KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Catat! Berikut Ini Jenis Merek Yang Pasti Lolos Pemeriksaan

Jenis Merek Yang Pasti Lolos Pemeriksaan

MEBISO.COM – Harus pilih jenis merek yang mana agar bisa lolos pemeriksaan? Kalau kamu adalah pengusaha yang khawatir mereknya tertolak, artikel ini sangat tepat untuk menentukan jenis paling tepat untuk merekmu agar sukses. 

Jenis Merek Berdasarkan Tipe Produk

Secara umum, merek memang punya banyak sekali jenisnya. Dan beberapa sudah pasti kamu kenal sebelumnya. Dalam artikel ini, kamu akan mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis yang bisa kamu pilih. 

Pertama, berdasarkan tipe produk. Hanya terbagi menjadi dua, tapi kriteria pertama ini justru menjadi hal paling penting yang harus kamu definisikan lebih dulu. Sebelum menentukan nama, jawab dulu pertanyaan apakah kamu menjual produk atau jasa?

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, selanjutnya kamu bisa memilih jenis berikut:

1. Merek Produk

Produk, artinya kamu benar pengusaha yang membuat benda itu sendiri. Bebas seperti apapun cara penjualannya. Bahkan bisa jadi kamu tidak punya gerai sendiri untuk memamerkan produkmu. 

2. Merek Jasa

Kali ini adalah kebalikannya, kamu bisa saja tidak memproduksi secara langsung tapi hanya menyediakan tempat untuk penjualannya saja. 

Selesai dengan menentukan dua kelompok di atas, kamu bisa melanjutkan pemilihan jenis sesuai dengan merek yang akan kamu buat. Tentunya kamu bisa memilih seluruh jenisnya kalau memang itu yang paling sesuai. 

Jenis Merek Berdasarkan Karakter Merek

Selesai dengan tipe produk, baru kamu bisa menentukan jenis yang paling pas untuk merekmu. Selanjutnya adalah tentang karakter merek seperti:

1. Kata

Hanya terdiri tulisan tanpa gambar, jangan ragu untuk pilih jenis ini.

2. Gambar saja

Untuk merek-merek yang hanya menggunakan gambar atau kombinasi warna saja tanpa ada tulisan dan simbol sedikitpun. 

3. Kata dan juga gambar

Ini yang paling umum dipilih. Di dalamnya ada tulisan, tapi ada juga gambar atau warna yang mendukungnya. 

4. Suara

Lagu, nada, instrumen musik, bisa kamu mintakan perlindungan mereknya. Jangan lupa pilih jenis ini hanya untuk merek yang unsurnya adalah nada. 

5. Hologram

Seperti gambar, tapi bukan sekedar memainkan warna. Pada merek ini, bisa memainkan fungsi visualnya yang berbeda dari merek gambar biasa. 

Masih sama seperti kelompok yang pertama, kamu pun bisa memilih semua jenisnya dari kelompok ini. Tapi, untuk pendaftarannya perlu dipisah per masing-masing formulir. Terakhir, adalah bagaimana kamu menentukan jenis yang tepat untuk usahamu? 

Tentunya akan lebih baik lagi kalau pilihan kamu itu akan lolos pemeriksaan. Berikut ini adalah cara menentukan jenis sekaligus paling aman untuk kamu. 

Jenis Yang Tepat Untuk Merekmu

Khawatir merekmu tertolak atau justru tidak sesuai? Setelah membaca kedua kelompok di atas, yang perlu kamu catat adalah kamu boleh memilih semua jenis yang ada. DJKI tidak akan membatasi merek yang kamu daftarkan. 

Hanya saja, setiap pengajuan itu harus sesuai. Artinya, mulai dari tipe produk sampai karakter merek semuanya adalah benar-benar yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu juga bisa memprosesnya dengan formulir yang berbeda-beda per masing-masing jenis. 

Meskipun semua nama mereknya sama, tapi kalau kamu memisahkan formulir pendaftarannya berbeda, hal ini akan membuat pengajuan merek kamu lebih aman. Kamu juga tidak perlu khawatir kalau sebelumnya sudah menguasai tipe-tipe merek yang ada.  

Cukup mudah kan memahami jenis merek? Langkah selanjutnya, kamu bisa langsung mendaftarkan nama usaha. Dan cara ampuh untuk pendaftaran merek yang sukses adalah dengan melakukan pengecekan dengan fitur Cek Merek Online dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda