KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Kiat Merek J&T Express Yang Jadi Brand Inovatif Di Indonesia

Kiat Merek J&T Express Yang Jadi Brand Inovatif Di Indonesia

MEBISO.COM – Mau tiru cara sukses brand inovatif di Indonesia? Sebagai brand inovatif, tentu ada banyak kiat yang bisa kamu tiru untuk usaha kamu. Mulai dari strategi pembuatan nama, perlindungan nama merek, sampai strategi pemasaran yang dijalankan. 

Khusus di artikel ini, kamu akan banyak mendapatkan insight baru terutama tentang perlindungan merek J&T Express.

Perlindungan Brand Inovatif Di Indonesia

Sebelum bisa mendapatkan penghargaan sebagai brand inovatif versi TRAS N CO tahun 2017 lalu, J&T Express sudah dikenal produk penyedia jasa ekspedisi. Bahkan walaupun sudah banyak pesaingnya yang lebih dulu muncul, J&T tetap percaya diri untuk mengembangkan mereknya. 

Buktinya, merek J&T Express ini sudah mulai di lindungi sejak tahun 2015. Dengan mengantongi nomor permohonan J002015021399 J&T memiliki hak untuk menjalankan usaha jasa ekspedisinya dengan nama tersebut. 

Karena satu-satunya cara untuk bisa menggunakan nama dengan leluasa hanya melalui pendaftaran merek, J&T berhasil melakukan langkah tersebut. Setelah mendapatkan nama mereknya, J&T kemudian terus melakukan inovasi untuk bisa mempertahankan citra yang sudah dimiliki. 

Menurut pertimbangan dari TRAS N CO, penobatan J&T Express sebagai salah satu merek inovatif di Indonesia adalah karena J&T adalah sebagai bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman pertama yang berbasis teknologi serta fokus pada bisnis online di Indonesia. 

Faktanya, selain J&T, di tahun yang sama sudah ada bisnis serupa yang lebih dulu muncul di Indonesia. Berdasarkan rekaman pendaftaran merek, ternyata ada nama merek serupa yang sudah di daftarkan lebih dulu. 

Hal ini, bisa jadi ancaman bagi pemilik merek baru atau pengusaha yang baru mendaftarkan mereknya belakangan. Tapi tenang, karena kamu atau pengusaha yang baru akan mendaftarkan merek bisa menyiasati kesamaan merek tersebut.

Masih tidak jauh dari cerita J&T sebagai brand inovatif di Indonesia, selanjutnya kamu wajib paham trik mendaftarkan merek anti gagal di bawah ini. 

Trik Aman Melindungi Merek

Dari cerita J&T, katakanlah kamu juga sudah mengetahui kalau ada merek serupa yang hampir mirip dengan rencana nama merek kamu. Seperti yang terjadi pada JNE dan J&T, JNE sudah mendaftarkan nama mereknya sejak tahun 2011, sedangkan J&T baru melakukan pendaftaran di tahun 2015.

Bagaimana cara agar J&T bisa lancar mendaftarkan mereknya?

1. Selalu cek merek lebih dulu

Cara untuk mengetahui ada merek lain yang serupa adalah dengan melakukan pengecekan lebih dulu. Bagaimana kamu bisa menemukan data merek terdahulu tanpa pengecekan?

2. Perhatikan hasil penemuan nama merek tersebut

Langkah yang kedua ini juga bisa kamu lakukan hanya setelah melakukan pengecekan merek. Selesai dengan cek merek, usahakan untuk membuat daftar nama-nama merek yang serupa.

Selanjutnya, kamu bisa menilai dimana kemiripan antara merek kamu dengan nama-nama merek yang sudah ada itu. 

3. Tulis perbedaan merek kamu dengan merek yang sudah ada sebanyak-banyaknya

Dari data-data yang sudah kamu temukan, tulis masing-masing perbedaan antara merek kamu dengan merek yang sudah ada itu. Semakin banyak perbedaannya akan semakin baik.

Tapi, kalau ternyata semua unsur mulai dari unsur kata, susunan huruf, bahkan sampai warna juga sama persis, sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk mengganti nama merek tersebut. 

Untuk bisa menjadi salah satu brand inovatif di Indonesia, kamu harus mendaftarkan nama merek kamu lebih dulu. Dan untuk bisa memudahkannya, segera manfaatkan fitur Cek Merek dari Mebiso agar bisa memberikan penilaian yang lebih akurat.

Eksklusif Hanya Lewat Email!
Dapatkan Insight Seputar Merek, Paten, Bisnis dan Legal
We won’t spam you or sell your information.
Eksklusif Hanya Lewat Email!
Dapatkan Insight Seputar Merek, Paten, Bisnis dan Legal
We won’t spam you or sell your information.
WIKI KATEGORI
Mebiso newsletter
Langganan Email dan Dapatkan Insight Seputar
  • Merek
  • Tips Bisnis
  • Perlindungan Usaha
  • Legal
We won’t spam you or sell your information.
Mebiso newsletter
Langganan Email dan Dapatkan Insight Seputar
  • Merek
  • Tips Bisnis
  • Perlindungan Usaha
  • Legal
We won’t spam you or sell your information.
Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda