KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Download UU Merek Terbaru Untuk Daftar Merek Paling Aman!

Download UU Merek Terbaru Untuk Daftar Merek Paling Aman

MEBISO.COM – Mau daftar merek, belum tahu peraturan terbarunya? Berapa lama proses daftar merek yang berlaku saat ini? Satu-satunya jawaban adalah dengan download UU Merek terbaru!

Karena sudah beberapa kali mengalami perubahan, pengusaha juga harus cermat menggunakan UU Merek. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan peraturan terbaru tentang perlindungan merekmu. 

Langkah Pertama, Download UU Merek Terbaru

Langsung saja masukkan kata kunci “UU Merek terbaru” pada laman pencarian, kamu pasti akan langsung disediakan dengan beberapa pilihan. Dari pilihan-pilihan tersebut, kamu bisa mengambil pilihan paling atas. 

Tapi, bagaimana cara memastikan peraturan tersebut memang benar yang terbaru?

Sayangnya, banyak yang terkecoh dengan lampiran dokumen pada hasil pencarian. Dan lebih sulitnya lagi, kamu juga harus memastikan kalau peraturan itu benar-benar yang kamu cari. 

Jadi, mengunduh UU Merek terbaru itu memang bukan sesuatu yang mudah. Cara-cara di bawah ini bisa kamu gunakan untuk memastikan hasil pencarianmu:

  1. Pastikan kata kunci pencarianmu sudah tepat
  2. Ada tautan dokumen
  3. Pastikan judul dokumen sudah sesuai dengan kata kunci yang kamu masukkan
  4. Baca halaman pertama UU Merek itu

Kuncinya adalah pada halaman pertama peraturan. Pada halaman ini kamu akan menemukan sedikit penjelasan tentang latar belakang peraturan, seperti istilah-istilah “mengubah atau mencabut”.

Tapi, setelah menemukan dokumen yang benar-benar kamu cari pun bukan merupakan langkah terakhir. Sebagai pengusaha, kamu tentu ingin tahu tentang aturan yang ada di dalamnya dan bagaimana efeknya kepada bisnis yang sedang dijalankan. 

Setelah menemukan dokumen yang tepat, langkah selanjutnya wajib diperhatikan oleh pengusaha!

Langkah Setelah Download UU Merek Terbaru

Sekarang kamu sudah punya dokumen yang kamu cari, selanjutnya kamu harus membandingkan dengan peraturan yang berlaku sebelumnya. Fungsinya agar kamu bisa menemukan perbedaan-perbedaan atau justru hal-hal yang masih berlaku pada peraturan sebelumnya. 

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini agar semakin yakin mendaftarkan merek:

Perhatikan dulu bagian judul 

Di bagian judul, kamu akan menemukan bocoran terkait isi yang ada pada peraturan tersebut. Dari sini juga kamu akan mendapatkan petunjuk terkait langkah perlindungan merek selanjutnya. 

Misalnya, seperti rujukan perubahan peraturan sebelumnya, atau justru terkait pencabutan peraturan.

Cari peraturan terkait

Setelah tahu kaitan antara peraturan terbaru dengan peraturan sebelumnya, kalau peraturan terbaru itu merubah peraturan yang lama, kamu wajib menemukan juga peraturan yang lama juga. 

Atau, bisa juga lebih jauh dengan melihat dari peraturan-peraturan yang disebutkan dalam UU Merek terbaru. Dari sini kamu bisa mendapatkan referensi yang paling tepat dan akurat. 

Bandingkan dengan peraturan sebelumnya

Jangan kira setelah ada peraturan baru, lalu peraturan lama sudah tidak berlaku. Kamu perlu berhati–hati karena bisa saja ada ketentuan yang masih digunakan. 

Sebagai tambahan, UU Merek yang saat ini berlaku adalah UU Nomor 20 tahun 2016, tapi beberapa bagian dari peraturan ini juga sudah mendapatkan perubahan dengan Undang-Undang Cipta Kerja yang sudah disahkan dengan nomor 6 Tahun 2023. 

Lebih khususnya lagi, peraturan terbaru tentang merek terbaru menjelaskan mengenai percepatan waktu untuk pemeriksaan merek. Tapi, ketentuannya masih sama menggunakan peraturan sebelumnya. Setelah kamu berhasil download UU Merek terbaru, sekarang saatnya kamu untuk segera mengamankan merek. Caranya adalah mulai dengan Cek Merek dulu dari fitur milik Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda