KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Contoh Nama Domain Bisnis Unik Sekaligus untuk Merek

Contoh Nama Domain Bisnis Unik Sekaligus untuk Merek

MEBISO.COM – Mencari contoh nama domain bisnis bisa menjadi penyelamat usahamu karena menutup kemungkinan nama ini digunakan orang lain. Bahkan, kalau kamu beruntung, nama pilihanmu juga bisa menjadi merek, lho! Berikut ini adalah contoh yang bisa kamu tiru untuk membuat nama domain bisnis. 

Apa Itu Nama Domain Bisnis?

Sebelum benar-benar mendapatkan contoh nama domain bisnis, kamu harus lebih dulu memahami arti dari istilah ini. Domain merupakan suatu rangkaian khusus yang berfungsi untuk mengakses situs website pada perangkat lunak. 

Menurut beberapa sumber, domain ini merupakan sebuah identitas website dari bisnismu dalam sebuat internet. Domain ini nantinya menjadi sebuah alamat pencarian website sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukanmu secara tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Untuk fungsi itulah para pengusaha berlomba-lomba membuat nama website yang menarik agar pelanggannya mudah mengunjungi website bisnis mereka. Bahkan kalau kamu beruntung, kamu bisa satu nama yang bisa menjadi merek sekaligus domain, lho! 

Tips Pembuatan Nama Domain Bisnis

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk bisa mendapatkan nama domain sekaligus nama merek untuk bisnismu. 

1. Harus Mudah Diingat

Pertama, cobalah menggunakan kata atau istilah yang mudah diingat untuk menjadi nama domainmu. Kamu juga bisa menggunakan sebuah kata yang singkat dan juga sederhana. Artinya, jangan terlalu menggunakan istilah-istilah yang sulit dieja. 

Lalu, apabila nama itu sudah mudah diingat, sederhana, dan singkat tugas kamu selanjutnya adalah memastikan kata tersebut unik. 

2. Ekstensi Domain sesuai Niche

Kuncinya, selain mencari contoh nama domain bisnis yang sesuai dengan bisnismu, jangan terpaku ekstensi populer yang kerap digunakan pebisnis lainnya. Kamu selalu bisa membuat kreasi ekstensi sesuai dengan niche bisnis yang kamu jalankan. 

Contohnya, seperti .store untuk website toko offline maupun online, atau bisa juga menggunakan ekstensi .coffee khusus untuk bisnis coffee shop milikmu. Dengan begitu, pilihan nama domainmu akan semakin luas. 

3. Masukkan Kata Kunci Spesifik

Inilah yang selanjutnya menjadi tugas penting bagi seorang pengusaha. Kamu perlu menentukan satu kata kunci yang secara spesifik menunjukkan bisnismu. Alhasil, kata kunci tersebut bisa membantu pelanggan mengetahui bisnismu.  

Carilah kekhususan yang ada dalam bisnismu, gunakan itu sebagai kata kunci utama dalam domain milikmu. Kamu juga bisa menambahkan satu kata umum di belakangnya, lalu akhiri dengan ekstensi pilihanmu. Cara ini akan membuatmu berhasil menemukan gabungan nama untuk bisnis.  

Kelebihannya, kamu bisa menghindari adanya pihak yang menjiplak nama domainmu sekaligus sangat memudahkan pelanggan. 

4. Coba Domain Generator

Nah, kalau kamu masih kesulitan dalam memilih nama domain yang bagus, coba gunakan opsi bantuan dari domain generator. Alat ini akan membantu kamu mendapatkan beberapa pilihan dalam menentukan nama. 

Bahkan, kalau kamu beruntung kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi nama-nama yang masih tersedia dan aman untuk kamu proses pembeliannya. Kamu hanya perlu memasukkan beberapa keterangan mengenai bisnismu dalam filter yang tersedia, lalu tunggu beberapa saat sampai sistem menampilkan berbagai pilihannya. 

5. Hindari Angka atau Tanda Baca

Tips penting lainnya dalam membuat nama website yang menarik adalah dengan tidak menggunakan angka maupun tanda baca. Hal ini karena menyulitkan pengejaannya, sehingga pelanggan akan kebingungan menemukan website bisnismu. 

Contoh nama domain bisnis dengan penggunaan angka, biasanya akan menimbulkan pertanyaan apakah penulisannya menggunakan angka atau tidak. Tentunya hal ini juga bisa mengakibatkan kekeliruan dalam merujuk sebuah alamat website. 

Jangan menggunakan tanda baca seperti (-) karena akan dianggap sebagai website palsu yang tidak kredibel. 

6. Cek Ketersediaan Merek

Kalau kamu sudah memutuskan untuk menggunakan satu nama sebagai domain, selanjutnya coba untuk melakukan pengecekan mereknya. Proses ini yang nantinya akan memastikan nama tersebut aman untuk domain sekaligus untuk merek. 

Usahakan untuk melakukan pengecekan merek dan pengecekan domain ini secara bersamaan, karena jika salah satunya sudah digunakan, kamu tentu akan kesulitan menyesuaikannya kembali.  

Jadi, setelah kamu sudah pasti mendapatkan nama yang aman untuk keduanya, segeralah lakukan pendaftarannya secara bersamaan. 

Contoh Nama Domain Bisnis 

Setelah menerapkan seluruh tips di atas, contoh penggunaan nama sebagai domain di bawah ini bisa menjadi rujukanmu. 

1. Emirates.store

Salah satu maskapai penerbangan berhasil menentukan satu nama yang unik sebagai domain bisnisnya. Bergerak khusus dalam bidang toko online, merek maskapai penerbangan ini memilih ekstensi .store alih-alih .com. 

Langkah ini bisa kamu gunakan juga, sehingga pelanggan bisa langsung memahami bisnis apa yang kamu jalankan. 

2. Dailysocial.id

Bergerak di bidang penyediaan informasi day to day yang berkaitan dengan opini maupun teknologi, ada dailysocial.id yang berhasil menemukan nama unik. Hal ini karena penggunaan kata yang identik dengan niche dari dailysocial yaitu berita harian (daily).

Tapi tahukah kamu? Kalau nama yang unik saja tidak cukup aman dari ancaman aksi penjiplakan nama oleh kompetitor. Sehingga pastikan kamu sudah melakukan usaha ekstra sebagai perlindungannya. 

Perlindungan Ekstra Nama Bisnis

Agar contoh nama domain bisnis di atas tidak sia-sia, sekarang kamu sudah bisa memanfaatkan fitur Perlindungan Merek dari Mebiso sehingga pilihan namamu terhindar dari penjiplakan.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda