KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

10 Cara Membuat Google Bisnis agar Produk Semakin Terkenal!

Cara Membuat Google Bisnis Agar Produk Semakin Terkenal!

MEBISO.COM – Tahukah kamu? Kalau pengusaha yang menguasai cara membuat google bisnis akan lebih mudah membuat produknya semakin terkenal. Nah, agar kamu termasuk salah satu pengusaha yang sukses menjadikan produk semakin terkenal, yuk simak penjelasan dari artikel berikut. 

Apa Itu Google Bisnis?

Hal pertama yang harus kamu kuasai sebelum menjalankan cara membuat google bisnis adalah dengan memahami arti dari fitur canggih tersebut. Google Bisnis merupakan salah satu fitur untuk membantu para pengusaha memperkenalkan bisnisnya. 

Fitur ini adalah fitur khusus untuk bisa menuliskan nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan informasi lainnya mengenai usahamu. Dengan begitu, konsumen juga akan lebih mudah menemukan bisnis yang sedang kamu jalankan. 

Tentunya, hal ini akan sangat memudahkan bagi pebisnis dan pelanggan agar bisa langsung melakukan proses transaksi. 

10 Cara Membuat Google Bisnis

Nah setelah memahami apa itu google profil bisnis, berikut ini merupakan tahapan yang harus kamu lakukan untuk bisa memanfaatkan fitur tersebut. 

1. Login atau Buat Akun

Dengan menggunakan komputer, kamu bisa mulai masuk dengan akun Google yang kamu miliki khusus untuk usahamu. Apabila saat ini kamu masih belum menyiapkan akun google khusus, maka kamu bisa mulai untuk membuatnya. 

2. Buka Buat Profil

Selanjutnya, kamu bisa mulai untuk membuat profil. Google akan mengarahkanmu menuju halaman khusus pembuatan profil bisnis. 

3. Verifikasi Nama Bisnis

Pada langkah ini, kamu akan diminta untuk memasukkan nama bisnis. Fungsinya adalah untuk memverifikasi nama bisnismu. Pasalnya, google bisa saja menolak nama yang kamu ajukan apabila sudah ada nama lain yang terdaftar. 

Nah, tetapi, apabila sebelumnya kamu sudah memiliki akun bisnis google dan akan menggunakan nama yang sama, kamu bisa proses klaim kepemilikan bisnis. 

4. Sesuaikan Kategori Bisnis

Selanjutnya, kamu bisa mulai memilih kategori bisnis sesuai dengan yang disediakan dari google. Usahakan untuk memasukkannya secara spesifik sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. 

5. Klik Berikutnya

Setelah yakin dengan seluruh dari cara membuat google bisnis, kamu bisa melanjutkan dengan klik “berikutnya”. Dengan begitu, google akan memvalidasi isian kamu dan mengarahkan ke langkah selanjutnya.

6. Preferensi Kunjungan Lokasi

Canggihnya, melalui fitur ini kamu juga bisa memberikan informasi mengenai ketersediaan kunjungan ke lokasi bisnis. Kalau kamu memiliki kantor fisik dan bersedia untuk dikunjungi oleh pelanggan, kamu bisa menyesuaikan waktu kunjungan sesuai dengan jam kantor. 

Tetapi, kalau saat ini kamu masih belum memiliki kantor fisik, kamu juga bisa memberikan informasi tersebut. Caranya, pada bagian ini kamu bisa memilih “Tidak” untuk preferensi kunjungan ke lokasi bisnisnya. 

7. Area Layanan Bisnis

Cara membuat google bisnis selanjutnya adalah dengan memasukkan area layanan bisnis. Kamu bisa memasukkan hingga 20 area layanan bisnis. Sesuaikan juga dengan jangkauan layanan yang bisa kamu berikan. 

Masing-masing dari area layanan tersebut, bisa kamu masukkan ke dalam google detail lokasinya. Mulai dari kota, kode pos, berikut area layanan lain. 

Satu tips yang bisa kamu gunakan adalah, usahakan untuk memasukkan area layanan yang lokasinya tidak lebih dari 2 jam mengemudi dari lokasi bisnismu. 

8. Masukkan Nomor Telepon dan URL

Pastikan kamu juga memasukkan nomor telepon bisnis sekaligus link website dari bisnis yang kamu jalankan. Kebanyakan, pelanggan akan fokus pada dua hal ini. Jadi, pastikan kamu selalu update terhadap dua hal ini. 

Jangan sampai hanya karena kesalahan menulis informasi nomor telepon atau link website kamu justru kehilangan pelanggan. 

9. Klik Berikutnya

Nah, saat ini kamu sudah hampir menyelesaikan seluruh tahapan untuk menampilkan usahamu di google. Sebelum benar-benar mengakhiri seluruh cara membuat google bisnis, kamu bisa meninjau kembali isian yang sudah kamu masukkan. 

Apabila semuanya sudah tepat, inilah saatnya mengirimkan permohonanmu ke google dengan cara klik “Berikutnya”.

10. Klik Selesai

Google akan memberikanmu verifikasi ulang pada tahap ini. Kalau kamu sudah benar-benar yakin dengan seluruh isiannya, maka lanjutkan dengan klik “Selesai”. Nah, pada tahap ini, usahakan kamu sudah memasukkan nomor telepon sesuai masing-masing lokasi. Bukan satu nomor telepon lokasi usaha pusat. 

11. Opsi Verifikasi

Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembuatan google bisnis, kamu akan sekali lagi mendapatkan kesempatan untuk memilih opsi verifikasi. Nah, sebaiknya, sebelum kamu menggunakan opsi verifikasi ini, seluruh data yang kamu masukkan sudah pasti sesuai, ya!

Khusus untuk proses verifikasi, google akan memberikan 2 pilihan. Pertama adalah dengan melakukan proses verifikasi saat ini juga, atau yang kedua adalah untuk melakukan proses verifikasi nanti. 

Untuk proses verifikasi ini, pastikan adalah orang yang benar-benar berwenang terhadap bisnis itu. 

Perlindungan setelah Memiliki Akun Google Bisnis

Nah, setelah kamu berhasil melalui seluruh tahapan pembuatan google bisnis di atas, kamu pun perlu langkah pengamanan bisnis. Hal ini karena setelah mendapatkan akun bisnis, usaha yang kamu jalankan akan semakin terkenal. Jadi, setelah selesai dengan seluruh cara membuat google bisnis di atas, amankan bisnismu dengan menggunakan fitur Perlindungan Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda