KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Digital Marketing Tools Bantuan untuk Peningkatan Bisnis

Digital Marketing Tools Bantuan untuk Peningkatan Bisnis

MEBISO.COM – Sebuah trik pengusaha saat ini yang ingin produknya segera terkenal adalah dengan menggunakan bantuan digital marketing tools. Kalau kamu juga sedang mencari alat yang paling cocok, artikel ini akan menjadi sumber bantuan yang bisa kamu gunakan. 

Pengertian Digital Marketing Tools

Marketing tools adalah alat bantu yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan sekaligus melacak kekuatan strategi pemasaran yang sudah kamu lakukan selama ini. Alhasil, dengan bantuan alat-alat ini perusahaan akan mampu untuk mencapai target dalam proses pemasaran. 

Sebagai sebuah alat bantu, sekarang ini sudah terdapat bermacam-macam jenis tools yang bisa kamu gunakan dengan fungsi yang berbeda-beda. Untuk itu, mendapatkan alat yang paling tepat akan menjadi tugas para pengusaha supaya bisnisnya semakin berkembang. 

Macam-Macam Marketing Tools

Sebelum benar-benar menggunakan dan menentukan alat mana yang akan kamu pilih, kamu perlu menanyakan apa saja marketing tools yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu?

Kamu bisa menggunakan beberapa tools untuk digital marketing di bawah ini sesuai dengan fitur bantuannya. 

1. Hootsuite

Pertama merupakan sebuah alat untuk memantau perkembangan dan juga kinerja dari berbagai sosial media milik perusahaan. Bahkan dengan alat ini juga bisa membantumu untuk memberikan respon pelanggan secara otomatis alhasil kamu tidak perlu lagi melakukannya secara manual satu persatu. 

Melalui berbagai fiturnya kamu bisa mendapatkan bantuan seperti penjadwalan publikasi konten sesuai dengan jadwal dari perusahaan. Artinya, kamu tidak perlu lagi melakukan publikasi konten setiap harinya karena sekarang kamu sudah bisa melakukannya secara otomatis. 

Alat ini juga bisa membantumu untuk mengelola berbagai jenis media sosial yang berbeda, termasuk juga proses analisis dari kinerja masing-masing. 

2. Buffer

Digital marketing tools yang berfokus untuk melakukan penjadwalan posting pada sosial media berikutnya bisa menjadi jawaban kebutuhanmu. Hampir sama dengan tool sebelumnya, karena kamu juga bisa menggunakannya untuk melakukan analisis dari kinerja berbagai portal media sosial. 

Tetapi, yang menjadikannya unik adalah karena alat ini bisa membantumu untuk meningkatkan engagement sekaligus memantau pesan yang disampaikan oleh pengikut melalui portal media sosial perusahaan. 

Alhasil, kalau kamu memanfaatkan tool ini, kamu akan mampu mengirimkan pesan balasan melalui kotak masuk dari masing-masing media sosial. 

3. Creator Studio

Masih terafiliasi dengan Facebook, alat satu ini memiliki fungsi utama untuk memudahkan pengusaha dalam mengelola Facebook dan juga Instagram. Terlebih, dengan tambahan beberapa fitur canggihnya misalnya informasi dari analisis data mengenai performa dari kedua platform media sosial tersebut. 

Terlebih, digital marketing tools ini mampu membuatmu menambahkan berbagai kategori pada postingan yang kamu buat. Termasuk juga layanan untuk membuat jadwal waktu posting sesuai dengan keinginanmu. 

Bahkan tentunya akan sangat memudahkanmu memahami persyaratan dari Facebook agar berhasil memberikan penghasilan dari postinganmu. 

4. Ahrefs

Selain sosial media, kamu mungkin juga akan memanfaatkan SEO dalam proses marketing. Tentu, untuk proses ini kamu juga memiliki berbagai pilihan alat bantu digital marketing tools salah satunya adalah Ahrefs. 

Berbicara mengenai SEO, tool ini bisa memberikanmu berbagai layanan bantuan seperti pencarian kata kunci, dan bahkan melakukan analisis terhadap website dari pesaing. 

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menyusun strategi konten karena telah mendapatkan kata kunci secara tepat. Terlebih, di dalamnya juga masih ada beberapa fitur tambahan seperti fitur untuk mendapatkan keyword dengan volume pencarian yang tinggi. 

Pemanfaatan tool ini akan menghindarimu membuat konten yang sia-sia karena kamu sudah mendapatkan informasi mengenai kata kunci yang kuat. 

Selain itu, Ahrefs juga terkenal dengan kekuatan bermacam analisisnya. Mulai dari analisis backlink, kemudian permasalahan-permasalahan yang muncul dalam  website, hingga mengetahui performa dari konten yang sudah kamu buat. 

5. SEMrush

Selanjutnya adalah alat yang dapat membantumu dalam urusan SEO dan juga iklan. Hampir sama seperti tool sebelumnya, hanya saja kamu akan mendapatkan layanan yang berkaitan dengan iklan pada search engine. 

6. Google Analytics

Kalau kamu ingin melakukan analisis terhadap blog atau bahkan website khususnya mengenai konversi pengunjung dan juga traffic, maka Google Analytics mungkin adalah jawaban digital marketing tools yang paling tepat. 

Hal ini karena Google Analytics bisa menjadi sebuah tool yang kuat dengan 6 jenis analisisnya. Pertama, analisis mengenai asal datangnya pengunjung dan juga hal-hal yang mereka minati, kemudian analisis mengenai waktu yang digunakan oleh pengunjung untuk satu kali mengunjungi websitemu. 

Berikutnya, kamu juga bisa mendapatkan data metric secara langsung, dan juga informasi mengenai seberapa banyak pengunjung yang mendatangi websitemu. Termasuk juga informasi mengenai cara audiens menemukan websitemu dan juga berapa konversi yang kamu dapatkan dari hasil kunjungan audiens tersebut. 

7. Mailchimp

Digital marketing tools selanjutnya adalah untuk pengusaha melakukan email marketing. Keunggulan dari alat satu ini adalah dapat membantumu untuk mengirimkan banyak email kepada alamat yang berbeda secara otomatis. 

Tool untuk Perlindungan Bisnis

Kalau digital marketing tools akan kamu perlukan dalam proses pemasaran, maka jangan lupakan juga alat untuk melindungi bisnis melalui merek. Mulai dengan alat Perlindungan Merek untuk menghindari merekmu ditiru pesaing!

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah