KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cek Legalitas Perusahaan sebagai Pembuktian Bisnis Aman

Cek Legalitas Perusahaan sebagai Pembuktian Bisnis Aman

MEBISO.COM – Ada satu langkah penting yang mana semua orang harus memahaminya. Adalah cek legalitas perusahaan agar seluruh proses bisnis tetap aman. Apakah hanya pengusaha saja yang perlu melakukan pengecekan ini? 

Jawabannya adalah tidak. Bisa saja, suatu hari kamu berurusan dengan sebuah perusahaan besar dan memerlukan skill berikut. Ini dia panduan lengkap agar kamu selalu melakukan transaksi dengan aman. 

Pentingnya Cek Legalitas Perusahaan

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berhasil melakukan proses pengecekan ini. Berikut adalah beberapa uraian dari manfaat tersebut. 

1. Kepastian Kredibilitas Perusahaan

Bukan hanya pengusaha atau calon mitra saja, pasalnya berbagai urusan yang kamu lakukan bisa saja berkaitan dengan perusahaan. Tapi apakah perusahaan itu benar-benar aman? Jawabannya belum tentu. 

Bahkan baru-baru ini sudah ada berita mengenai kerugian vendor katering yang tertipu dengan orderan palsu. Nah, ini dia salah satu manfaat dari cek legalitas perusahaan. 

Sebelum menyetujui atau melakukan transaksi, kamu bisa lebih dulu mendapatkan kepastian dari kredibilitas perusahaan calon mitra sebagai bahan pertimbanganmu. 

2. Memudahkan Proses Kerjasama

Selanjutnya adalah untuk melindungi para pihak dalam sebuah hubungan kerja sama. Biasanya, yang paling gencar melakukan kerjasama adalah usaha-usaha UMKM. Hal ini tidak salah juga, karena melalui proses kerjasama para pihak bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. 

Tapi, akan jauh lebih baik kalau masing-masing sudah melakukan cek legalitas perusahaan untuk calon mitranya. Hal ini agar kerjasama nantinya bisa lebih mudah karena kamu tidak perlu lagi khawatir tentang ancaman bisnis ilegal. 

3. Mengetahui Struktur Organisasi Perusahaan

Tahukah kamu? Ternyata masing-masing organ dalam perusahaan memegang peranan pentingnya sendiri-sendiri. Karena hal itulah cek legalitas perusahaan online menjadi sangat penting. 

Kamu bisa mengetahui siapa-siapa saja nama yang bertanggung jawab atas perusahaan dan siapa yang kemungkinan berhak menandatangani dokumen kerjasama denganmu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir segala urusanmu ditangani oleh orang yang tidak berwenang. 

4. Memastikan Ketertiban Pajak

Semua transaksi terkena pajak, tapi ternyata partner bisnismu tidak tertib terhadap perpajakan. Jangan sampai kamu turut terlibat penyalahgunaan pajak karena hal ini, ya! 

Karenanya, penting juga untuk kamu memeriksa dokumen perpajakan perusahaan calon mitra untuk memastikan ketertiban pajaknya. 

Cara Cek Legalitas Perusahaan

Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah perusahaan. Apalagi kalau ternyata perusahaan tersebut membuat klaim kalau perusahaannya legal. 

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan informasi tersebut. 

1. Laman Kemenkumham

Cara pertama adalah melalui laman resmi dari Kemenkumham. Langkah pertama ini bisa kamu gunakan untuk cek legalitas PT maupun CV. Untuk bisa memanfaatkannya pun sangat mudah. 

Kamu bisa langsung menuju halaman ahu.go.id untuk kemudian menuju menu pencarian profil perseroan. Untuk bisa menemukan informasi pada halaman kemenkumham ini, kamu hanya perlu memasukkan nama perusahaan secara lengkap. 

Secara lebih lanjut, fitur pencarian profil perusahaan ini juga memberikan dua pilihan untuk kamu menemukan profil terbaru saja atau profil lengkap mulai dari perusahaan tersebut berdiri.

2. Laman OJK

Cara cek legalitas perusahaan berikutnya adalah melalui OJK sehingga kamu bisa mendapatkan informasi mengenai perusahaan yang berkaitan dengan keuangan seperti misalnya pinjol. 

Hampir sama seperti cara sebelumnya, kamu hanya perlu memasukkan nama perusahaan dengan lengkap. Berikutnya kamu akan mendapatkan informasi mengenai pendaftaran perusahaan tersebut pada OJK. 

Bukan hanya untuk mencari informasi mengenai pinjol saja, langkah ini bisa kamu gunakan untuk cek legalitas CV maupun PT yang menjalankan bisnis keuangan seperti bank atau lembaga pembiayaan lainnya. 

3. Laman Kominfo

Bekerjasama dengan sebuah startup atau perusahaan serupa yang menggunakan aplikasi, akan mewajibkanmu melakukan pengecekan pada situs milik Kominfo. 

Pasalnya, untuk menghindari adanya penyalahgunaan sistem yang canggih tersebut, pemerintah kemudian mengharuskan seluruh perusahaan untuk mendaftar pada Kominfo. 

Khususnya, adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki akses untuk mengelola data pribadi dari banyak orang. Menggunakan laman Kominfo untuk melakukan cek legalitas perusahaan tidak hanya menjamin bisnismu aman, tapi juga mengamankan data pribadi milikmu. 

4. Web Bappebti

Selanjutnya adalah situs resmi milik Kementerian Perdagangan yang khusus untuk melakukan pengecekan perusahaan-perusahaan dagang di Indonesia. Sistem satu ini menyediakan fitur khusus yaitu dengan berbagai jenis perusahaan. 

Berikutnya, sistem akan menyediakan informasi mengenai legalitas perusahaan terkait secara lengkap sebagai bekal pengambilan keputusanmu. 

5. Direktori Mahkamah Agung

Bukan hanya pengecekan legalitas, untuk bisa membuktikan bisnis aman kamu juga bisa memanfaatkan direktori dari Mahkamah Agung. Cara ini akan membantumu mengetahui informasi apakah perusahaan sedang dalam sengketa, permohonan pailit, atau justru pernah terlibat permasalahan serius. 

Kamu hanya perlu memasukkan nama lengkap dari perusahaan, kemudian sistem akan memberikan informasi mengenai riwayat sengketa yang pernah masuk ke pengadilan secara lengkap. 

6. DJKI

Terakhir, adalah cek legalitas perusahaan yang berkaitan dengan informasi mengenai kepemilikan Kekayaan Intelektual. Jangan sampai, kamu bekerjasama dengan pemilik usaha palsu atau tiruan!

Melengkapi Legalitas Perusahaan

Memahami cara cek legalitas perusahaan, tapi jangan lupa juga untuk melengkapi legalitas perusahaanmu sendiri. Mulailah dengan melakukan Cek Merek dan setelahnya segera masukkan pendaftarannya ke DJKI.

Cek Keberhasilan Daftar Merek Hanya 1x KLIK!