KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

35+ Contoh Tagline Menarik untuk Brand dan Cara Buatnya

35+ Contoh Tagline Menarik untuk Brand dan Cara Buatnya

Sedang mencari contoh tagline untuk produk dan perusahaan kamu? Baiknya simak beberapa contoh yang bakal kami tampilkan dalam artikel kali ini, Sob. 

Memahami contoh tagline menarik akan membuat brand jauh lebih mudah diingat oleh para pelanggan. 

Ambil contoh sederhana saja, yakni dari Nike. Tagline ‘Just Do It’-nya begitu mendunia, ‘Think Different’-nya Apple, dan juga ‘Moving Forward’-nya Toyota telah sukses membuktikan jika tagline begitu berdampak besar pada perusahaan. 

Contoh Tagline yang Menarik untuk Brand dan Perusahaan

Berencana membuat tagline sendiri? Simak beragam contoh tagline perusahaan besar dan brand ternama lebih lengkap di sini: 

1. Tagline L’oreal

Berawal dari kontroversi makeup tahun 1973, akhirnya membuat L’oreal sebagai perusahaan make up menciptakan tagline yang menjelaskan pesan jika tidak ada yang salah dengan menggunakan make up. 

Bunyinya adalah ‘Because you’re worth it’ atau ‘Karena kamu berharga’. Akhirnya, perspektif yang muncul adalah wanita yang menggunakan make up artinya telah menyadari bahwa diri mereka berharga. 

Selain itu, juga jadi pengingat saat wanita merasa terpuruk atau down dan menjadi motivasi agar tidak terjebak di sana terlalu lama karena mereka ‘worth it’ alias berharga. 

2. Coca-Cola 

Contoh tagline kreatif kali ini datang dari Coca-Cola. Mereka punya tagline ‘Open Happiness’ yang menjadi bukti jika brand-nya ingin menciptakan kebahagiaan bagi semua yang membuka tutup botol Coca-Cola. 

3. Apple

Steve Jobs itu orangnya kreatif, maka ia menjadikan ‘nilai’ utama dalam hidupnya sebagai tagline untuk Apple yang merupakan perusahaan besutannya. Tagline Apple berbunyi ‘Think Different’. 

4. Toyota

Contoh tagline brand Toyota ini patut jadi referensi karena simplisitas yang mereka berikan, yakni ‘Moving Forward’ atau ‘terus melangkah ke depan’. Ini membuktikan jika Toyota akan terus maju dan akan selalu punya visi di masa depan. 

5. Adidas

Kemudian, brand yang terkenal di dunia olahraga ini juga punya tagline menariknya sendiri yakni ‘Impossible is Nothing’. 

Dengan ini, Adidas ingin membawa dunia atlet kepada orang-orang pada umumnya untuk terus berusaha, tak gampang putus asa, semangat, dan selalu push batasan dirinya. 

6. Nike

Siapa yang tak kenal tagline ‘Just Do it’? Sejak 1972, istilah ini sudah pasti tak lagi asing di telinga siapa saja. Nike membuat ini karena ingin memotivasi orang yang tengah ragu dalam pengambilan keputusan. 

7. McDonalds

Ingin contoh tagline makanan? Coba pahami ‘I’m Lovin’ It’-nya McDonalds. Dengan tagline ini, mungkin banyak orang yang paham jika McDonalds memang bukan makanan paling sehat, tapi tetap dipilih karena memang ‘Saya Menyukainya’. 

8. KFC

Paling menarik adalah tagline dari KFC karena di Indonesia mereka bikin tagline yang berbeda dari tempat asalnya. 

Di Indonesia, KFC punya tagline ‘Jagonya Ayam’ yang menyiratkan jika tidak ada tempat/perusahaan lain yang ayamnya selezat olahan mereka. 

Ini bisa jadi contoh tagline Indonesia terbaik buat kamu. 

9. LG

Punya tagline ‘Life’s Good’, contoh tagline dari LG ini patut juga ditiru karena seolah menjadikan ‘LG’ sebagai singkatan. 

Selain itu, tagline ini juga menyampaikan filosofi dasar dari LG yang akan membuat kehidupan banyak orang menjadi lebih mudah. 

10. Wardah

Contoh tagline iklan buat kamu yang punya produk kecantikan bisa mencontoh Wardah. 

Pasalnya, ‘Feel the Beauty’ ini tidak hanya menyiratkan dengan pakai Wardah, bisa lebih cantik. Tapi, sekaligus bisa merasakan apa itu kecantikan. 

11. Indomie

Mau yang simple tapi ngena banget taglinenya? Indomie jawabannya. Tagline Indomie apa? ‘Seleraku’ aja. Singkat, padat, gampang banget diinget, dan jadi populer karena kesederhanaan taglinenya. 

12. Yamaha

Di Indonesia, Yamaha membuat tagline yang juga berbeda. Sama seperti KFC, mereka menggunakan bahasa Indonesia agar lebih dekat dengan konsumen. 

Taglinenya ‘Selalu di Depan’. Menyiratkan bahwa Yamaha akan selalu berada di depan entah itu dari inovasi, kecepatan kendaraannya, atau dari banyak segi lainnya. 

13. Teh Botol 

Contoh tagline dari perusahaan Teh Botol memang membuat hampir semua orang mengenalnya. 

Dengan apa aja makannya tapi minumnya tetep Teh Botol Sosro, akhirnya setiap makan di mana pun dan apa saja yang dimakan, nama minuman yang teringat salah satunya pasti Teh Botol Sosro. 

14. Kapal Api

Contoh tagline organisasi atau perusahaan produsen kopi ini, paling sering tampil di iklan-iklan. 

‘Jelas Lebih Enak’ dengan nada yang mudah kita ingat, menjadikan Kapal Api sebagai top of mind merk kopi sachet di Indonesia. 

15. Sanken

Tahu dong dengan produk ini, Sob? Terkenal dengan peralatan elektroniknya yang nggak bikin ribet, mereka akhirnya membuat tagline yang sangat familiar. 

‘Tenang, Ada Sanken’. Dengan ini, mereka mengisyaratkan jika menggunakan Sanken, pasti lebih mudah dan tidak bikin repot penggunanya. 

16. Pegadaian

Sering jadi plesetan, tapi tetap melekat di benak masyarakat Indonesia. Ya, contoh tagline dari Pegadaian ini patut jadi referensi karena meskipun panjang tetap saja menggunakan bahasa yang mudah dan berima. 

‘Menyelesaikan Masalah, Tanpa Masalah’. Punya rima yang sama di setiap akhir suku kata sekaligus menyampaikan informasi jika Pegadaian bisa membereskan masalahmu dengan mudah. 

17. Bear Brand

Udah tahu sih pasti dengan Bear Brand/yang populer dengan ‘Susu Beruang’. Mereka ingin mengutamakan kemurnian dari produknya, maka dari itu dibuatlah tagline ‘Kemurnian dari Alam’. 

20+ Contoh Tagline Lainnya

Selain beberapa contoh yang sudah kami sebutin di atas, masih banyak kok di Indonesia dan bahkan dunia yang menawarkan tagline menarik seperti: 

  1. See What We Mean: Canon
  2. Ideas for Life: Panasonic
  3. Leading Innovation: Toshiba
  4. Pasti Ada Jalan: Gojek
  5. Save Money, Live Better: Walmart
  6. Mulai Aja Dulu: Tokopedia
  7. Orang Pintar, Minum Tolak Angin: Tolak Angin
  8. Permen Wangi, ya Relaxa: Permen Relaxa
  9. Oli Kamu Top One Juga? 
  10. Ada Aja Alasan ke Hoka-hoka Bento
  11. Connecting People: Nokia
  12.  The Happiest Place on Earth: Disneyland
  13.  Eat Fresh: Subway
  14. America Runs on Dunkin: Dunkin’
  15. Melts in Your Mouth, Not in Your Hands: M&M’s
  16. Betcha Can’t Eat Just One: Lay’s
  17. Expect More, Pay Less: Target
  18. Quality Never Goes Out of Style: Levi’s
  19. The Best or Nothing: Mercedes-Benz
  20. Built to Last: Ford
  21. The Ultimate Driving Machine: BMW

Banyak banget, kok contoh tagline yang bisa kamu jadikan referensi. 

Ingin Buat Sendiri? Ini Cara Membuat Tagline Terbaikmu!

Saat akan membuat tagline sendiri, maka ada beberapa prinsip yang harus kamu pegang yakni: 

  • Pendek, meskipun harus tetap mengandung filosofi perusahaan/brand. 
  • Memorable karena kreativitas, keunikan, dan aspek lain yang membuatnya menarik. 
  • Reflektif atau menjadi refleksi dari brand kamu. 
  • Customer-centric atau berfokus pada konsumen. 
  • Emotional Connection atau punya ikatan emosional dengan pelanggan. 

Dengan berbagai contoh tagline sekaligus prinsip pembuatannya, sekarang kamu bisa bikin tagline perusahaan dan brand kamu sendiri!

Proteksi Brand Kamu Lebih Awal Sebelum Masalah Datang

Lebih penting dari tagline, kamu harus memproteksi nama brand agar tak muncul masalah di kemudian hari. Caranya bisa dengan pakai layanan Perlindungan Merk dari Mebiso

Dengan Customer Support 24 jam, Mebiso siap melayani kebutuhan proteksi atas merk dan brand perusahanmu kapan saja!

FAQ

Apa pentingnya tagline? 

Demi peningkatan brand awareness sekaligus potensi menjadi top of mind. 

Apa prinsip utama membuat tagline? 

Sebaiknya pendek dan jika harus kalimat panjang, usahakan lebih menarik. 

Bagaimana ciri tagline yang baik? 

Tentu saja, jika tagline lebih mudah dikenali oleh konsumen.

Cek Keberhasilan Daftar Merek Hanya 1x KLIK!