KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Membuat WA Bisnis dengan Instan sebagai Penunjang Usaha

Cara Membuat WA Bisnis dengan Instan sebagai Penunjang Usaha

MEBISO.COM – Masih menggunakan aplikasi Whatsapp biasa untuk bisnismu? Kalau iya, maka kamu perlu menyimak penjelasan di bawah ini untuk cara membuat WA bisnis. Apalagi, dengan menggunakan aplikasi khusus ini maka kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang menguntungkan!

Berikut adalah panduan lengkap dan mudah dalam memanfaatkan aplikasi Whatsapp dalam bisnismu. 

Whatsapp Bisnis Adalah

Sejak kemunculannya, aplikasi satu ini sudah berhasil menarik perhatian para pengusaha. Bukan hanya pebisnis kakap, tapi usaha-usaha UMKM pun mulai memanfaatkannya sebagai media berkomunikasi dengan pelanggan. 

Seperti namanya, aplikasi satu ini adalah terobosan khusus untuk para pebisnis. Di dalamnya terdapat banyak sekali fitur seperti katalog, pencantuman waktu operasional bisnis, dan juga deskripsi mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Bahkan, pengusaha yang akan menggunakan aplikasi ini tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun! Tentunya, dengan berbagai tambahan fitur di atas, hal ini akan sangat menguntungkan bagi pengusaha. 

Cara Membuat WA Bisnis

Untuk bisa memanfaatkan berbagai fitur di atas, kamu perlu membuat akun lebih dulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendapatkan akun pada aplikasi khusus tersebut. 

1. Dapatkan Aplikasinya

Cara menggunakan Whatsapp bisnis yang pertama adalah dengan mendapatkan aplikasi tersebut. Hal ini karena aplikasinya benar-benar berbeda dengan aplikasi yang biasa kamu gunakan sehari-hari. 

Untuk bisa mendapatkannya, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi resmi melalui Playstore. 

2. Daftar Whatsapp Bisnis

Cara membuat WA Bisnis selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran akun dari aplikasi yang telah kamu unduh sebelumnya. Prosesnya sama seperti pada saat kamu mendaftar akun pada aplikasi Whatsapp yang sudah pernah kamu miliki sebelumnya. 

Tapi, untuk proses ini usahakan untuk menggunakan nomor bisnismu secara khusus. Pastikan kamu sudah memasukkan nama bisnis sebagai nama akun. Selanjutnya, kamu juga bisa memasukkan foto logo sebagai gambar profil pada tahap pembuatan akun ini. 

3. Isi Keterangan dalam Profil

Ini dia yang menjadikan beda Whatsapp bisnis dan biasa karena kamu bisa mengisikan keterangan tambahan dalam akun. Ketika dalam aplikasi biasa kamu hanya bisa menuliskan bio atau keterangan dalam profil, tapi kali ini berbeda. 

Keterangan yang bisa kamu masukkan disini adalah seperti nama bisnis, kemudian alamat bisnis atau kantor, dan juga website atau kontak lainnya seperti media sosial selain Whatsapp yang sudah kamu miliki. 

Bahkan kamu pun bisa memasukkan informasi mengenai jam operasional kantor atau usaha yang kamu jalankan dalam aplikasi. Dengan begitu, pelanggan bisa mengirimkan pesan atau melakukan pembelian sesuai dengan jam operasional bisnis. 

4. Pesan Otomatis

Lalu, apa kelebihan Whatsapp bisnis? Berikutnya, ini dia yang menjadikan cara membuat WA bisnis menjadi keunggulan yang menonjol. Dari seluruh rangkaian proses cara mendaftar Whatsapp bisnis, kamu pun bisa memanfaatkan pesan otomatis. 

Fungsi dari pesan otomatis ini berkaitan dengan pengaturan mengenai jam operasional bisnis sebelumnya. Ketika kamu mendapatkan pesan atau calon pelanggan di luar jam operasional, kamu bisa mengirimkan pesan khusus agar pelanggan tidak merasa diabaikan. 

Pesan ini merupakan jenis Away Message ketika bisnis sudah tidak aktif lagi. Alhasil, fitur ini akan membantumu menyampaikan pesan khusus mengenai jam operasional kantor secara langsung kepada pelanggan atau pesan mengenai kamu akan memproses pesanan secepat mungkin. 

Selain Away Message, ada juga Greeting Message dan Quick Replies. Berbagai kemudahan ini bisa kamu dapatkan melalui menu Settings dan tentunya akan sangat memudahkan dalam berkomunikasi dengan pelanggan. 

Greeting Message misalnya, ketika ada banyak sekali pesan yang masuk Whatsapp akan menyapa pelanggan secara otomatis sehingga mereka tidak akan kabur karena kamu terlambat menjawab pesannya. 

Sedangkan untuk Quick Replies, kamu bisa membuat jawaban-jawaban khusus terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu. Biasanya, pengusaha memanfaatkan fitur ini untuk menjawab pesan-pesan yang yang sering dikirimkan oleh pelanggan dan membutuhkan jawaban yang sama. 

Fitur-fitur di atas hanya bisa kamu dapatkan ketika telah menguasai cara membuat WA bisnis. 

5. Tentukan Waktu Balas Pesan

Selanjutnya, setelah mengatur tentang isi pesan balasan, pastikan untuk mengatur jam pengirimannya juga. Contohnya, pesan balasan otomatis ketika jam operasional berakhir. 

Atau, jangan lupa juga untuk mengatur pesan balasan ketika jam operasional belum mulai untuk Greeting Message. Biasanya, pengusaha akan memaksimalkan dua pilihan waktu pembalasan pesan ini ketika sudah berhasil menguasai cara membuat WA bisnis. Apalagi kedua fitur di atas tidak bisa kamu dapatkan pada aplikasi biasa.

Hal Penting Sebelum Mendaftar WA Bisnis

Tapi tahukah kamu? Kalau setelah menguasai cara membuat WA bisnis ternyata tidak menjamin usaha yang kamu jalankan akan aman. Aplikasi ini mungkin akan sangat membantumu untuk menjalankan bisnis dengan lebih mudah. 

Tapi, diluar sana bisa saja ada pengusaha lainnya yang juga menggunakan nama yang sama dengan WA bisnis milikmu! Dengan begitu, kamu perlu usaha lain untuk mencegah munculnya bisnis-bisnis tiruan semacam itu. 

Misalnya, dengan cara mengamankan merek, menjadikannya satu-satunya milikmu dan pastikan tidak ada bisnis lain dengan nama yang sama. Jadi, mulailah meluangkan waktu lebih untuk memproses perlindungan bisnis di atas. 

Solusi Perlindungan Bisnis dengan Mudah

Khawatir cara membuat WA bisnis akan menjadi sia-sia karena ternyata harus mengganti merek? Sekarang sudah ada solusi Perlindungan Nama Merek dari Mebiso yang bisa membantumu untuk mengawasi kemunculan bisnis-bisnis tiruan!

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah