KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Marketplace Wajib Paham! Harus Daftar Di Kelas Merek 39 Juga!

Marketplace Wajib Paham! Harus Daftar Di Kelas Merek 39 Juga

MEBISO.COM – Dalam sebuah aplikasi marketplace, ternyata ada berbagai jenis klasifikasi yang bisa dipilih. Pernah mempertimbangkan kelas merek 39 untuk aplikasi marketplace? Setelah membaca artikel ini, kamu akan segera mengecek pendaftaran merek kamu. 

Kelas Merek 39

Karena sudah memasuki kelompok jasa, tentunya kelas ini juga menyediakan jasa. Kamu hanya perlu fokus pada jasa apa yang bisa dilindungi pada kelas ini. Menurut penjelasannya, kelas 39 ini adalah kelas untuk jasa-jasa transportasi. Benarkah seperti itu?

Kalau kamu lihat, penjelasan “jasa transportasi” untuk kelas 39 ini masih kurang cukup. Karena banyak sekali jenis-jenis kegiatan yang dilindungi, maka penjelasan sederhana seperti di atas tentunya masih belum bisa mewakilkan jenis-jenis lain yang ada di dalamnya. 

Untuk itu, pengusaha, wajib lebih teliti lagi dalam menentukan kelas merek yang paling sesuai untuk usahanya. 

Misalnya seperti yang ada pada kelas 39 ini. Kalau kamu berpikir kelas ini adalah untuk jasa-jasa yang penyedia agen pariwisata. Hal ini tidak salah. Tapi kamu juga perlu melihat jenis lainnya. 

Ada sebuah jasa penyewaan forklift, tentunya bukan seperti kegiatan transportasi pada umumnya. Bahkan tidak juga masuk ke dalam penjelasan mengenai pengemasan dan penyimpanan barang, atau pengaturan perjalanan. 

Selain itu, ada juga jasa penyelamatan hewan peliharaan. Seperti sebuah misi yang sering kamu lihat dari televisi. Beberapa petugas menyelamatkan hewan peliharaan yang terjebak di tempat-tempat tertentu. 

Apabila kamu berminat menjalankan kegiatan utama seperti itu, memilih kelas 39 adalah pilihan yang paling tepat. 

Lalu, apa kaitannya kelas 39 dengan kegiatan usaha marketplace? Berikut adalah jawabannya. 

Kelas Merek 39 Dan Marketplace

Dalam sebuah aplikasi untuk berbelanja secara online itu, apa saja yang bisa kamu manfaatkan?

Pertama, pastinya kamu bisa melakukan transaksi jual beli. Entah kamu sebagai penjual atau hanya mencari barang-barang yang kamu butuhkan saja. 

Kedua, ada beberapa aplikasi yang bahkan sudah bisa juga untuk investasi. Jadi tidak hanya untuk berbelanja, kamu pun bisa sekaligus menyimpan beberapa uangmu pada menu investasi. 

Ketiga, ada menu untuk bermain game. Game sederhana yang bisa kamu mainkan di satu aplikasi berbagai fungsi ini bahkan menyediakan voucher sampai uang sebagai hadiahnya. 

Selain itu, ada juga layanan lainnya yang mungkin terlewat. Layanan itu adalah jasa pengiriman atau ekspedisi. Jasa ini termasuk sebagai layanan utama yang tersedia di kelas 39. Artinya, untuk marketplace yang juga menyediakan layanan pengemasan dan pengiriman barangnya sendiri, akan lebih baik kalau menambahkan satu pendaftaran di kelas 39.

Salah satu marketplace yang sudah memiliki perlindungan merek di kelas 39 ini adalah Shopee. Bukan hanya menggunakan bantuan jasa dari ekspedisi lain, Shopee saat ini juga sudah menjalankan kegiatan ekspedisinya sendiri di bawah nama merek yang sama.

Atas kegiatannya itu, pada tahun 2015, Shopee sudah mendaftarkan nama mereknya di bawah kelas 39. Dengan begitu, layanan ekspedisi atau jasa pengirimannya bisa menjadi satu kegiatan usaha tersendiri dari Shopee. 

Langkah yang dilakukan oleh Shopee ini sudah sangat baik untuk menjadi contoh marketplace lainnya. Poinnya adalah kesigapan pengusaha dalam melindungi nama setiap kali terjadi penambahan atau perluasan kegiatan usaha perusahaan.Sekarang, kamu sudah bisa memilih kelas merek 39. Saatnya menentukan nama yang paling menarik dan jangan lupa juga untuk penelusuran dulu dengan fitur Cek Merek Dagang dari Mebiso.

JANGAN DAFTARIN MEREKMU! Kalo belum Cek Nama Merekmu