnya bisnismu adalah karena adanya aksi penjiplak merek. 

8. Lakukan Promosi

Setelah semuanya aman, cara membuat brand skincare sendiri yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mengenalkan produk itu sendiri. Ini adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya pelanggan baru. 

Untuk pertama kali, kamu bisa menggunakan media sosial milikmu. Apalagi saat ini semua orang sudah menggunakan media sosial, tentu tidak sulit menawarkan produk skincare baru milikmu melalui media sosial. 

Jangan lupa juga untuk memberikan beberapa promosi agar semakin menarik minat pelanggan.

Perlindungan Brand Skincare

Setelah menerapkan cara membuat brand skincare sendiri seperti panduan di atas, tentunya kamu mengharapkan produkmu populer. Tapi jangan salah, setelah namamu terkenal kamu tetap harus mengamankannya dari jeratan penjiplak. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencoba fitur Perlindungan Merek dari Mebiso sekarang juga.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda