KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Contoh Negosiasi Bisnis yang Tepat agar Bisnis Berkembang

Contoh Negosiasi Bisnis yang Tepat agar Bisnis Berkembang

MEBISO.COM – Ketika berniat menjalankan bisnis, artinya kamu akan bertemu dengan banyak orang. Misalnya seperti mitra, pegawai, atau supplier. Ketika berurusan dengan orang-orang tersebut, kamu akan memerlukan contoh negosiasi bisnis yang tepat. 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap berikut tips untuk pengusaha agar negosiasi yang kamu lakukan menghasilkan keuntungan untuk perusahaan. 

Arti Negosiasi Bisnis

Negosiasi merupakan suatu tindakan yang bisa membantu manusia dalam meraih tujuannya. Jadi, ketika berbicara mengenai bisnis maka negosiasi bisnis adalah sebuah proses atau cara agar pengusaha bisa mempertahankan tujuannya. 

Negosiasi bisa terjadi antara dua orang atau lebih yang masing-masing menyampaikan keinginan atau kebutuhannya dalam suatu urusan. Bahkan proses ini juga bisa terjadi dimanapun ketika orang-orang sedang mempertahankan keinginannya. 

Misalnya, dari yang terdekat kamu bisa menemukan contoh negosiasi bisnis pada pasar tradisional atau tempat-tempat lain yang menjadi lokasi terjadinya sebuah transaksi. 

Karena terjadi antara dua orang atau lebih yang sedang berusaha mendapatkan keinginannya, maka dalam melakukan proses negosiasi kamu juga perlu teknik tersendiri. 

Tujuan Negosiasi Bisnis

Selain untuk mempertahankan keinginan masing-masing pihak yang melakukan proses negosiasi, di bawah ini adalah beberapa tujuan dari proses berdiskusi antara dua orang atau lebih ini. 

1. Mencapai Kesepakatan

Karena melibatkan dua orang atau lebih yang saling mempertahankan keinginannya, maka kamu perlu teknik negosiasi bisnis agar berhasil mendapatkan kesepakatan untuk seluruh pihak yang sedang berdiskusi. 

Nyatanya, tidak hanya saling mengedepankan keinginan, tapi melalui proses ini kamu juga bisa mendapatkan penyelesaian yang terbaik untuk semua orang. 

2. Menyelesaikan Konflik

Salah satu contoh negosiasi bisnis yang berhasil adalah ketika kamu dapat menyelesaikan permasalahan atau konflik yang timbul. Pada dasarnya, hal ini menjadi salah satu tujuan dari negosiasi karena ternyata dibalik proses saling mempertahankan argumen, kamu justru bisa mendapatkan sebuah solusi. 

Konflik dalam bisnis bisa sangat mempengaruhi kinerja dari perusahaan. Untuk itulah seorang pengusaha perlu menguasai taktik negosiasi bisnis agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. 

3. Mendapatkan Keuntungan

Yang menjadikan negosiasi ini unik adalah karena ternyata prosesnya bukan tentang siapa yang menang atau kalah. Ketika seseorang menerapkan sebuah contoh negosiasi bisnis yang baik, maka selain sedang berusaha mempertahankan argumen tujuan lainnya adalah agar semua pihak berhasil mendapatkan keuntungan. 

Artinya, proses ini akan membantu masing-masing pihak dalam mendapatkan keuntungan yang setara dan bukannya justru menimbulkan kerugian pada salah satu pihak. 

Manfaat Negosiasi dalam Bisnis

Selain beberapa tujuan penting di atas, ketika kamu menjalankan bisnis, kamu mungkin akan membutuhkan beberapa manfaat di bawah ini. 

1. Menjaga Hubungan Baik

Seperti yang sempat disinggung pada penjelasan di atas, seorang pebisnis mungkin akan memerlukan kemampuan bagaimana cara memenangkan negosiasi dalam bisnis. Tapi hal ini bukan berarti agar kamu bisa mengalahkan lawan diskusimu nantinya. 

Justru dengan menguasai contoh negosiasi bisnis yang tepat adalah agar kamu bisa menjaga hubungan baik dengan seluruh stakeholders

2. Mencapai Kesepakatan Bersama

Pernahkah kamu mengalami diskusi alot hanya untuk membicarakan satu proyek penting? Ternyata, diskusi alot tadi juga termasuk salah satu cara dalam negosiasi. Ketika kamu melakukannya, kamu harus memiliki proyeksi agar proyek tersebut bisa berhasil dengan baik. 

Dengan niat semacam ini, maka ketika kamu melakukan diskusi, tujuan yang akan kamu dapatkan adalah kesepakatan bersama. Alhasil, masing-masing pihak tidak ada yang tersinggung karena semuanya ingin mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Meningkatkan Kepercayaan

Kabarnya, ketika menjalankan bisnis, salah satu hal paling sulit yang didapatkan oleh pengusaha adalah sebuah kepercayaan. Bukan hanya kepercayaan dari pelanggan, tapi termasuk juga partner bisnis, atau karyawan yang sedang bekerja untukmu. 

Ternyata, melalui negosiasi yang tepat, kamu justru bisa memenangkan kepercayaan dari seluruh pihak yang berkaitan dengan bisnismu. 

Strategi Melakukan Negosiasi Bisnis

Agar kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat di atas, kamu perlu melakukannya dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa penjelasan dalam melakukan negosiasi secara tepat. 

1. Compete

Contoh negosiasi bisnis yang pertama adalah melalui cara compete. Cara ini adalah dengan membatasi pihak lawan mendapatkan keuntungan, sehingga negosiator bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. 

2. Accommodate

Cara sebaliknya adalah dengan memberikan keinginan dari pihak lawan. Tujuannya adalah agar bisa memenangkan hati pihak lawan sehingga meninggalkan kesan yang baik terhadap negosiator. 

Dalam bisnis, cara ini dapat kamu gunakan bahkan bukan hanya untuk produk, tapi bisa juga terhadap informasi atau layanan. Cara kedua ini dapat kamu lakukan ketika berada pada posisi yang tersudut sehingga menghindari adanya kerugian yang tinggi. 

3. Avoid

Selanjutnya adalah strategi untuk menghindari konflik. Cara ini bisa kamu lakukan ketika situasi sudah semakin memanas sehingga bisa mendinginkan suasana.

4. Compromise

Ketika kamu memiliki keterbatasan waktu, maka kamu bisa mencoba strategi berikut. Caranya, adalah dengan pemecah perbedaan. Alhasil, dengan kompromi maka masing-masing pihak bisa meminta lebih sedikit dari apa yang diinginkan sebelumnya. 

Negosiasikan Keberhasilan Merek

Kalau kamu sudah mendapatkan gambaran mengenai contoh negosiasi bisnis, kamu bisa menggunakannya untuk bisa mendapatkan perlindungan merek. Misalnya, dengan cara melakukan Cek Merek dan negosiasikan hasilnya dengan ahli merek!

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu